Sempat Membuat Heboh Masyarakat Indonesia, Ini 8 Makanan yang Pernah Dipalsukan
NTD
SerbaSerbi

Pernah dengan kasus beras palsu yang diproduksi dari plastik? Simak kasus serupa lainnya di sini.

WowKeren - Para pedagang nakal tak pernah kehabisan akal untuk mendapatkan keuntungan besar. Mereka melakukan berbagai hal seperti memasukkan bahan kimia berbahaya agar lebih hingga memalsukan makanan, lho.

Hal seperti pemalsuan makanan juga sempat terjadi di Indonesia. Banyak komplotan tersembunyi dan mengedarkan makanan dan minuman ke seluruh penjuru Indonesia. Sayangnya, kurangnya pengetahuan pun membuat konsumen percaya akan barang dagangan tersebut.


Berikut 8 kasus makanan palsu yang pernah heboh di Indonesia. Ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

1. Hoaks Telur Palsu


Hoaks Telur Palsu

Pada 2017 silam, masyarakat Indonesia sempat resah dengan peredaran telur palsu dari Tiongkok. Menurut Kementrian Kesehatan di negara tersebut, telur tersebut berbahaya karena diproduksi dari bahan kimia diantaranya kalsium karbonat. Untuk kuning dan putih telur terbuat dari natrium alginat, gelatin, tawas, asam benzoat, kalsium klorida, air, dan komponen kimia lainnya.

Isu telur palsu kembali menerpa masyarakat Indonesia setelah beredar sebuah video yang menunjukkan perbedaan telur asli dan palsu. Namun, setelah diusut rupanya hal tersebut hanya hoaks belaka. Pria di dalam video juga mengatakan bahwa dirinya termakan artikel yang ada di media sosial.

Selain itu, telur asin palsu juga pernah beredar di Indonesia. Telur tersebut berasal dari telur kualitas buruk yang gagal dibuahi selama 18 hari proses pengeraman. Telur ini diproses dengan menambahkan pewarna tekstil untuk membuat cangkangnya terlihat sehat dan nyata. Konsumen pun akan tergoda membeli telur asin palsu ini karena harganya sangat murah.

2. Beras Palsu dari Plastik


Beras Palsu dari Plastik

Rumor beras plastik sempat heboh di Indonesia. Penemuan beras plastik bermula dari laporan warga Bekasi pada 2015 silam. Ia menemukan keganjilan beras yang di masak. Menurutnya sebagian beras tidak bisa bercampur dengan air.

Kasus beras plastik ini mulai meresahkan warga karena isu yang mengatakan bahwa terdapat pabrik di Tiongkok yang memproduksi beras plastik besar-besaran. Beras ini tampak seperti asli namun biasanya tidak memiliki bau khas beras. Selain itu warnanya juga tampak lebih putih dan cerah.

3. Air Zamzam Palsu yang dikemas Layaknya Asli


Air Zamzam Palsu yang dikemas Layaknya Asli

Tidak hanya makanan, polisi kembali membongkar kasus peredaran air zamzam palsu di Kabupaten Batang. Air zamzam yang dipalsukan ini memiliki kemasan galon, jerigen dan botol yang wujudnya mirip dengan yang asli. Perbedaannya hanya pada tulisan Arab pada kemasan asli berubah menjadi alphabet yang menyerupai aksara Arab.

Kasus ini buka satu-satunya pemalsuan air zamzam di Indonesia. Kasus serupa juga tekah terjadi di Kramat Jati, Jakarta Timur, dan Srengseng, Jakarta Barat. Mereka memberikan tempelan segel dari bandara supaya terlihat seperti barang impor asli.

Air zamzam palsu memang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Namun, keberadaannya melanggar hukum terkait pangan yang berlaku.

4. Madu Palsu Marak Beredar di Pasaran


Madu Palsu Marak Beredar di Pasaran

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan adanya madu palsu. Minat masyarakat yang besar akan madu membuat banyak pedagang nakal yang memalsukannya. Faktanya bahwa 80% madu yang beredar di pasaran adalah madu palsu.

Produk madu palsu hanya menggunakan 10 hingga 20% madu asli, selebihnya merupakan campuran bahan kimia berupa sitrun, air, pengental, pewangi essens dan putih telur. Madu palsu juga biasanya dijual dengan harga yang lebih murah.

Sebagai konsumen, sebaiknya kalian lebih berhati-hati. Kenali tanda-tanda madu palsu dengan beberapa cara. Pertama kalian dapat memeriksa kekentalannya. Jika tidak putus-putus jika dituang dari sendok, itu artinya masu tersebut asli. Selain itu, madu asli juga tidak akan terkaramelisasi, berbeda dengan madu palsu yang sudah dicampur gula atau bahan lainnya.

5. Saus Sambal Palsu dari Bahan Busuk


Saus Sambal Palsu dari Bahan Busuk

Bagi penggemar makanan pedas, kalian sebaiknya berhati-hati. Pasalnya, penyebaran saus cabe palsu marak di pasaran. Perlu kalian ketahui bahwa sudah banyak produsen saus cabe yang digrebek polisi karena menggunakan bahan-bahan yang sudah busuk, seperti yang berada di Semarang dan Sumatera Utara.

Produsen menggunakan bahan-bahan yang sudah busuk untuk menekan biaya produksi. Mereka juga menambahkan pewarna tekstil dan bahan pengawet ke dalamnya. Proses pembuatannya pun sangat tidak steril dan asal-asalan.

6. Susu Bubuk Bayi yang Mengandung Melamin


Susu Bubuk Bayi yang Mengandung Melamin

Pada 2009 silam, kasus susu yang mengandung melanin di Tiongkok menghebohkan dunia termasuk Indonesia. Melamin umumnya digunakan untuk membuat plastik namun oleh perusahaan-perusahaan nakal, bahan tersebut ditambahkan ke produk susu supaya terlihat memiliki kandungan protein yang tinggi.

Susu bermelamin saat itu telah menewaskan enam bayi di Tiongkok dan membuat hampir 300 ribu lainnya sakit. Kasus ini turut membuat pada orang tua di Indonesia was-was. Pemerintah Indonesia juga gencar melakukan pemeriksaan.

7. Abon Sapi Palsu Mengandung Babi Hutan


Abon Sapi Palsu Mengandung Babi Hutan

Abon sapi merupakan salah satu makanan yang jadi favorit banyak orang karena praktis untuk dimakan. Namun, banyak oknum yang memanfaatkan kepopulerannya. Produsen nakal biasanya mencampur daging sapi dengan daging babi hutan.

Bila sudah menjadi abon, daging babi hutan dan daging sapi tentu sulit dibedakan. Hal ini yang membuat banyak konsumen tertipu dan membeli abon sapi palsu ini.

8. Aqua Galon Palsu


Aqua Galon Palsu

Pada 2017, polisi membongkar praktek pemalsuan air mineral merek Aqua. Komplotan yang beroperasi di Pamulang, Tanggerang Selatan tersebut telah mengoplos air mineral dengan air tanah selama satu tahun terakhir.

Nah, agar tidak tertipu kalian harus mengetahui produk Aqua asli dan yang palsu. Cara paling mudah adalah dengan melihat tutupnya. Saat dibuka, tutup Aqua asli akan mengeluarkan bunyi. Selain itu, botol galon produk asli memiliki kode produksi dan tanggal kedaluwarsa. Kalian harus memastikan kode tersebut terbaca dengan jelas.

You can share this post!

Related Posts
Loading...