Doyan Kue dan Gorengan? Ini 8 Pengganti Tepung Terigu yang Lebih Sehat
Kuliner

Masih banyak jenis tepung lain yang dapat kalian manfaatkan untuk membuat makanan. Cari tahu di sini.

WowKeren - Apa kalian penggemar gorengan, donat, mie, pizza atau makanan lain yang terbuat dari tepung terigu? Tepung terigu banyak digunakan lantaran memiliki kandungan gluten yang membuatnya mudah sekali diaplikasikan sebagai bahan pencampur makanan.

Tepung terigu sendiri terbuat dari biji gandum yang digiling hingga teksturnya halus. Pemrosesan biji gandum menjadi terigu telah menghilang banyak kandungan nutrisi dan mengalami banyak pencampuran kimia. Gandum yang sudah diolah dan diproses hampir tidak memiliki manfaat untuk tubuh kecuali asupan karbohidrat, kalori dan protein yang berupa gluten itu sendiri.


Nah, buat yang suka makanan dengan tepung, kalian enggak perlu khawatir. Masih banyak jenis tepung lain yang dapat kalian manfaatkan untuk membuat makanan, yang pasti lebih sehat, lho.

Mau tahu apa saja? Ayo simak di bawah ini demi hidup sehat.

(wk/nris)

1. Tepung Kelapa Baik untuk Penderita Diabetes


Tepung Kelapa Baik untuk Penderita Diabetes

Tepung kelapa merupakan tepung yang berasal dari daging kelapa yang didapat setelah santan atau minyak kelapa dihasilkan. Bentuknya persis seperti tepung terigu yang berwarna putih. Namun, manfaat kesehatannya lebih besar daripada tepung terigu.

Berbeda dengan tepung terigu, tepung kepala diklaim 100% bebas gluten. Jadi, tepung ini sangat ideal bagi kalian yang alergi gluten. Kandungan serat tepung kelapa juga lebih tinggi.

Manfaat tepung kepala sendiri sangat beragam. Lantaran mengandung serat yang tinggi, tepung kelapa dapat mengontrol gula darah. Tepung jenis ini dapat menurunkan indeks glikemik. Selain itu, tepung kelapa dapat menurunkan berat badan, membantu metabolisme dan membantu kesehatan pencernaan.

2. Tepung Gandum Utuh Lebih Sehat dari Tepung Terigu


Tepung Gandum Utuh Lebih Sehat dari Tepung Terigu

Gandum utuh merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk kesehatan. Maka tepung gandum utuh lebih sehat daripada tepung terigu. Meski sama-sama terbuat dari gandum, kedua jenis tepung tersebut tentu berbeda. Tepung gandum utuh hanya dibuang kulit luarnya saja sehingga mengandung serat yang lebih banyak.

Tepung gandum utuh memiliki tekstur yang lebih kasar dan berwarna kecokelat. Kandungan gizi di dalamnya juga lebih unggul, lho. Dengan kandungan serat yang tinggi, kalian bisa cepat kenyang meski hanya makan sedikit. Jadi, tepung gandum ini sangat cocok untuk kalian yang sedang diet.

3. Gunakan Tepung Beras Merah utnuk Membuat Kue


Gunakan Tepung Beras Merah utnuk Membuat Kue

Tepung selanjutnya adalah tepung beras merah. Jenis tepung satu ini memiliki tekstur yang mirip dengan tepung terigu tapi mengandung lebih banyak serat. Tepung beras merah juga memiliki kandungan vitamin B, zat besi dan mangan, elemen mineral yang membantu membentuk jaringan ikat dan tulang.

Tepung beras merah merupakan pilihan yang baik bagi kalian yang mencoba tepung alternative lantaran tidak memiliki rasa dan aroma kuat. Tampilan tepung beras merah juga lebih menarik sehingga adonan kue juga berbeda dari biasanya.

4. Tepung Almond Jadi Pengganti Tepung Terigu


Tepung Almond Jadi Pengganti Tepung Terigu

Tepung almond terbuat dari almond manis yang telah dikupas atau almond yang berkulit ari. Tekstur tepung almond sendiri berbutir-butir agak kasar seperti jagung giling. Tepung almond mengandung protein yang tinggi, dua kali lipat dibandingkan tepung terigu.

Selain itu, almond juga merupakan sumber asam lemak omega 6 dan vitamin E yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tepung almond kerap digunakan dalam kuliner Perancis seperti marzipan, sachertorte, roti gallete dan macaroon.

5. Gunakan Tepung Kedelai Putih yang Lebih Sehat


Gunakan Tepung Kedelai Putih yang Lebih Sehat

Tepung Kedelai Putih merupakan salah satu jenis yang dapat menggantikan tepung terigu. Tepung satu ini memiliki tekstur kasar dengan kandungan bebas gluten dan tinggi protein. Tepung satu ini juga baik untuk menekan kadar glukosa darah.

Hal tersebut disebabkan protein yang berupa asam arginin dan lisin komponen dalam menyusun hormon insulin dan glikogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas. Jika konsumsi protein ini semakin tinggi maka sekresi hormon insulin dan glikogen ke jaringan tubuh semakin meningkat sehingga dapat menekan gula darah.

6. Tepung Quinoa yang Penuh dengan Gizi


Tepung Quinoa yang Penuh dengan Gizi

Tepung quinoa mungkin masih asing di telinga kita. Quinoa merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Tepung jenis ini mengandung semua jenis asam amino essensial. Protein dari tepung quinoa dapat diserap tubuh seperti halnya dengan putih telur. Nah, tepung quinoa juga tidak memiliki gluten sama sekali, lho.

Tepung satu ini juga sangat baik bagi penderita diabetes. Kandungan serat tinggi di dalamnya membuat laju pelepasan gula ke pembuluh darah lebih lambat sehingga kerja insulin dalam tubuh terbantu. Serat juga dapat membuat tubuh cepat merasa kenyang dan melancarkan kerja saluran pencernaan sehingga mencegah sembelit.

7. Tepung Buckwheat Cocok untuk yang Alergi Gluten


Tepung Buckwheat Cocok untuk yang Alergi Gluten

Buat yang alergi gluten, kalian dapat memiliki tepung buckwheat untuk menggantikan tepung terigu. Tepung ini dipenuhi dengan nutrisi yang berlimpah dan kaya akan serat serta rasa. Tepung buckwheat sangat pas untuk olahan makanan gurih hingga pedas. Pasa dasarnya, tepung ini mempunyai rasa sedikit pedas.

8. Tepung Garbanzo dapat Menggantikan Tepung Terigu


Tepung Garbanzo dapat Menggantikan Tepung Terigu

Tepung ini terbuat dari kacang garbanzo kering yang ditumbuk halus. Tepung garbanzo kaya akan protein, serat, selenium dan vitamin B. Seperempat cangkir tepung garbanzo mengandung sekitar lima gram serat dan enam gram protein. Tepung ini bagus digunakan untuk menambah tekstur dan melekatkan adonan.

Nah, buat yang ingin tahu minyak goreng yang lebih sehat dari kelapa sawit, simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel