Jungkook BTS, Vernon SEVENTEEN, dan Soyeon (G)I-DLE Resmi Jadi Member Tetap KOMCA
Instagram/vernonline/tiny.pretty.j
Musik

Jungkook, Vernon, dan Soyeon mendapat banyak dukungan dari penggemar usai didapuk menjadi anggota penuh KOMCA untuk tahun 2024 ini. Ketiganya menyusul sederet idol lainnya yang telah lebih dulu bergabung.

WowKeren - Jungkook BTS, Vernon SEVENTEEN (II), dan Jeon Soyeon (G)I-DLE masuk dalam daftar 30 musisi yang dipromosikan menjadi anggota tetap Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA) untuk tahun 2024. Ketiga idol yang telah banyak menciptakan lagu itu diumumkan terdaftar sebagai member tetap pada tanggal Rabu (31/1) oleh situs resmi KOMCA.

Pada gambar tabel, Jungkook tampak berada di nomor 23, Soyeon di nomor 22, dan Vernon pada nomor 30. Kabar gembira ini pun disambut antusias oleh para penggemar. Baik Jungkook, Vernon, maupun Soyeon mendapat banyak pujian dan dukungan dari fans masing-masing.

KOMCA sendiri adalah organisasi yang bertanggung jawab mengelola hak cipta penulis lirik dan komposer dalam negeri. Pada bulan lalu, lebih dari 51.000 orang telah terdaftar sebagai anggota tetap. Para musisi yang berhasil masuk sebagai member KOMCA tidak sembarangan.

Untuk Jungkook, Vernon, dan Soyeon, ketiganya menyusul sederet idol yang sudah lebih dulu bergabung dengan KOMCA di tahun yang berbeda. Dalam kasus ini, musisi perempuan cukup jarang dipilih. Hanya ada beberapa yang benar-benar dirasa memenuhi standar penilaian, misalnya IU dan BoA.


Jungkook BTS, Vernon SEVENTEEN, dan Soyeon (G)I-DLE Resmi Jadi Member Tetap KOMCA

Source: KOMCA

Setiap tahunnya, ada 30 musisi yang dipromosikan. Mereka terbagi menjadi 27 orang dari seluruh bidang musik dan 3 dari bidang musik non-populer. Para pemegang hak cipta dapat bergabung dengan KOMCA sebagai "anggota junior". Namun, hanya akan ada 25 anggota junior yang dipromosikan oleh dewan direksi KOMCA ke status "anggota tetap".

Persyaratan untuk promosi menjadi status anggota tetap termasuk mempertahankan keanggotaan KOMCA junior selama tiga tahun atau lebih, menerima sejumlah royalti dari properti berhak cipta mereka setiap tahun, dan juga dipilih oleh dewan direksi. Menjadi anggota tetap KOMCA memberikan seorang seniman hak untuk memberikan suara pada pertemuan umum organisasi.

Beberapa nama musisi lainnya yang juga ikut dipromosikan menjadi anggota tetap KOMCA di antaranya ada Ahn Ji Young Bolbbalgan4, Code Kunst, RAIN, serta komposer hits seperti 250 (Lee Ho Hyung), Toil, dan masih banyak lagi yang telah berhasil memperoleh status keanggotaan penuh.

Tahun 2023 lalu, ada tida idol yang semuanya adalah member Stray Kids, yang dipromosikan menjadi anggota penuh KOMCA. Mereka adalah Bang Chan, Changbin, dan Han.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait