SM*SH Profile
SM*SH Profile Photo

SM*SH

Profesi
Boyband
Nama Asli
Seven Men as Seven Heroes
Tgl Lahir
Apr 10, 2010
Lahir di
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Profesi
Boyband
Populer
Merilis single "I Heart You" (2010)
Tempat Lahir
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Populer Sejak
Merilis single "I Heart You" (2010)

SM*SH (singkatan dari "Seven Man As Seven Hero") adalah pelopor boyband Indonesia di masa kini. Terdiri dari tujuh personil, yaitu Morgan Oey (Morgan), Rangga Dewamoela (Rangga), Rafael Landry Tanubrata (Rafael), Dicky M. Prasetya (Dicky), Reza Anugrah (Reza), Muhammad Ilham Fauzi (Ilham) dan Bisma Karisma (Bisma), SM*SH memulai debutnya di dunia hiburan Indonesia sejak 10 April 2010.

Awalnya mereka tergabung dalam sebuah grup karena mengikuti audisi yang digelar oleh Cinta Laura yang saat itu sedang mencari para dancer untuk video klipnya. Tidak lama kemudian, perusahaan rekaman Starsignal mengontrak SM*SH untuk diorbitkan sebagai artis. Mereka dilatih di sebuah training camp untuk dibekali dan diasah kemampuannya dalam hal menyanyi, menari dan public speaking. SM*SH menjalani masa training selama lima bulan sebelum akhirnya diorbitkan.

Penampilan perdana SM*SH ditayangkan oleh acara musik "Inbox" pada 3 September 2010. Saat itu mereka membawakan single pertama yang berjudul "I Heart You". Kemunculan SM*SH pada mulanya menuai komentar pro-kontra dari berbagai pihak. Banyak yang menghujat bahwa boyband SM*SH hanya berusaha menjiplak boyband K-Pop (Korea Pop) yang sedang menjadi pusat perhatian dunia.

Namun pada kenyataannya, SM*SH malah menjadi pelopor lahirnya boyband-boyband lain di Indonesia. Setelah melejit lewat lagu "I Heart You", SM*SH merilis single kedua dan ketiga yang terus melesatkan popularitas mereka, "Senyum Semangat" pada Maret 2011 dan "Ada Cinta" pada Juni 2011.

Berkat single-single itu, SM*SH berhasil meraih penghargaan di beberapa acara penghargaan yang digelar, seperti "Indonesian Kids' Choice Award 2011", "Dahsyatnya Award 2011" dan "Inbox Award 2011". SM*SH pun telah merambah dunia peran dengan mencoba beradu akting bersama Natasha Rizki di "Cinta Cenat Cenut" Juli 2011 lalu.

SM*SH kembali hadir dengan serial "Cinta Cenat Cenut" Season 2 dan 3. Selain merambah di dunia akting, SM*SH juga eksis di bidang periklanan. Mereka menjadi bintang iklan produk makanan, provider telekomunikasi seluler dan masih banyak lainnya. Inilah bukti eksistensi SM*SH di dunia hiburan Indonesia, yang pada awal kemunculannya mendapat berbagai komentar pro-kontra dari berbagai pihak.

Sementara itu, kesolidan SM*SH mulai diuji memasuki tahun 2013. Ketidakhadiran Morgan di beberapa acara akibat kesibukan kuliah membuatnya sering dikabarkan hengkang dari SM*SH. 30 September 2013, manajer SM*SH, Dandi, menyebutkan bahwa Morgan resmi mengundurkan diri dari SM*SH.