Mendiang Lee Sun Kyun Diperkirakan Kena Denda Kontrak Capai Rp118 Miliar
Yonhap News
Film

Sun Kyun diduga meninggal karena bunuh diri menggunakan briket arang di dalam mobilnya. Sang aktor kabarnya tidak kuat menanggung hujatan dan tekanan dari media karena kasus narkoba.

WowKeren - Lee Sun Kyun atau Lee Sun Gyun sempat terseret dengan dugaan penggunaan narkoba di tahun 2023 lalu. Aktor yang meninggal pada 27 Desember lalu itu, dilaporkan harus menanggung denda kontrak dari film dan iklan dengan jumlah yang cukup besar.

Secara hukum, denda kontrak atau biaya pinalti mengacu pada kompensasi atas kerusakan. Jika selebriti melanggar hukum atau menimbulkan kontroversi sosial, biaya penalti kabarnya bisa setara dengan sekitar 2 hingga 3 kali lipat jumlah kontrak bayaran mereka.

Karena nilai kerugian bisa sangat besar, kontrak biasanya mencakup klausul yang menyatakan bahwa individu tidak boleh terlibat dalam tindakan yang melanggar hukum, menyebabkan kontroversi sosial, atau merusak citra merek secara moral.

Untuk kasus Sun Kyun, sang aktor dikabarkan menerima sekitar sekitar 200 juta won per episode untuk perannya dalam drama SBS "Payback" tahun lalu. Total penghasilan sang aktor dari drama saja diperkirakan sekitar 1,6 miliar won.


Sun Kyun kabarnya masih memiliki dua film lagi yang belum dirilis. Ia diperkirakan menerima bayaran sekitar 1 miliar won per film. Berdasarkan total tersebut, biaya penalti untuk kontrak film dan iklan diperkirakan sekitar 10 miliar won (sekitar Rp118 miliar).

Namun, orang dari dalam industri percaya bahwa biaya penalti sebenarnya yang dikenakan mungkin hanya sekitar 30-50 persen dari perkiraan 10 miliar won. Faktanya, memang belum ada kasus di industri film yang menuntut denda dari aktor yang terlibat kontroversi.

Hal ini karena film sering kali menyelesaikan produksinya dengan lancar dan setelahnya dapat dirilis pada waktu yang tepat. Untuk kasus Sun Kyun, tidak dijelaskan dengan gamblang berita biaya yang harus dibayar sang aktor sebagai denda kontraknya.

Sementara itu, Sun Kyun diduga meninggal karena bunuh diri menggunakan briket arang di dalam mobilnya. Sang aktor kabarnya tidak kuat menanggung hujatan dan tekanan dari media karena kasus narkoba yang menyeret namanya. Padahal, Sun Kyun telah terbukti negatif memakai narkoba.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait