Kostum 'Reog' Whulandary Herman untuk Miss Universe 2013 Diprotes
Selebriti

Kostum bertema Reog Ponorogo seberat 10 kg itu diprotes memakai bahan kulit Harimau Gembong alias Harimau Jawa yang sudah punah.

WowKeren - Puteri Indonesia 2013, Whulandary Herman, telah memamerkan kostum nasional untuk ajang Miss Universe 2013. Namun kostum ala Reog Ponorogo seberat 10 kg itu menuai protes masyarakat.

Pasalnya, kostum tersebut juga mengaplikasikan bahan kulit Harimau Gembong atau Harimau Jawa. Bukan rahasia lagi jika harimau dengan nama latin panthera tigris sundaica itu sudah dinyatakan punah sejak 1980an.

Tanpa mengetahui apakah yang dipakai memang kulit Harimau Gembong asli, beberapa orang mengaku kurang setuju. "Kulit Harimau Gembong? Gue gak tau apa itu Harimau Gembong, tapi kalo memang harimau beneran, harimau kan udah mau punah, kan masih bisa pakai bahan lain," sahut suciptohalim mengomentari pemberitaan detikHot soal kostum Whulandary Herman, Jumat (11/10). "Astaga teganya," tutur feyz69.


Kostum tersebut dibuat oleh tim Solo Batik Fashion didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Pengerjaannya memakan waktu sebulan. Tak hanya aplikasi kulit Harimau Gembong pada rok dan sepatu, kostum itu juga memakai 99 bulu burung merak di bagian sayap, aplikasi bebatuan alam dan batik.

"Memakainya harus cepat. Awal belajar, waktu yang dihabiskan bisa sampai 25 menit. Tapi sekarang sudah 10 menit," ujar Whulandary. "Sebetulnya ada beberapa pilihan kostum. Saat memilih, aku diingatkan pilih kostum yang benar-benar membuatku nyaman dan dapat memancarkan pribadiku. Jadi, aku pilih reog, cenderung gahar tapi elegan."

Miss Universe 2013 akan berlangsung di Rusia mulai 20 Oktober hingga 8 November. Sedang malam grand final dilaksanakan pada 9 November 2013 di Crocus City Hall, Moskow. Whulan juga akan membawa pernak-pernik khas Indonesia untuk promosi serta sejumlah gaun diantaranya Gold Evening Gown dan Tenun Evening Gown.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel