2019 Tinggal Hitungan Hari, Ini Deretan Spot Terbaik di Indonesia untuk Rayakan Malam Tahun Baru
Travel

Menjelang Tahun Baru, apa kalian sudah menentukan lokasi untuk merayakan bersama keluarga?

WowKeren -

Perayaan Natal sudah dilewati, kini saatnya bersiap untuk sambut Tahun Baru. Dalam hitungan hari kita harus membiasakan diri menulis 2019, bukan 2018. Kita juga akan memulai hari-hari baru yang disertai dengan doa dan harapan.

Menjelang Tahun Baru, apa kalian sudah menentukan lokasi untuk merayakan bersama keluarga? Nah, bagi yang belum jangan khawatir, WowKeren telah merangkum beberapa lokasi di Indonesia yang cocok banget buat pesta Tahun Baru.


Mau tahu apa saja? Simak lengkapnya di bawah ini, ya.

1. Rayakan Malam Tahun Baru di Alun-Alun di Berbagai Kota Indonesia


Rayakan Malam Tahun Baru di Alun-Alun di Berbagai Kota Indonesia

Salah satu lokasi yang paling pas untuk merayakan malam Tahun Baru adalah alun-alun Kota. Biasanya, pemerintah setempat akan mengadakan acara meriah untuk menyambut pergantian tahun. Tidak hanya pesta kembang api, namun juga terdapat acara musik dan bazar makanan yang bakal memanjakan kalian.

Bagi kalian yang sedang berada di Bandung, pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga serta warga lainnya di lokasi tersebut saat malam Tahun Baru. Setiap tahun selalu diadakan pesta besar-besaran di Alun-Alun Bandung. Kalian dapat menikmati pesta kembang api sembari duduk di rumput imitasi di sana.

Nah, selain Alun-Alun Bandung, berbagai kota di Indonesia juga memiliki alun-alun yang tak kalah kerennya. Seperti Alun-Alun Kota Batu yang memiliki wahana permainan anak, Alun-Alun Kota Pontianak yang berada di pinggir Sungai Kapuas, Alun-Alun Kabupaten Bantaeng yang menyatu dengan Pantai Seruni, Alun-Alun Kota Lumajang yang sangat asri dan masih banyak lagi. Buat kalian yang ingin tahu, alun-alun kota yang keren banget, simak di sini. Apa kota kalian masuk dalam daftar?

2. Saksikan Keindahan Kembang Api dari Jembatan di Berbagai Kota


Saksikan Keindahan Kembang Api dari Jembatan di Berbagai Kota

Malam pergantian tahun tentu kalian ingin merayakannya di lokasi yang indah dan enggak bakal terlupakan, kan? Sepertinya jembatan yang menjadi ikon di kota kalian bakal jadi pilihan yang tepat. Pemandangan festival dari atas atau berlatar belakang jembatan megah pasti indah banget, ya.

Salah satu jembatan megah di Indonesia yang kerap menjadi lokasi merayakan Tahun Baru adalah Jembatan Ampera di Palembang. Pemerintah Kota Palembang bakal menutup jalur jembatan pada 31 Desember mulai pukul 22.00 WIB hingga 1 Januari 2019 pukul 02.00 WIB. Jadi, masyarakat dapat menikmati suasana malam Tahun Baru di atas ikon kota tersebut.

Kalian yang berada di kota lain tak perlu khawatir. Masih banyak jembatan besar yang sering dijadikan lokasi berkumpul saat malam Tahun Baru, kok. Sebut saja Jembatan Suroboyo yang bakal menghibur kalian dengan atraksi air mancur. Buat yang ingin tahu lebih banyak terkait jembatan megah di Indonesia, simak di sini.

3. Nikmati Malam Tahun Baru di Bukit Bintang Berbagai Kota Indonesia


Nikmati Malam Tahun Baru di Bukit Bintang Berbagai Kota Indonesia

Bukit bintang merupakan lokasi di daerah tinggi di mana masyarakat bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota dan bintang di langit. Bukit bintang sendiri tidak hanya ada di satu tempat namun berbagai daerah di Indonesia juga memilikinya.

Nah, bukit bintang sepertinya bisa jadi pilihan yang pas untuk malam Tahun Baru. Salah satu bukit bintang yang selalu ramai ada di Kota Batu, Malang, yakni Bukit Paralayang. Saat siang hari, bukit ini menjadi landasan paralayang. Namun, ketika malam tiba, masyarakat dan wisatawan menjadikannya lokasi untuk menikmati bintang.

Selain itu, warga Yogyakarata pasti sudah tidak asing dengan bukit bintang di pinggir Jalan Wonosari, jalan penghubung antara kota Jogja dan Gunungkidul. Lokasi ini juga pernah menjadi tempat syuting film "Kata Hati", lho. Masih banyak lokasi serupa di berbagai daerah Indonesia, seperti Bukit Bintang Rembangan di Jember, Bukit Bintang Lampung di Desa Podomoro, Bukit Bintang Tumpak Waru di Blitar dan lainnya.

4. Suasana Tepi Pantai Cocok untuk Jadi Lokasi Tahun Baruan


Suasana Tepi Pantai Cocok untuk Jadi Lokasi Tahun Baruan

Lokasi selanjutnya yang enggak boleh kalian lupakan adalah tepi pantai. Bali mungkin jadi daerah yang tepat untuk pesta malam Tahun Baru. Pasalnya, banyak pantai di Pulau Dewata seperti Pantai Pandawa, La Plancha di Double Six Beach dan lainnya yang mengadakan pesta meriah untuk menyambut pergantian tahun. Tak lupa kembang api untuk memeriahkan acara.

Bali bukan lokasi satu-satunya untuk merasakan suasana Tahun Baru di tepi pantai, kok. Seperti masyarakat Batam yang menunggu malam Tahun Baru di tepi pantai di daerah tempat tinggalnya untuk melihat indahnya pesta kembang api di negara tetangga, Singapura. Seperti diketahui, jarak Singapura dan Batam tidak begitu jauh sehingga memungkinkan untuk melihat kembang api di seberang.

5. Rayakan Tahun Baru di Landmark Kota


Rayakan Tahun Baru di Landmark Kota

Selain di alun-alun, malam Tahun Baru juga biasanya dirayakan di beberapa spot terkenal di suatu kota. Masyarakat akan berkumpul untuk menyaksikan kembang api bersama dan menikmati makanan yang dijual di lokasi tersebut.

Jika kalian berada di Jakarta, lokasi yang ramai saat malam Tahun Baru seperti Monumen Nasional (Monas), Bundaran HI dan Ancol cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Warga Surabaya dapat menikmati kemeriahan kembang api di Monumen Jalesveva Jayamahe. Kalau yang ada di Medan, kalian bisa berkunjung ke Merdeka Walk. Taman Tugu Balai Kota Malang juga cocok buat warga Kota Apel tersebut.

6. Merayakan Tahun Baru Penuh Khidmat di Candi


Merayakan Tahun Baru Penuh Khidmat di Candi

Pernah tahu "Borobudur Nite 2017 Amazingly Wonderful"? Acara tersebut merupakan perayaan Tahun Baru dengan konser dan lampion yang di lepas di pelataran kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Acara yang digelar untuk menyambut Tahun Baru 2018 lalu berlangsung secara khidmat dengan menghadirkan 5 pemuka agama sebagai perwakilan dari masing-masing agama di Indonesia. Merayakan Tahun Baru dengan lampion membuat suasana baru yang enggak terlupakan.

Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan juga bakal jadi tempat yang sangat berkesan untuk merayakan Tahun Baru. Kalian akan melihat keindahan cahaya kembang api dari balik bebatuan candi. Berikut beberapa candi lain di Jawa Tengah yang bisa jadi destinasi wisata, simak di sini.

7. Melihat Matahari Pertama Tahun Baru di Gunung


Melihat Matahari Pertama Tahun Baru di Gunung

Salah satu lokasi yang paling sering dikunjungi saat Tahun Baru adalah gunung. Tak sedikit pecinta aktivitas mendaki yang merayakan malam Tahun Baru di puncak gunung. Menikmati indahnya malam tanpa kebisingan kembang api juga bisa jadi pilihan yang asyik, lho.

Selain itu, pendaki gunung biasanya menunggu hingga pagi tiba untuk dapat melihat matahari terbit pertama di tahun baru. Jika kalian tidak ingin bermalam di gunung, kalian bisa melakukan pendakian di Gunung Bromo yang tentu lebih mudah lantaran sudah memiliki fasilitas lengkap. Gunung Bromo juga jadi lokasi yang ramai dikunjungi saat pergantian tahun, lho.

Selain Gunung Bromo, kalian bisa memilih beberapa gunung yang cocok untuk pendaki pemula, simak di sini. Nah, buat yang tidak suka keramaian dan memilih merayakan Tahun Baru di rumah, kalian bisa menghabiskan waktu dengan menonton film keluarga, lihat di sini.

You can share this post!

Related Posts