Jawaban Mengambang Joko Anwar Soal Teori Konspirasi yang Bertebaran di 'Pengabdi Setan 2'
Instagram/jokoanwar
Selebriti

Joko Anwar menolak memberi jawaban detail perihal sejumlah teori konspirasi yang berkeliaran dalam film 'Pengadi Setan 2: Coomunion'. Ia pun menegaskan hal ini.

WowKeren - Sutradara film "Pengabdi Setan 2: Communion", Joko Anwar akhirnya memberi tanggapan terkait berbagai teori konspirasi yang ditemukan para penonton. Secara mengejutkan, Joko Anwar memang tak menampik bahwa ia menciptakan sejumlah teori konspirasi untuk sekuel "Pengabdi Setan" ini.

"Ada banyak teori konspirasi yang beredar tentang 'Pengabdi Setan 2'. Ada beberapa yang mengandung kebenaran, ada yang very-very spot on, artinya tepat sekali," beber Joko Anwar saat dihubungi awak media belum lama ini.

Sayangnya Joko Anwar enggan mengatakan teori konspirasi mana yang benar dan yang salah. Menurutnya jika ia mengungkap hal itu, maka sama saja dengan membunuh imajinasi para penonton Pengabdi Setan.

"Aku sebagai filmmaker sebaiknya tidak memberitahu mana yang benar dan mana yang tidak benar karena ini akan mematikan imajinasi orang," tutur Joko Anwar. "Jadi, yang bisa dipastikan adalah, ada beberapa dari teori konspirasi tersebut yang benar, tapi aku tidak punya hak untuk membuka rahasia mana yang benar, mana yang tidak."


Oleh karena itu, Joko Anwar membuat kesimpulan agar biarlah para penonton bersuka cita dengan teori yang mereka temukan masing-masing. Dengan begitu, film ini akan sangat melekat dan terus menciptakan rasa penasaran dalam diri pennton. "Karena ini salah satu kenikmatan dari menonton film," pungkasnya.

Di laman Twitter, Joko Anwar juga sempat membuat cuitan yang berisi pujian untuk para penonton film "Pengabdi Setan 2: Communion". "Hmmmm... Pinter-pinter ya," cuit Joko Anwar pada Kamis (11/8).

Sebelumnya, sudah diungkap ada beberapa teori konspirasi yang tengah ramai dibahas oleh netizen di jagat maya. Kiranya ada 6 hal yang menjadi topik pembahasan paling hangat netizen yang sudah menonton film horor ini.

Teori-teori tersebut diantaranya, misteri sosok Raminom, HERORASE, misteri dibalik tanggal 17 April, identitas Batara dan Darminah, munculnya Antichrist, dan penambahakan tokoh baru bernama Wisnu. Enam teori konspirasi itu dicurigai ada hubungannya dengan multiverse Joko Anwar yang lain.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait