Pelanggaran HAM masih kerap terjadi di berbagai negara belahan dunia, termasuk Indonesia. Pada Selasa (30/3), Amerika Serikat resmi mengeluarkan laporan pelanggaran HAM yang terjadi di sejumlah negara.

1 Apr 2021 - 14:35

Pada Selasa (30/3), Amerika Serikat (AS) resmi merilis laporan terkait dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di setiap negara selama tahun 2020. Salah satu negara yang juga termasuk dalam laporan tersebut yakni Indonesia. Laporan tersebut dirilis Kementerian Luar Negeri AS di Gedung Putih.

Dalam laporan tersebut, Amerika Serikat mengungkap delapan kasus pelanggaran HAM yang ada di Indonesia. Mulai dari kekerasan dan pembunuhan di luar hukum oleh aparat keamanan di Papua, serta diskriminasi penegak hukum terhadap kaum LGBT dan masyarakat adat.

Berdasarkan laporan AS, ada delapan kasus pelanggaran HAM di Indonesia yakni pembunuhan di luar hukum yang mengacu pada kasus operasi militer di Papua, penyiksaan dan perlakuan hukum yang kejam. AS menyoroti tindak kekerasan kerap kali dilakukan aparat keamanan Indonesia terhadap para pelaku kejahatan.

Berikutnya adalah penangkapan sewenang-wenang, AS mengacu pada aparat keamanan Indonesia yang kerap kali menangkap para pelaku demo. Kemudian ancaman terhadap kebebasan berekspresi, AS menyoroti sejumlah praktik yang menyalahi prinsip tersebut.

Selanjutnya, pembatasan akses internet untuk kepentingan pemerintah, AS menyoroti pada kasus kerusuhan di Papua. Pengadilan sepihak dan tidak adil, AS menganggap bahwa hukum di Indonesia masih dipengaruhi oleh pihak luar.

Terakhir, diskriminasi hak atas kepemilikan tanah, serta pemenuhan hak perempuan, pengungsi, suku pedalaman, hingga diskriminasi kaum LGBT. Terkait dengan hak perempuan, AS menganggap hukum Indonesia belum sepenuhnya menjunjung tinggi hak perempuan, termasuk cara berpakaian, diskriminasi di tempat kerja, hingga penanganan kasus asusila.

Anthony Blinken selaku Menlu AS mengatakan bahwa pelanggaran HAM yang terjadi di berbagai negara menyebabkan kerusakan yang tak terhitung. Selain itu, pelanggaran HAM yang tak terkendali juga dapat menimbulkan rasa impunitas di mana-mana.

"Pelanggaran HAM yang sedang berlangsung di berbagai negara ini menyebabkan kerusakan yang tak terhitung jauh di luar perbatasan negara tersebut," ujar Blinken dalam sambutan pembacaan kasus pelanggaran HAM, dikutip dari state.gov, Kamis (1/4). "Pelanggaran HAM yang tak terkendali di mana pun dapat menimbulkan impunitas di mana-mana."

(wk/wahy)

Pilihan Netizen

Nikita Mirzani Umumkan Kelahiran Anak Ketiga pasca Hempas Lolly

Jun 25, 2024

Film Suzy 'Wonderland' Gagal Tembus 1 Juta Penonton Bikin Harga Tiket Ikut Disorot

Jun 25, 2024

Konten TikTok RIIZE Bikin Heboh Gara-Gara Penampakan Hantu

Jun 26, 2024

Park Jihoon Keciduk Melongo Lihat Suzy di Event Blue Dragon 2024 Jadi Bahan Gosip

Jun 25, 2024

Fuji An dan Laras Disebut Terselamatkan usai Adab Ibu Thariq Halilintar Ngotot Gelar Haji Disorot

Jun 25, 2024

Suzy Bongkar Kepribadian Asli Song Hye Kyo usai Jadi Bestie

Jun 25, 2024

Geger Isi Chat Ngeri Diduga Penyebab Ayu Ting Ting dan Lettu Dhana Putus

Jun 27, 2024

Nikita Mirzani Sindir 'Haus Validasi' kala Lolly Dikasihani soal Makan dari Mangkuk Hadiah Detergen

Jun 25, 2024

Berita Terkini

Misi Mulia Denny Sumargo Hapus Islamofobia Terkuak usai Dikabarkan Mualaf

Denny Sumargo menyangkal kabar dirinya sudah resmi masuk Islam. Meski begitu, Denny tak menampik jika ia antusias membuat konten tentang Islam demi tujuan yang mulia.

Strategi Efektif untuk Acara Networking yang Sukses

Temukan strategi efektif untuk acara networking yang sukses dengan panduan langkah demi langkah ini. Artikel ini juga berisi informasi yang bisa meningkatkan keterampilan networking Anda.

Kematian Influencer Han Seo Weol di Usia 32 Tahun Dicurigai usai Terungkap Punya Suami

Spekulasi seputar kematian Han Seo Weol meningkat ketika jurnalis dari program investigasi SBS 'Curious Stories Y' mengungkapkan bahwa mereka sedang menyelidiki kematiannya.

Anji Perdana Bantah Selingkuh dengan Istri Rapper Sexy Goath

Anji menyangkal tegas dirinya berselingkuh dengan istri rapper Sexy Goath, JLo Angela. Ia juga mengisyaratkan akan membawa ke jalur hukum jika fitnah keji itu masih berlanjut.

Lee Jong Suk Dikritik karena Interaksinya dengan Luke Newton 'Bridgerton' di Event Loewe

Dua bintang besar dari dunia K-drama Lee Jong Suk dan serial era Regency 'Bridgerton' Luke Newton bertemu dalam sebuah acara peragaan busana di Paris, menciptakan kehebohan di kalangan penggemar.

Karbohidrat Olahan dalam Diet: Apakah Mereka Baik atau Buruk untuk Anda?

Artikel informasi tentang karbohidrat olahan dalam diet dan dampaknya pada kesehatan anda. Baca lebih lanjut artikel ini konsumsi karbo apakah baik atau buruk.

Maia Estianty & Mulan Jameela hingga Krisdayanti Mendadak Dikaitkan Ramalan Ngeri Hard Gumay

Maia Estianty, Mulan Jameela hingga Krisdayanti jadi sorotan publik usai viral ramalan ngeri Hard Gumay. Sebelumnya, Gumay spill ramalan tak terduga soal nasib rumah tangga penyanyi senior M dan K.

Sakuya NCT WISH Digebuk Host Acara Populer di Jepang

Perlakuan tak pantas yang diterima oleh Sakuya NCT WISH, yang masih di bawah umur, telah memicu kemarahan netizen dan membuka diskusi tentang perbedaan budaya dalam industri hiburan