PENTING! Perhatikan 6 Hal Untuk Pilih Memori Eksternal
Tekno

Tidak hanya fitur android, memori eksternal juga merupakan hal penting sebagai pendukung mobilitas.

WowKeren - Jaman yang semakin canggih ini membuat sebagian orang tidak pernah bisa terlepas dari ponsel pintarnya. Mulai berinteraksi dengan keluarga, reka dan kolega bisnis mereka juga bisa mendapatkan informasi dari alat mungil tersebut. Hampir setiap bulannya merk-merk kenamaan mengeluarkan seri terbaru agar tetap berada pada jalur persaingan. Semakin tinggi kualitas yang dikeluarkan, maka semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Hal itu berbanding lurus dengan kebutuhan perangkatnya, seperti memori eksternal. Di jaman sekarang kebutuhan popularitas semakin tinggi, tak heran jika posel pintar menawarkan fitur terbaik untuk urusan kamera. Sehingga resolusinya pasti tinggi dan itu tentu saja membutuhkan memori eksternal yang cukup besar.

Namun jangan asal membeli saja, kalian harus memastikan terlebih dahulu kondisi memori eksternal dan juga ponselnya. Untuk menghindari penipuan ataupun pembelanjaan yang sia-sia. Lantas langkah apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli memori eksternal.

(wk/Kres)

1. Perangkat Android Mendukung Kartu Micro SD


Perangkat Android Mendukung Kartu Micro SD

Hal yang pertama kali harus diperhatikan adalah jenis perangkat milik kalian dahulu dalam kasus ini adalah ponsel android. Ada beberapa jenis ponsel yang memang tidak didukung dengan slot memori eksternal. Sebagai gantinya vendor telah memberikan ruang penyimpanan internal berkapasitas besar.

Sebelum membeli pun kalian juga harus memastikan jika ponsel tersebut dapat menampung untuk memori eksternal dengan kapasitas berapa giga. Jadi, pastikan ponsel kalian memiliki dukungan slot micro SD agar bisa emmperluas ruang penyimpanan internal.

2. Perbedaan SDHC dan Micro SDXC


Perbedaan SDHC dan Micro SDXC

Langkah selanjutnya adalah membedakan jenis micro SD dari jumlah data. Kalian tidak perlu repot untuk memasukkan micro SD ke dalam ponsel android dan mengecek kapasitas. Cukup melihat tulisan SDHC dan SDXC yang tertera pada memori. SDHC (secure digital high capacity) bisa menyimpan hingga 32 gb.

Sementara itu SDXC (secure digital extended capacity) mampu menampung data yang lebih besar mulai 64 gb hingga 2 tb. Jika ternyata kamu menemukan MicroSD 64GB dengan tanda SDHC, bisa dipastikan itu memori eksternal palsu. Untuk diketahui, banyak smartphone low-end tak mendukung kartu micro SDXC. Sehingga, penting untuk memastikan hal ini sebelum membeli kartu SDXC.

3. Arti Class Sebuah Kartu Micro SD


Arti Class Sebuah Kartu Micro SD

Kartu Micro SD juga memiliki kelas atau class, misalnya 2, 4, 5 dan 10. Angka-angka ini mewakili sebuah kecepatan. Jadi kelas menunjukkan tingkat minimum dimana kartu ini bisa mempertahankan transfer data. Misalnya untuk kelas 2, artinya micro SD bisa membaca dan menuliskan data pada kecepatan 2mbps. Sedangkan kelas 10 bisa emmbaca dan menulis data pada 10 mbps.

4. Micro SD Baik Berpengaruh ke Kinerja Android


Micro SD Baik Berpengaruh ke Kinerja Android

Jika ada pertanyaan mengenai hubungan micro SD dengan kualitas baik dan kinerja android yang bagus, jawabannya adalah benar. Saat kalian menyimpan aplikasi dan foto pada memori eksternal maka memori yang memiliki kecepatan lebih tinggi akan menyimpan lebih cepat. Selain itu juga bisa emningkatkan kecepatan transfer data serta menyimpan aplikasi lebih cepat.

Pentingnya menggunakan memori internal agar dapat membantu kinerja ponsel kalian juga. Sebab dengan banyak dan penuhnya file yang tersimpan di memori internal pasti akan membuat kinerjanya semakin melambat.

5. Perhatikan Fitur


Perhatikan Fitur

Beberapa micro SD dibekali fitur bawaan yang tidak dimiliki oleh MicroSD jenis lain. Seperti contohnya SanDisk yang menyediakan dukungan aplikasi SanDisk Memory Zone dengan dukungan fitur Easy File Management, BackUp Protection, dan Fast Access. Dengan beberapa kelebihan fitur seperti itu maka akan memberikan kemudahan tersendiri untuk kalian. Namun harga yang ditawarkan juga pasti sepadan dengan kualitas yang telah diberikan.

6. Kapasitas Daya Tampung dan Support Handphone


Kapasitas Daya Tampung dan Support Handphone

Seperti memastikan perangkat yang cocok untuk memori eksternal dn kapasitasnya. Beberapa ponsel android pasti memiliki keterangan tentang seberapa besar memori eksternal yang bisa ditampung. Lalu kalian juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan lain misalnya kualitas kamera. Karena dari hal itu bisa melihat ukuran gambar dalam satu kali jepretan dan pentingnya menggunakan kapasitas besar atau kecil untuk memori eksternal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait