Dijamin Aman, Ini 8 Tips Bagi Wanita yang Ingin Solo Traveling di Akhir Tahun
Pexels/Te lensFix
Travel

Dalam artikel kali ini, tim redaksi WowKeren akan memberikan beberapa tips bagi wanita yang ingin solo traveling di akhir tahun. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Bepergian sendirian sebagai seorang wanita mungkin cukup menakutkan. Wanita memang lebih berisiko menjadi korban tindak kriminal seperti pencopetan hingga pelecehan seksual, sehingga mereka lebih memilih bepergian dengan sahabat, pasangan maupun keluarga.

Kendati demikian, solo traveling adalah sesuatu yang harus dilakukan setiap wanita setidaknya sekali seumur. Aktivitas satu ini dapat Anda jadikan sarana untuk memanjakan diri sendiri dan menjelajah berbagai hal dan tempat baru.


Bepergian sendiri menjadi opsi terbaik bagi Anda yang tidak memiliki kawan untuk diajak liburan bersama. Anda pun tak perlu repot menyesuaikan jadwal atau keperluan orang lain, sehingga bisa menikmati liburan dengan lebih bebas dan asyik.

Karena minim interaksi, liburan sendiri juga bisa memberikan ketenangan batin yang luar biasa. Kita juga bisa memanfaatkan momen ini untuk melakukan introspeksi diri, relaksasi hingga "melarikan diri" dari rutinitas harian yang melelahkan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik pergi berlibur sendirian? Jika iya, sebaiknya simak beberapa tips berikut ini agar Anda bisa berlibur dengan aman dan nyaman di akhir tahun nanti!

(wk/eval)

1. Teliti Tujuan Anda Secara Menyeluruh


Teliti Tujuan Anda Secara Menyeluruh
Pexels/Leah Kelley

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah meneliti tujuan liburan secara menyeluruh. Bagi banyak traveler, merencanakan dan meneliti destinasi liburan hampir sama menyenangkannya dengan bepergian. Jadi di sela-sela perjalanan, luangkan waktu untuk mencari informasi tentang keselamatan tujuan Anda.

Misalnya di mana lingkungan terbaik dan apa saja yang harus Anda hindari. Lalu di mana letak kantor polisi setempat hingga seberapa aman tempat penginapan Anda. Faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah jenis alat transportasi yang digunakan dan seberapa aman bepergian sendiri di malam hari.

2. Transit dengan Aman


Transit dengan Aman
Pexels/Andrea Piacquadio

Anda juga harus melakukan proses transit dengan aman saat pergi berlibur seorang diri. Usahakan untuk tiba di tempat penginapan atau lokasi tujuan sebelum matahari terbenam. Tujuannya tentu saja untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan.

Jika Anda tiba di lokasi tujuan pada malam hari, pastikan untuk berjalan di tengah keramaian. Tetap jaga sikap Anda agar terlihat wajar dan ramah kepada orang sekitar. Jika Anda merasa seperti diikuti, mampirlah ke restoran atau fasilitas publik terdekat.

3. Bawa Barang Seperlunya Saat Jalan-Jalan


Bawa Barang Seperlunya Saat Jalan-Jalan
Pexels/Timur Weber

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah soal barang bawaan. Pastikan Anda membawa barang seperlunya setiap bepergian atau jalan-jalan di lokasi wisata. Cara ini dapat meminimalisir risiko jadi korban tindak kriminal.

Saat bepergian, Anda harus memiliki tas yang cukup untuk menampung semua barang penting seperti dompet, obat-obatan, ponsel atau kamera, charger, masker, makeup hingga alat kebersihan diri. Anda bisa menyimpan barang berharga lainnya di brankas yang ada di kamar hotel.

4. Jangan Mudah Percaya Orang Asing


Jangan Mudah Percaya Orang Asing
Pexels/cottonbro studio

Anda mungkin tergoda untuk bergabung dengan orang lain saat menjelajah tempat baru, terutama ketika bepergian sendiri. Meski ini adalah keinginan yang wajar, Anda tak boleh mempercayai orang asing begitu saja.

Beberapa orang asing memang bersifat baik. Namun tak menutup kemungkinan Anda akan bertemu dengan penipu atau bahkan penjahat yang berpura-pura baik. Oleh sebab itu, penting untuk selalu berhati-hati dan jangan biarkan orang lain menjaga barang berharga saat Anda berada di kamar mandi.

5. Usahakan Selalu Berjalan di Tengah Keramaian


Usahakan Selalu Berjalan di Tengah Keramaian
Pexels/Andrea Bova

Salah satu cara untuk menghindari perhatian pencopet atau pelaku kejahatan adalah dengan tidak terlihat menonjol. Untuk itu, Anda perlu berbaur dengan orang lain dan selalu berjalan di tengah keramaian.

Pelaku kejahatan rentan menyerang orang yang menunjukkan ekspresi ketakutan, sehingga Anda harus tampil percaya diri bahkan saat bepergian sendiri. Jika Anda tiba-tiba tersesat, masuklah ke toko atau kafe terdekat untuk melihat peta sebelum melanjutkan perjalanan.

6. Bicara dengan Penduduk Lokal


Bicara dengan Penduduk Lokal
Pexels/Lisa Fotios

Saat menjelajah tempat dan budaya baru, penting untuk menghormati komunitas setempat, terlebih jika Anda adalah seorang wanita yang bepergian sendiri. Lakukan sedikit riset tentang kebiasaan berpakaian lokal agar Anda bisa membaur dan menyesuaikan diri dengan masyarakat setempat.

Selain berusaha adaptasi, Anda juga harus berbicara dengan penduduk lokal untuk mendapatkan bantuan. Pasalnya, mereka bisa memberitahu Anda tempat yang aman dijelajah sendirian, destinasi terbaik di wilayah itu dan masih banyak lagi. Namun Anda tetap harus berhati-hati sambil menunjukkan sikap hormat.

7. Rutin Mengabari Keluarga atau Sahabat


Rutin Mengabari Keluarga atau Sahabat
Pexels/Andrea Piacquadio

Saat bepergian sendiri, penting untuk menghubungi keluarga atau sahabat hingga beberapa kali sehari agar mereka dapat memastikan keamanan Anda. Mengirim foto terbaru atau melakukan panggilan telepon adalah cara terbaik untuk memberitahu semua orang bahwa Anda baik-baik saja.

Usahakan juga untuk memberikan update lokasi terkini agar mereka bisa mengetahui keberadaan Anda. Selain untuk menghilangkan kekhawatiran orang terdekat, ini adalah langkah antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Siapkan Rencana untuk Keadaan Darurat


Siapkan Rencana untuk Keadaan Darurat
Pexels/Gustavo Fring

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, termasuk saat berlibur sendiri. Oleh sebab itu, tips terakhir yang tidak kalah penting adalah menyiapkan rencana untuk keadaan darurat seperti kehilangan dompet, uang tiba-tiba habis atau bahkan harus pergi ke rumah sakit karena masalah kesehatan.

Untuk dokumen, simpan salinan depan dan belakang kartu identitas, paspor atau kartu debit/kredit ke akun penyimpanan cloud. Sebaiknya simpan juga nomor telepon bank Anda ke dalam dokumen. Pastikan hanya Anda atau orang terdekat yang benar-benar bisa dipercaya yang mengetahui keberadaan dokumen ini.

Selain dokumen, Anda juga harus menyimpan sejumlah uang di tempat tersembunyi seperti ruang rahasia jauh di dalam koper atau kaus kaki. Bila memungkinkan, simpan juga kartu kredit cadangan di tempat terpisah. Dengan begitu, Anda tak akan kelabakan jika terjadi situasi darurat.

Nah itu dia delapan tips bagi wanita yang ingin melakukan solo traveling. Semoga artikel di atas bermanfaat dan selamat liburan akhir tahun!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait