Agensi IU Bakal Tindak Tegas, 7 Penyanyi Korea Ini Pernah Dituding Plagiat Lagu
Selebriti

EDAM Entertainment selaku agensi IU menyebutkan akan menindak tegas melalui hukum terkait tuduhan plagiat yang menyeret nama artisnya. Sementara itu, ini bukan kali pertama penyanyi di Korea Selatan terseret dugaan plagiarisme.

WowKeren - IU baru-baru ini mendapat tuduhan telah melakukan plagiat untuk 6 lagunya. Di antaranya adalah "The Red Shoes", "Good Day", "Bbibbi", "Pitiful", "Boo" dan "Celebrity". EDAM Entertainment selaku agensi IU telah buka suara. Mereka menyebutkan akan menindak tegas melalui hukum terkait tuduhan plagiat ini.

Sementara itu, komposer Lee Min Soo memastikan bahwa 2 karyanya untuk IU tidak mengambil dari orang lain. Tak sampai di sana, komposer Lee Jong Hoon juga memastikan tidak melakukan plagiat selama mengerjakan lagunya untuk IU.


Kabar ini sendiri direspon sangsi oleh banyak orang bahkan komunikator musik ikut buka suara. Ia mencoba membongkar maksud tersembunyi dari penuduh untuk menodai reputasi IU. Komunikator musik itu menyebut bahwa penuduh sebenarnya kurang pemahaman musik.

Sementara itu, ini bukan kali pertama penyanyi di Korea Selatan terseret dugaan plagiat. Termasuk IU, deretan girl grup hingga solois berikut ini sempat tersandung skandal yang serupa.

(wk/rosi)

1. FIFTY FIFTY


FIFTY FIFTY
Instagram/we_fiftyfifty

Lagu milik FIFTY FIFTY yang bertajuk Cupid belakangan ini sedang viral bahkan mencetak rekor tercepat debut di tangga lagu Billboard Hot 100, mengalahkan NewJeans. Namun seiring popularitas yang menanjak naik, muncul tudingan bahwa "Cupid" adalah lagu jiplakan dari lagu asal Turki milik Evrencan Gunduz yang berjudul "Sen Askimizdan".

Akan tetapi, hal ini telah dibantah oleh agensi grup girl beranggotakan 4 orang wanita cantik ini. Agensi juga telah mencari konfirmasi dari penulis lagu Cupid, yakni Adam Von Mentzer, Mac Fellander-Tsai, dan Louise Udin. Tak sampai di sana, publik pun membela FIFTY FIFTY atas tuduhan plagiarisme.

2. Rain


Rain
Instagram/rain_oppa

Selain dikenal sebagai seorang aktor hebat, Rain juga merupakan seorang penyanyi bersuara merdu. Meski begitu, karier suami Kim Tae Hee ini tak selalu mulus. Pasalnya Rain sempat terseret isu plagiat untuk lagunya yang berjudul "DOMESTIC".

Diketahui bahwa “DOMESTIC” adalah lagu semi final untuk "Street Man Fighter" yang ditambahkan dengan koreografi dari We Dem Boyz. Sejak dirilis pada 18 Oktober, kemiripan dengan “BILLIE EILISH” milik Armani White telah memicu pembahasan.

Sementara itu, agensi bintang drama "Ghost Doctor" ini memberikan klarifikasi dan menjelaskan bahwa kemiripan bisa saja terjadi karena genre yang sama.

3. MOMOLAND


MOMOLAND
Instagram/momoland_official

Sebelum bubar pada Februari 2023 lalu, MOMOLAND dikenal sebagai salah satu grup gen 3 yang populer. Lagu-lagunya seperti "Bboom Bboom", "Wrap Me In Plastic", hingga "BAAM" viral pada zamannya. Namun grup yang digawangi Nancy ini pernah dituding melakukan plagiat pada lagu "Bboom Bboom" yang disebut mirip "Mi Mi Mi" Trio Serebro.

Secara langsung, grup asal Rusia itu Rusia mengunggah video musik "Bboom Bboom" Momoland dan mengklaim lagu tersebut mirip dengan "Mi Mi Mi". Namun komposer lagu "Bbom-Bboom" membantah tudingan tersebut dan mengatakan bahwa lagu terdengar familiar karena kesamaan dalam genre dan riff gitar.

4. Jeon Soyeon


Jeon Soyeon
Instagram/tiny.pretty.j

Jeon Soyeon diketahui menjadi juri program survival "My Teenage Girl" pada 2022 silam. Leader (G)I-DLE tersebut juga berpartisipasi dalam menciptakan salah satu lagu final yang berjudul "Sun" yang sayangnya terseret plagiarisme. Pasalnya, lagu "Sun" dianggap mirip dengan ATEEZ yang berjudul "Wave".

CUBE Entertainment sebagai agensi yang menaungi Jeon Soyeon menyampaikan klarifikasi. Mereka mengucapkan permintaan maaf dan mengungkapkan telah mengomunikasikan situasinya kepada komposer yang bersangkutan untuk bekerjasama. Namun ada kesalahan dengan pihak produksi, sehingga belum direvisi.

5. Eric The Boyz


Eric The Boyz

Eric The Boyz merilis lagu spesial ciptaannya sendiri untuk memperingati ulang tahunnya pada 22 Desember 2022 silam. Lagu berjudul "4:03 (Jet Lag)" mengekspresikan kerinduan Eric untuk para penggemar dan keinginan sang idol untuk bertemu dengan mereka.

Sayanganya lagu tersebut dituding plagiarisme dari salah satu boy group K-Pop generasi 2, B.A.P yang bertajuk "Coffee Shop". Namun dalam kreditnya, terungkap bahwa Eric telah menulis dan menggubah lagu itu sendiri.

Atas tudingan ini, produser yang bekerja dengan Eric dalam "4.03 (Jet Lag)" mengaku itu adalah hasil dari buah pikirannya dan itu tidak mengambil video sampel B.A.P. Ia juga memposting gambar proyek produksi lagunya hingga sampel piano jazz lewat Instagram storinya.

6. LE SSERAFIM


LE SSERAFIM
Instagram/le_sserafim

LE SSERAFIM telah resmi comeback dengan album full length pertamanya bertajuk "UNFORGIVEN". Namun lagu ini dituding plagiat usai muncul utas pengguna Twitter yang akhirnya menjadi hot topik.

Muncul anggapan bahwa lagu Kazuha cs ini punya banyak kemiripan dalam hal musikalitas dan visual MV dengan penyanyi asal Spanyol, Rosalia. Kim Chaewon yang merupakan leader memberikan jawaban yang tenang mengenai kontroversi ini.

Ia menyebut bahwa lagu dan konsep LE SSERAFIM berisi cerita dan pesan para member. Sehingga ia akan berterima kasih jika pendengar dapat melihatnya sebagai kreasi khas para grup.

Aksi Chaewon menuai reaksi beragam dari warganet. Mereka beranggapan bahwa agensi dan produser lah yang paling punya andil untuk menjelaskan posisi LE SSERAFIM dalam hal ini alih-alih para member.

7. IU


IU
Instagram/dlwlrma

Menurut laporan outlet media eksklusif pada Rabu (10/5), seorang individu anonim A telah mengajukan tuntutan terhadap IU atas plagiarisme. Bintang film "Broker" ini menghadapi tuduhan menjiplak atas 6 lagunya yaitu "Good Day", "The Red Shoes", "Pitiful", "Boo", "BBIBBI" , dan "Celebrity".

Sementara itu, agensi telah buka suara dan bertindak tegas secara hukum mengenai permasalahan yang menimpa artisnya. EDAM Entertainment juga masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Sementara itu, 2 komposer lagu dari lagu IU yakni Lee Min Soo dan Lee Jong Hoon kompak mengaku tidak melakukan plagiat selama mengerjakannya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait