7 Cara Mengantisipasi Crab Mentality, Perilaku Toxic yang Bisa Jadi Penghalang Kemajuan Orang Lain
Pexels/SHVETS production
SerbaSerbi

Crab Mentality adalah sebuah fenomena psikologis yang perlu dihindari karena dapat menghambat kesuksesan orang lain. Oleh sebab itu, tim redaksi akan memberikan beberapa cara untuk mengantisipasinya.

WowKeren - Crab mentality atau mentalitas kepiting menjadi salah satu kondisi psikologis yang berbahaya dan perlu dihindari. Pasalnya, crab mentality adalah perilaku egois yang menghambat kesuksesan orang lain.

Sindrom ini dikaitkan dengan kepiting karena adanya kesamaan pola dengan perilaku kepiting di sebuah ember. Kepiting yang diletakkan di dalam ember terbuka akan selalu mencoba keluar dengan memanjat ke atas.


Upaya tersebut akan berhasil jika hanya ada satu kepiting di dalam ember. Namun jika ada banyak kepiting, mereka akan saling menarik dan menahan satu sama lain agar tak ada yang bisa keluar dari sana. Kepiting-kepiting tersebut akhirnya mengalami kematian kolektif alih-alih berjuang untuk bertahan hidup bersama.

Perilaku ini juga sering ditemukan dalam hubungan sesama manusia. Sebab akan selalu ada orang yang merasa iri dengan kesuksesan orang lain, sehingga mereka akan mencoba untuk menghentikan kemajuan orang lain yang memiliki kinerja lebih baik darinya.

Perilaku seperti ini akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan karena dapat merusak hubungan kita dan orang lain. Oleh sebab itu, kalian bisa mengantisipasinya dengan berbagai tips ampuh yang ada di bawah ini!

(wk/eval)

1. Kembangkan Potensi Diri


Kembangkan Potensi Diri
Pexels/Pixabay

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi crab mentality adalah dengan mengembangkan potensi diri. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri sehingga kalian tidak mudah "ditarik ke bawah" oleh orang lain yang merasa iri.

Dengan mengembangkan hobi atau kemampuan baru, kalian akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan bermartabat. Kemungkinan untuk dijatuhkan menjadi semakin kecil, dan kalian tidak mudah merasa iri pada pencapaian orang lain.

2. Jangan Mudah Menyerah


Jangan Mudah Menyerah
Pexels/Andrea Piacquadio

Setiap orang pasti akan mengalami kegagalan, baik yang sifatnya kecil maupun besar. Jika hal ini menimpamu, sebaiknya jangan mudah menyerah dan tetaplah bersemangat.

Alih-alih merasa terpuruk, sebaiknya gunakan momen ini untuk terus belajar dan memperbaiki diri. Kalian juga harus fokus pada diri sendiri dan jangan mengkhawatirkan perkembangan orang lain. Dengan begitu, kalian tak akan mudah jatuh dalam pengaruh negatif orang-orang yang memiliki mentalitas kepiting.

3. Evaluasi Diri


Evaluasi Diri
Pxhere

Kegagalan selalu menyisakan pelajaran berharga, jadi kalian harus selalu mengevaluasi diri untuk menemukan penyebabnya. Hindari juga penyesalan yang berlarut-larut karena itu hanya akan membuat kalian terpuruk.

Untuk melakukannya, mulai dengan membuat daftar pencapaian. Setelah itu pikirkan umpan balik yang kalian terima dan tulis setiap tantangan yang kalian hadapi. Tuliskan pula hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai target realistis yang telah kalian tetapkan.

4. Bangun Jaringan yang Suportif


Bangun Jaringan yang Suportif
Pexels/fauxels

Cara berikutnya agar terhindar dari crab mentality adalah dengan membangun jaringan yang suportif. Bergaullah dengan orang-orang yang suka mendukung, tidak egois atau bahkan ingin menang sendiri dengan cara menjatuhkan orang lain.

Kalian juga bisa menjadi role model bagi orang lain agar tak mudah dijatuhkan apalagi memiliki mental kepiting. Caranya sangat mudah, sebab kalian hanya perlu berbuat baik kepada sesama dan melakukan perbuatan yang menginspirasi.

5. Buang Jauh-Jauh Kata 'Aku Iri'


Buang Jauh-Jauh Kata 'Aku Iri'
Pexels/cottonbro

Akar dari crab mentality adalah perasaan iri dan dengki, sehingga kalian harus membuang jauh-jauh kata ini dari pikiran. Kecemburuan bisa menghancurkan kalian karena akan menciptakan perasaan benci dan dendam yang tidak adil.

Daripada merasa iri, kalian bisa ikut bahagia atas pencapaian orang lain dan mengatakan hal-hal seperti "Aku bangga padamu", "Aku bahagia untukmu" atau "Aku mengagumi apa yang kamu lakukan". Perkataan seperti ini akan lebih menenangkan dan memperkuat hubungan kita dengan orang lain.

6. Jadikan Kesuksesan Orang Lain sebagai Motivasi


Jadikan Kesuksesan Orang Lain sebagai Motivasi
Pexels/Canva Studio

Alih-alih merasa cemburu, sebaiknya jadikan kesuksesan orang lain sebagai motivasi. Ingatlah bahwa suatu pencapaian selalu membutuhkan kerja keras, sehingga kalian tak boleh mencela keberhasilan mereka begitu saja.

Selain itu, berhentilah membandingkan pencapaian kalian dengan orang lain. Kebiasaan ini hanya menimbulkan perasaan iri dan dengki yang rentan membuat kalian terjebak dalam mental kepiting.

7. Selalu Bersyukur


Selalu Bersyukur
Pexels/RODNAE Productions

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah selalu bersyukur. Rasa syukur bisa membuat kita melihat semua hal baik sehingga tidak mudah iri dengan pencapaian orang lain. Sikap ini juga akan menurunkan ambisi kalian untuk "menang sendiri dengan cara menjatuhkan orang lain."

Agar lebih mudah, kalian bisa menulis minimal satu hal yang harus disyukuri setiap harinya. Luangkan juga waktu kalian untuk tertawa atau berbahagia minimal selama 5 menit setiap hari. Dengan begitu, kalian bisa terhindar dari crab mentality yang toxic.

Nah itu dia tujuh cara untuk mengantisipasi sindrom crab mentality yang bisa menghambat kemajuan orang lain. Jika ingin terhindar dari sindrom ini, yuk mulai terapkan cara di atas dalam kehidupan sehari-hari.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait