Sambil Nangis, Rafael Tan Cerita Momen Kehabisan Uang Sampai Dihina Tak Lagi Laku
Instagram/rafaell_16
Selebriti

Kepada Deddy Corbuzier, Rafael Tan menceritakan titik balik dalam hidupnya ketika tak lagi memiliki uang juga pekerjaan sehingga mengharuskannya pulang kampung dan berjualan bakso aci.

WowKeren - Rafael Tan belakangan makin eksis usai dijuluki sebagai Duta Seblak. Namun, siapa sangka jika Rafael pernah mengalami kemerosotan finansial. Padahal, ia dahulu dikenal pernah sukses sebagai personil SM*SH. Rafael pun berbagi cerita soal masa-masa titik baliknya di podcast milik Deddy Corbuzier.

"Oh pasti dong om Deddy (down). Jadi ketika waktu kita 'oh udah mulai sepi nih', jadi mangkanya kita mikirin buat gimana caranya bertahan di dunia entertain masing-masing. Dan gue pun juga sempet yang akhirnya gak ada kerjaan sama sekali nih di entertain, gimana ya harus muter otak, apalagi pas pandemi kemarin. Bener-bener yang gua gak punya pegangan apa-apa," kata Rafael.

Imbas sama sekali tak memiliki pekerjaan, Rafael pun harus banting setir berjualan bakso aci. Bahkan hal tersebut membuatnya terpaksa harus kembali ke Garut untuk sementara waktu. Tak cuman lelah, Rafael mengaku sempat malu dengan kondisinya kala itu.

"Itu sempet jualan bakso aci juga om Deddy karena bener-bener gak ada sama sekali kerjaan. Akhirnya lihat temen-temen musisi, atau temen-temen artis pada buka makanan. Ya laku, tapi selaku-lakunya segimana sih, paling bayar lisrik, habis loh. Akhirnya gua mutusin untuk balik ke Garut, gua udah mikir, kayaknya berhenti deh gue," kenang Rafael. "Gue yang kayak tiga bulan bertahan jualan bakso aci, yang buletin sendiri, packing sendiri, order gojeknya sendiri, itu capek banget, udah capek iya, malu juga iya. Pasti kan orang-orang gila sih Rafael, tapi bodoh amat lah dan cicilan masih ada juga."


"Gue udah mikir, ah yaudahlah gue bantuin keluarga gue aja, gue udah mikir kayak gitu. Ya udah paling gue jual apartemen di Jakarta, mungkin nantinya ya. Ketika pandemi gue syok, sedih banget, gini banget ya sekarang, tapi balik lagi karena gue dibesarkan dari keluarga yang sederhana, cukup tuh udah happy lah, udah bersyukur jadi ya udah jalanin aja," jelas Rafael.

Kian miris lantaran muncul banyak komentar miring yang menghina Rafael. Rafael sedih lantaran banyak orang mengasihani nasibnya sampai menghinanya tak lagi laku di TV. Meski begitu, pria 36 tahun ini tetap sabar dan legawa.

"Ada (orang yang omongin), ada yang komen ada, kasihan banget ya sampai harus jualan bakso aci kayak gini. Tapi gak papa lah. Kalau live itu banyak banget tuh, kok sekarang live di sini sih, udah gak laku ya di TV," terang Rafael.

Sambil menangis, Rafael mengaku hanya bisa berdoa kepada Tuhan. Ia percaya Tuhan akan kembali meninggikan derajatnya. Terbukti, Rafael kini semakin sukses karena konten seblak dan berbagai bisnisnya ikut laku keras.

"Waktu gua ngerasa gak ada kerjaan sama sekali waktu itu, ya gua cuman bisa ngobrolnya sama Tuhan. Tuhan gak gapa ya aku di musim kehidupan yang ini, harus sampak bakso aci tapi gak papa. Maksudnya biar dunia ini merendahkan aku tapi aku tahu Tuhan bisa meninggikan aku," tandas Rafael sambil meneteskan air mata.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait