Joseph Gordon-Levitt Profile
Joseph Gordon-Levitt Profile Photo

Joseph Gordon-Levitt

Profesi
Aktor
Nama Asli
Joseph Leonard Gordon-Levitt
Tgl Lahir
Feb 17, 1981
Lahir di
Los Angeles, California, USA
Profesi
Aktor
Populer
Berperan sebagai Tommy Solomon di serial TV "3rd Rock from the Sun" (1996)
Tempat Lahir
Los Angeles, California, USA
Tinggi Badan
178
Kewarganegaraan
Amerika
Ayah
Dennis Levitt
Ibu
Jane Gordon
Saudara
Daniel Levitt (kakak)
Suami/Istri
Tasha McCauley (sejak 20-Des-14)
Populer Sejak
Berperan sebagai Tommy Solomon di serial TV "3rd Rock from the Sun" (1996)

Joseph Leonard Gordon-Levitt atau yang akrab disapa Joseph Gordon-Levitt lahir di Los Angeles, California, pada 17 Februari 1981. Ayahnya, Dennis Levitt, sempat menjadi News Director untuk stasiun radio Pasifica, KPFK-FM. Sementara ibunya, Jane Gordon, berprofesi editor program di stasiun radio KPFK-FM. Joseph memiliki seorang kakak bernama Daniel Levitt (lahir 1974) yang berprofesi sebagai fotografer.

Sejak berusia empat tahun, Joseph telah bergabung dengan grup teater musikal dan kerap tampil di pertunjukan drama. Suatu hari, seorang agen pencari bakat mencoba membujuk Joseph untuk menjalani profesi sebagai bintang iklan. Karena tertarik, Joseph pun bersedia dan mendapat kesempatan untuk tampil di beberapa iklan televisi untuk produk terkenal seperti Cocoa Puff, Kinney Shoes dan Pop-Tarts.

Dua tahun kemudian, Joseph memulai karirnya sebagai aktor profesional saat dia berusia 6 tahun. Kala itu Joseph tampil membintangi serial TV terkenal "Family Ties" (1988). Beberapa tahun kemudian, Joseph berhasil tampil di film layar lebar pertamanya, "Beethoven" (1992). Kesuksesannya meniti karir sebagai aktor remaja, mengantarkan Joseph untuk terlibat di serial TV dan film layar lebar terkenal seperti "Dr. Quinn, Medicine Woman" (1993), "3rd Rock from the Sun" (1996-2001), "The Juror" (1996) dan "That '70s Show" (1998). Nama Joseph melejit saat dia membintangi film remaja "10 Things I Hate About You" (1999).

Beranjak dewasa, Joseph memutuskan untuk berhenti menjadi aktor dan lebih fokus menempuh pendidikan di Universitas Columbia. Adapun setelah hampir empat tahun mempelajari bidang sejarah, literatur dan sastra Perancis, Joseph pun menyadari bahwa dia tak pernah bisa menghentikan kecintaannya pada bidang akting. Tahun 2004, Joseph mengundurkan diri dari universitas dan kembali menekuni profesi lamanya.

Setelah beberapa lama tak berakting, Joseph hanya mendapat tawaran untuk membintangi film independen. Meski demikian, Joseph sama sekali tak pernah memilih-milih peran. Berkat kesabaran dan kerja kerasnya, kepiawaian akting Joseph semakin diakui dan membuatnya masuk dalam jajaran aktor terkenal di Hollywood. Beberapa film yang pernah dibintanginya yakni "Miracle at St. Anna", "500 Days of Summer", "G.I. Joe: The Rise of Cobra", "Inception dan "mLive With It%".

Selain piawai berakting, aktor yang pernah menjadi kekasih Julia Stiles ini juga handal sebagai sutradara. Selain itu, Joseph juga pernah memproduseri drama teater Broadway. Tahun 2009, aktor yang kini berusia 29 tahun itu meraih nominasi penghargaan bidang teater, Tony Award, untuk kategori Best Special Theatrical Event lewat keterlibatannya di drama teater Broadway berjudul "Slava's Snowshow". Di tahun yang sama, film adaptasi dari cerita pendek karangan Elmore Leonard berjudul sama yang disutradarainya, "Sparks", berhasil lolos sebagai salah satu film pendek yang diputar di Sundance Film Festival 2009.

Joseph Gordon-Levitt Lirik Lagu