Birthday Spotlight: Happy Heeseung Day
NAVER Post/BELIFTLAB
Selebriti

Heeseung ENHYPEN telah menginjak usia baru sejak Minggu (15/10). Simak perjalanan karier lengkap sosok yang dijuluki 'Ace' sejak sebelum debut dalam program 'I-LAND' hingga sekarang.

WowKeren - Heeseung (Heesung) ENHYPEN merayakan ulang tahun ke-22 (perhitungan umur internasional) pada Minggu (15/10). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas perjalanan idol yang dikenal sebagai "ace" alias member serba bisa itu.

Salah satu pemenang program "I-LAND", Heeseung dikenal dengan punya skill menyanyi, menari dan rap yang imbang bahkan menjadi salah satu andalan Bang Si Hyuk. Sampai debutnya, idol yang mendapat julukan "Bambi" dan "Hamster" itu senantiasa menunjukkan karisma dan kemampuan yang kuat selama perform.


Sebagai member tertua ENHYPEN, Heeseung sebenarnya adalah kandidat leader namun posisi itu diserahkan kepada Jungwon. Meski bukan leader, sosok Heeseung diasosiasikan sebagai "ayah" oleh member lain.

Tanpa perlu menunggu lagi, yuk simak perjalanan karier Heeseung sejak sebelum debut hingga menjadi idol yang akrab dijuluki "Penguasa Bumi" oleh ENGENE Indonesia ini.

(wk/inta)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Lee Heeseung lahir di Uiwang, Gyeonggi-do, Korea Selatan pada 15 Oktober 2001. Ia tumbuh sebagai anak bungsu dari 2 bersaudara. Selain kedua orangtuanya, kakak laki-lakinya sudah dikenal luas oleh ENGENE bernama Lee Heedo dan berusia 2 tahun lebih tua daripada Heeseung.

Kehidupan trainee Heeseung dimulai sejak menandatangani kontrak dengan BigHit Music. Heeseung direkrut oleh 7-8 agensi sepulang ujian untuk masuk Hanlim Arts School kala itu. Menurut penuturannya, ia kemungkinan membuat staf agensi tertarik karena berangkat ujian sambil menggenakan jaket padding berwarna merah menyala.

Meski masuk BigHit, ia ternyata tidak diterima Hanlim dan bersekolah di SMA Gwangnam. Heeseung mulai berlatih di agensi saat TXT mempersiapkan debut, sehingga ia punya hubungan dekat dengan mereka. Sampai saat ini Heeseung dan Beomgyu yang sama-sama kelahiran 2001 adalah teman main game.

Selama 3 tahun lebih menjadi trainee, Heeseung disebut trainee lain sebagai "staf perkembangan baru BigHit". Karena berbakat dan sering mendapat skor tertinggi saat evaluasi, trainee lain percaya jika Heeseung berusaha mengarahkan mereka untuk berlaku semestinya. Hal ini dikonfirmasi Jungwon dan Sunghoon yang menghabiskan waktu trainee bersama Heeseung.

Pada 2020, Heeseung mengikuti program survival "I-LAND" bersama sesama trainee BigHit lain seperti Jungwon, Sunghoon dan Jay. Selama acara itu, Heeseung dikenal sebagai ace yang berbakat dan sempat menjalani trainee bersama TXT.

2. Debut


Debut
BELIFT LAB

Menonjol dalam setiap misi, Heeseung menjadi trainee pertama yang diumumkan masuk ke line-up debut ENHYPEN dengan 1.137.323 vote dan berakhir di posisi ke-5. Heeseung bersama Jungwon, Jay, Sunghoon, Sunoo dan Ni-Ki debut bersama di dalam boy grup bentukan BE:LIFT LAB, agensi gabungan CJ ENM dan HYBE Labels.

Sekitar dua bulan sejak line-up ENHYPEN diumumkan, boy grup pertama BeLift Lab ini debut pada 30 November 2020. ENHYPEN merilis EP pertama bertajuk "Border: Day One" dengan title track "Given-Taken" yang terjual 318.528 di hari pertama, menjadikan mereka boy grup dengan penjualan hari pertama tertinggi sepanjang 2020.

Hanya dua minggu sejak debut, ENHYPEN mendapatkan penghargaan perdana mereka yakni Next Leader Awards di ajang The Fact Music Awards 2020. Album pertama mereka kemudian mendapatkan sertifikasi platinum dari Korea Music Content Association (KMCA).

Sejak debut, ENHYPEN mengusung konsep vampir dan punya jalan cerita yang disampaikan melalui lagu-lagu di album serta MV mereka. Kisah itu kemudian dibuatkan versi webtoon berjudul "Dark Moon".

3. Puncak Karier


Puncak Karier
NAVER Post/BELIFT LAB

ENHYPEN meraih kemenangan acara musik pertama mereka dengan "Drunk-Dazed" di SBS-MTV "The Show". Lagu itu berasal dari album kedua "Border: Carnival" yang sekaligus menjadi comeback pertama mereka. Dengan lagu ini, mereka memenangkan 2 trofi di acara musik mingguan lain seperti "Show Champion" dan "Music Bank".

"Drunk-Dazed" bukan satu-satunya lagu ENHYPEN dari EP kedua"Border: Carnival" yang sukses. Lagu mereka, "Fever", juga banyak mendapat respons positif dengan memperoleh 200 juta lebih pendengar di Spotify. EP kedua mereka ini berhasil menembus Billboard 200 di peringkat 18, sedangkan "Drunk-Dazed" membuat mereka debut di Billboard Artist 100 dan menempati posisi ke-3 World Digital Song Sales.

Selama kariernya, ENHYPEN telah merilis 2 album studio, 1 reissue, 4 EP, 6 single dan 9 OST. Dengan total 21 MV, ENHYPEN menyampaikan jalan cerita menarik lewat MV "Given-Taken", "Let Me In (20 Cube)", "Drunk-Dazed" Tamed-Dashed", "Blessed-Cursed", "Future Perfect (Pass the Mic)", "ParadoXXX Invasion", "Bite Me", dan "Sacrifice (Eat Me Up)". Adapun single yang tidak termasuk dalam album antara lain "One in A Billion" dan "Criminal Love".

Di luar album resmi, mereka juga sempat mengisi OST "Tayo the Little Bus" dengan "Hey Tayo" dan "Billy Poco", "One and Only" bersama "POKEMON". Sedangkan untuk drama, mereka membawakan "I Need the Light" dari "Mimicus" dan "Zero Moment" di "Summer Strike". Selain itu, mereka juga mengisi suara sebagai Beluga Band di film "Baby Shark Movie".

ENHYPEN menjadi satu-satunya boy grup yang semua albumnya mendapat sertifikasi The Recording Industry Association of Japan (RIAJ). Album Jepang terbaru mereka "YOU" mendapatkan sertifikasi double platinum usai terjual lebih dari 500 ribu copy di Jepang.

Karier ENHYPEN semakin mentereng begitu menggelar tur dunia ke-2 bertajuk "FATE". Dalam rangkaian tur ini, mereka berhasil mengadakan konser solo di Tokyo Dome yang menjadi tolok ukur kesuksesan artis di pasar Jepang. Untuk konser pertama, Tokyo Dome yang memberikan undangan para artis.

Selain musik, ENHYPEN ditunjuk menjadi brand ambassador merek mewah asal Italia, PRADA. Untuk pertama kalinya semua member grup diundang menghadiri acara-acara mereka. Mereka juga ditunjuk sebagai duta Seoul Fashion Week 2023.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
YouTube/ENHYPEN

Saat ini, Heeseung hanya aktif sebagai member ENHYPEN. Heeseung belum punya aktivitas solo meski sudah debut selama tiga tahun. Meski begitu, bakat individualnya selama ini termasuk menonjol di mana ia dikenal dengan karisma dan kemampuannya sebagai ace-center.

Terkenal dengan "perfect pitch"-nya, Heeseung pernah diundang Lee Mu Jin dalam "Lee Mujin's Service" untuk memamerkan bakat menyanyinya. Heeseung juga telah mendulang 26 juta penonton saat cover lagu milik Justin Bieber berjudul "Off My Face".

Heeseung menunjukkan bakat dan kepekaannya pada musik saat membantu menyusun EP terbaru "Dark Blood". Untuk beberapa lagu seperti "Bite Me", Heeseung membantu memberikan arahan vokal saat rekaman. Menurut member ENHYPEN lain, comeback kali ini akan semakin mundur jika Heeseung tidak ikut dalam prosesnya.

Meski belum punya aktivitas solo, Heeseung berharap bisa merilis lagu yang ditulis sendiri di masa depan. Beberapa kali ia menyebutkan ketertarikannya menjadi komposer dan genre musik RnB.

5. Kontroversi


Kontroversi
Twitter/BELIFTLAB

Heeseung pernah terlibat kontroversi rasial karena menyabutkan kata "N" saat menyanyikan lagu SZA. Di tengah dorongan banyak orang agar Heeseung minta maaf, agensi tidak pernah merilis keterangan resmi atau mengatakan apapun mengenai kontroversi ini.

Selain itu, Heeseung pernah dituduh melakukan operasi plastik berlebihan saat perilan era "Dimension: Dilemma" dan "Dimension: Answer". Kala itu bentuk hidung Heeseung disebut berubah dan sempat menjadi pembicaraan ramai di forum online.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
NAVER Post/BELIFT LAB

Heeseung bersama ENHYPEN saat ini sedang disibukkan dengan tur "FATE" yang dimulai sejak Juli lalu. Setelah menuntaskan Dome Tour pertama mereka di Jepang sepanjang September, mereka kini berada di Amerika Serikat.

Segera setelah tur AS selesai, ENHYPEN akan mempersiapkan comeback mereka yang tinggal kurang satu bulan. Mereka akan merilis EP ke-5 bertajuk "Orange Blood" enam bulan setelah "Dark Blood" pada Mei lalu.

Dalam waktu kurang dari sebulan, ENHYPEN mengaku masih harus melakukan banyak hal sebelum "Orange Blood" rilis. Album yang akan menyambung lore "Dark Blood" itu rencananya bakal diluncurkan pada 17 November mendatang.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait