Taeyang BIGBANG-Jimin BTS Pecah Abis, 10 Penyanyi Ini Sukses Lakukan Kolab Beda Generasi
YouTube
Musik

Ketika para idol K-Pop berkolaborasi untuk membawakan sebuah lagu bersama dengan idol lainnya, biasanya ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh penggemar.

WowKeren - Musik seolah telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari orang-orang. Misalnya saja ketika bekerja, bagi sebagian orang kurang seru jika tidak mendengarkan musik. Beberapa dari mereka bahkan menganggap bahwa mendengarkan musik bisa menjadi motivasi untuk melakukan pekerjaan mereka.

Ada banyak sekali genre musik yang bisa dinikmati seiring berkembangnya zaman. Salah satunya adalah musik pop. Musik pop selain memiliki irama yang enak didengar juga terkadang memiliki lirik yang penuh makna. Berbicara mengenai musik pop ini, musik yang digandrungi di Indonesia tak hanya yang berasal dari dalam negeri saja namun juga dari internasional.


Selain dari Barat, musik dari Korea Selatan juga memiliki banyak penggemar di Indonesia. Selain karena iramanya yang adiktif, musik-musik K-Pop dibawakan oleh para idol yang memiliki visual tak kaleng-kaleng. Tak heran jika musik yang satu ini banyak sekali penggemarnya di sini. Ada banyak lagu dari berbagai grup idol yang bisa dipilih untuk didengarkan.

Namun, yang menarik adalah ketika para idol tersebut berkolaborasi untuk membawakan sebuah lagu bersama dengan idol lainnya. Kolaborasi semacam ini biasanya menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh penggemar. Terutama jika keduanya berasal dari generasi yang berbeda. Dengan realita bahwa masing-masing idol memiliki basis penggemar yang besar tentu kolaborasi mereka akan disambut dengan sangat antusias.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca melihat penyanyi Korea mana saja yang melakukan kolaborasi dengan penyanyi lain lintas generasi. Yuk, simak selengkapnya.

(wk/zodi)

1. Taeyang BIGBANG-Jimin BTS


Taeyang BIGBANG-Jimin BTS
YouTube/THEBLACKLABEL

Taeyang BIGBANG (Big Bang) baru saja merilis kolaborasinya bersama dengan Jimin BTS pada pekan lalu. Mereka berkolaborasi lewat single "Vibe", yang merupakan rilisan pertama Taeyang sejak dirinya pindah manajemen, dari YG Entertainmet ke The Black Label. Sama-sama memiliki penggemar yang banyak, tak heran jika kolaborasi mereka amat dinantikan.

Hal itu terbukti dengan, tak lama setelah dirilis, lagu itu telah menunjukkan hasil menakjubkan di berbagai chart musik. Disebut terlalu bagus, lagu ini diprediksi bakal terus menanjak di tangga lagu. Sementara itu, Jimin sendiri dikenal ngefans pada Taeyang sejak awal debutnya. Bahkan ia sempat pergi ke konser BIGBANG.

2. Yesung Super Junior-Chungha


Yesung Super Junior-Chungha
YouTube/SMTOWN

Menjelang akhir tahun 2018 lalu, Yesung Super Junior berkolaborasi dengan Kim Chung Ha. Mereka telah merilis video musik yang merupakan kolaborasi keduanya, "Watcha Doin". Dalam kolaborasi yang manis itu, keduanya menghadirkan lagu pop up-tempo dengan sentuhan bass yang asyik.

Adapun lirik lagu itu ditulis sendiri oleh Yesung. Begitu juga dengan komposisinya. Video musik tersebut menghadirkan kesan manis, tak hanya lewat lirik namun juga suasananya. Terutama ketika memperlihatkan dua orang yang saling menunggu telepon, tapi tidak yakin untuk memulai telepon duluan.

3. Jeon Soyeon (G)I-DLE-Hyoyeon SNSD


Jeon Soyeon (G)I-DLE-Hyoyeon SNSD
YouTube/SMTOWN

Beberapa waktu lalu, salah satu personel idol group Girls' Generation, Hyoyeon, melakukan kolaborasi yang apik dengan Jeon Soyeon yang merupakan member dari (G)I-DLE. Meski bukan dari grup yang sama, namun kolaborasi mereka lewat "Dessert" terlihat kompak. Mereka juga dibantu oleh rapper Loopy untuk kolaborasi itu.

Dalam kolaborasi itu, Hyoyeon turut berpartisipasi untuk membuat lagunya. Sementara itu, "Dessert" sendiri merupakan lagu jungle pop yang memiliki ritme moombahton. Di kolaborasi ini, Hyoyeon bertindak sebagai DJ. Sebagaimana diketahui, ia melakukan debutnya sebagai DJ lewat single pertama "Sober" pada 2018 lalu.

4. Donghae Super Junior-Miyeon (G)I-DLE


Donghae Super Junior-Miyeon (G)I-DLE
YouTube/SMTOWN

Pada 2021 lalu, para penggemar dimanjakan dengan kolaborasi antara Lee Donghae Super Junior dan Miyeon (G)I-DLE. Mereka berkolaborasi untuk membuat video live lagu baru mereka yang berjudul "Blue Moon". Yang menarik adalah, mereka melakukan kolaborasi itu di rooftop sambil diiringi musik band.

Donghae tampak mengenakan atasan beludru warna biru dengan celana hitam. Sedangkan Miyeon mengenakan blazer hitam. Dalam video tersebut, keduanya tampak kompak membawakan lagu di atas atap pada malam hari. Adapun lagu dibuka dengan alunan vokal Dongahe. Kemudian Miyeon ikut bergabung di bagian reff.

5. Suzy-Baekhyun EXO


Suzy-Baekhyun EXO
YouTube/미스틱스토리MYSTICS

Salah satu member EXO yang berkolaborasi dengan artis lain adalah Baekhyun. Pada Januari 2016 silam, ia berkolaborasi dengan Suzy yang merupakan mantan member Miss A lewat lagunya yang berjudul "Dream". Banyaknya fans yang mereka miliki tak mengherankan jika kolaborasi keduanya disambut antusias.

Dalam video klip yang dirilis, tampak keduanya kompak menyanyikan lagu romantis ini dengan disertai iringan piano. Lagu tersebut mengusung genre musik ringan yang diberi sentuhan jazz. "Dream" sangat cocok didengar untuk menikmati suasana sore di cafe sambil ditemani secangkir kopi hangat.

6. Mino Winner-Zico


Mino Winner-Zico
YouTube/MnetK-POP

Song Min Ho WINNER atau yang lebih akrab dikenal dengan nama panggung Mino, pernah berkolaborasi bareng Zico mantan member Block B lewat single yang berjudul "Moneyflow". Adapun kolaborasi itu merupakan bagian dari acara televisi "Show Me The Money". Tak hanya berdua, mereka juga menyanyi bersama rapper Paloalto.

Sementara itu, Mino baru-baru ini sukses menggelar pameran seni tunggal perdananya pada 15 Desember lalu. Selain aktif di dunia musik, ternyata idol yang satu ini juga memiliki bakat terpendam sebagai seorang pelukis. Sedangkan Zico belum lama ini juga membuat heboh ketika dirinya ikut tampil dengan Block B.

7. PSY-Suga BTS


PSY-Suga BTS
YouTube/officialpsy

Suga BTS dan PSY adalah dua nama penyanyi asal Korea Selatan yang telah dikenal oleh dunia. Tak heran, ketika keduanya berkolaborasi maka lagu yang mereka rilis, "That That", juga akan disambut dengan antusias. Ini merupakan kolaborasi pertama mereka. Bisa berkolaborasi dengan Suga, PSY pun merasa sangat senang.

Hal itu ia sampaikan saat melakukan wawancara. Ia mengaku bahwa ketika kolaborasinya bareng Suga telah dikonfirmasi, hal itu justru membuatnya tak bisa tidur nyenyak. Bukan karena alasan negatif, namun karena terlalu senang. "Setelah kolaborasi dengan Suga dikonfirmasi, aku sangat senang sampai tidak bisa tidur selama beberapa hari," ujarnya.

8. Park Kyung Block B-Eunha


Park Kyung Block B-Eunha
YouTube/BlockB

Ada kalanya, artis Korea terlibat dalam sebuah proyek kolaborasi. Meski seorang idol tergabung dalam salah satu grup, namun tak menutup kemungkinan bagi mereka untuk berkolaborasi dengan penyanyi lain, yang merupakan member dari grup yang berbeda. Seperti Eunha mantan member G-FRIEND.

Penyanyi yang satu ini kerap terlihat berkolaborasi dengan penyanyi lain, seperti salah satunya saat ia bekerja sama dengan Park Kyung Block B. Keduanya berkolaborasi lewat lagu "Inferiority Complex". Di video klip yang dirilis, keduanya tampak berduet layaknya pasangan dunia nyata dan memiliki chemistry yang apik.

9. Punch-Chanyeol EXO


Punch-Chanyeol EXO
Instagram/punchbaebae/real__pcy

Tak ketinggalan, ada salah satu member EXO, Chanyeol yang berkolaborasi dengan penyanyi wanita lainnya, Punch. Keduanya membawakan lagu berjudul "Go Away Go Away". Bukan single biasa, "Go Away Go Away" merupakan lagu yang dijadikan sebagai OST serial drama "Romantic Doctor, Teacher Kim 2".

Lewat kolaborasi ini, pendengar bisa mendengarkan alunan vokal merdu dari Punch yang diselingi dengan rap dari Chanyeol. Tak pelak, kolaborasi yang tak biasa dari keduanya ini mendapat banyak pujian dari para penggemar. Adapun sebelumnya kedua penyanyi ini sempat berkolaborasi lewat OST "Goblin".

10. Donghae Super Junior-Jeno NCT


Donghae Super Junior-Jeno NCT
YouTube/SMTOWN

Berkolaborasi dengan penyanyi lintas generasi tampaknya bukan menjadi masalah besar bagi Donghae. Sebab, selain berkolaborasi dengan Miyeon, ia menunjukkan kemampuannya dengan membawakan lagu bersama member NCT, Jeno. Lewat "California Love", Donghae dan Jeno sukses membawakan lirik yang manis dengan melodi enak didengar.

MV "California Love" dibuka dengan adegan Donghae yang menyanyi di sebuah bar. Lagu ini menceritakan seseorang yang ingin berbagi cinta dengan kekasihnya dalam keindahan California. Kehadiran Jeno dengan suaranya yang khas membuat lagu ini menjadi lebih menarik untuk didengar.

Nah, itulah tadi sederet kolaborasi idol K-Pop yang berbeda generasi. Meski berbeda generasi, namun mereka tetap kompak menunjukkan kerja sama dalam karya mereka untuk dipersembahkan kepada para penggemar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait