Ampuh Atasi Sembelit, Ini 10 Kegunaan Apel Kecantikan Wajah dan Rambut
Lifestyle

Ketahui dan segera manfaatkan apel untuk kecantikan wajah kalian.

WowKeren - Apel merupakan buah yang mengandung banyak serat. Dalam kesehatan, buah ini sangat membantu untuk memperlancar pencernaan. Apalagi bagi kalian yang mengalami sembelit.

Nah, manfaat apel juga tak hanya seputar kesehatan. Buah ini memiliki khasiat untuk kecantikan wajah dan rambut, lho. Mulai dari membersihkan pori-pori wajah, menghilangkan kerutan hingga mengatasi ketombe.


Ingin tahu lengkapnya gimana? Simak ulasannya di sini.

1. Manfaat Apel untuk Mencerahkan dan Melembutkan Wajah


Manfaat Apel untuk Mencerahkan dan Melembutkan Wajah

Apel memiliki kandungan asam hydroxy yang dapat membantu mengelupas kulit yang tua dan mempercepat proses perkembangan regenerasi kulit. Hal ini membuat wajah tampak lebih cerah, halus dan mulus.

Selain itu, kandungan vitamin A di dalamnya juga mampu merawat dan meremajakan kulit. Kalian dapat mengonsumsinya langsung untuk mendapatkan manfaat tersebut. Namun, jangan mengupas kulit apel, ya.

Tak hanya dikonsumsi langsung, menjadikan apel sebagai masker juga ide yang bagus, lho. Cukup haluskan apel dengan blender kemudian tambahkan madu. Oleskan pada wajah secara merata hingga leher. Lakukan secara rutin satu minggu sekali.

2. Apel Dapat Melembapkan Wajah


Apel Dapat Melembapkan Wajah

Selain vitamin A, apel juga mengandung vitamin C. Kandungan tersebut dapat membantu kulit memproduksi kolagen yang berfungsi untuk mempertahankan kekenyalan kulit agar tidak mudah kering atau mengelupas. Kulit kalian bisa senantiasa lembap.

Cara penggunaannya masih sama seperti sebelumnya. Namun kali ini kalian perlu menambahkan telur dan oatmeal. Campur semua bahan hingga membentuk pasta. Oleskan secara merata pada seluruh bagian kulit wajah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih.

3. Menghilangkan Jerawat Serta Bekasnya Menggunakan Apel


Menghilangkan Jerawat Serta Bekasnya Menggunakan Apel

Jerawat merupakan masalah yang paling sering dialami oleh semua orang. Kulit yang berjerawat terkadang membuat seseorang tidak percaya diri. Selain itu, jerawat selalu meninggalkan bekas yang cukup sulit dihilangkan.

Mengatasi masalah jerawat di wajah, kalian dapat memanfaatkan buah apel. Kandungan asam salislat di dalamnya membantu menghambat jerawat dan flek hitam secara alami. Bekas jerawat juga akan memudar perlahan jika kalian rutin menggunakan masker apel.

Penggunaan apel untuk menghilangkan jerawat sangat gampang. Haluskan apel, kemudian saring sisa ampasnya. Campurkan sari apel dengan madu dan perasan lemon. Oleskan campuran tersebut sebagai toner setelah membersihkan wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Kalian tidak perlu melakukannya setiap hari, kok. Cukup dua kali seminggu, ya.

4. Manfaatkan Apel untuk Membersihkan dan Mengecilkan Pori-Pori Wajah


Manfaatkan Apel untuk Membersihkan dan Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori merupakan sumber utama masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo. Kebersihan pori-pori harus dijaga dengan menggunakan eksfoliator untuk mengangkat kotoran di dalamnya.

Tak perlu repot membeli produk eksfoliasi yang kemungkinan tidak cocok untuk wajah, kalian dapat menggunakan apel, lho. Caranya hanya dengan menghaluskan apel dan mencampurkannya dengan gula murni. Bahan ini digunakan sebagai scrub yang membantu membersihkan pori-pori. Gunakan campuran tersebut sebagai masker sembari gosok perlahan pada wajah.

5. Apel Membantu Menghilangkan Mata Panda


Apel Membantu Menghilangkan Mata Panda

Apel juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi kantong mata. Seperti diketahui, adanya kantong mata membuat penampilan kita tidak segar dan terlihat selalu lelah. Masalah satu ini juga cukup sulit diatasi.

Untuk mengatasi mata panda, kalian cukup mengiris apel tipis. Kemudian gunakan pada bagian bawah mata seperti saat kalian memakai masker mata. Selain itu, kalian dapat memasukkannya terlebih dahulu ke dalam kulkas untuk mendapatkan sensasi dingin dan segar.

6. Kegunaan Apel untuk Melindungi Wajah dari Sinar UV


Kegunaan Apel untuk Melindungi Wajah dari Sinar UV

Sinar Uv sangat berbahaya bagi kulit karena dapat memicu kanker kulit. Maka dari itu, banyak produk kecantikan yang kini menyertakan SPF untuk dapat melindungi wajah dari sinar UV.

Agar lebih maksimal, kalian dapat membantu dengan mengonsumsi apel. Apel diketahui memiliki kandungan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV. Apel dapat merawat kulit wajah dengan membuat melanin (sel penting pelindung kulit dari sinar UV.

7. Mangangkat Sel Kulit Mati dengan Apel


Mangangkat Sel Kulit Mati dengan Apel

Apel mengandung Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah. Kandungan ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang akan membuat wajah kusam dan menimbulkan flek hitam.

Untuk menggunakannya, kalian dapat menjadikan apel sebagai masker wajah. Lebih baik lagi jika kalian mencampurkan apel yang telah halus dengan gula sebagai scrub.

8. Apel Dapat Menghilangkan Kerutan pada Wajah


Apel Dapat Menghilangkan Kerutan pada Wajah

Bagi yang bermasalah dengan tanda-tanda penuaan, apel bisa menjadi jawaban, nih. Untuk memanfaatkannya, haluskan apel menggunakan blender, kemudian campurkan dengan putih telur yang telah dikocok. Sebelum mengaplikasikannya, bersihkan terlebih dahulu kulit wajah dengan air hangat. Lalu gunakan adonan tersebut sebagai masker.

9. Atasi Kulit Berminyak dengan Apel


Atasi Kulit Berminyak dengan Apel

Apel mengandung gula jenis fruktosa yang ramah untuk peredaran darah. Nah, jenis gula ini aman banget buat kalian yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat.

Cara membuatnya cukup mudah. Kalian memerlukan perasan jeruk nipis dan madu sebagai bahan campuran. Gunakan masker tersebut selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

10. Mengatasi Ketombe dan Rontok


Mengatasi Ketombe dan Rontok

Tidak hanya wajah, apel dapat dimanfaatkan untuk mengusir masalah rambut seperti ketombe berkat kandungan vitamin A. Nah, kandungan tersebut juga mampu memperkuat rambut agar tidak cepat rontok.

Penggunaannya sama seperti masker untuk wajah. Haluskan apel terlebih dahulu kemudian oleskan pada rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. Jangan sampai ada masker yang tersisa karena hanya akan menyebabkan masalah rambut lainnya.

You can share this post!

Related Posts
Loading...