Estimasi Waktu yang Dibutuhkan Saat Mencoblos
Nasional

Apa kalian salah satu pemilih tetap Pemilu 2019? Sudah tahu perbedaan 5 warna surat suara yang nanti akan dibagikan saat di TPS dan cara mencoblos yang benar? Simak di sini, ya!

WowKeren - Banyaknya surat suara yang harus dicoblos oleh pemilih, membuat simulasi diperlukan untuk mengetahui estimasi waktu yang dibutuhkan. Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Divisi Teknis Penyelenggaraan, Maman Sulaeman mengatakan bahwa simulasi tersebut untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi para pemilih bagi tata cara pemungutan suara maupun saat pencoblosan.

"Adanya simulasi ini diharapkan masyarakat bisa mengetahui, kaitannya dengan tata cara pemungutan suara dan juga tata cara mencoblos, ini sebagai gambaran bagi masyarakat," katanya, seperti dikutip dari Kumparan. "KPU juga bisa mendapatkan gambaran, bagaimana pelaksanaan untuk di tanggal 17 April 2019."

Usai simulasi, KPU Kabupaten Kuningan mengaku akan melakukan evaluasi terhadap gambaran yang telah didapatkan. Mereka juga mencatat estimasi waktu yang dibutuhkan oleh pemilih berdasarkan rata-rata umurnya.

"Misalkan ada kekurangan, kita perbaiki kekurangan itu, jadi gambaran itu jelas agar pelaksanaan nanti berjalan lancar dan aman," lanjutnya. "Bahkan kita juga akan melihat bagi setiap pemilih itu membutuhkan waktu berapa menit saat mencoblos, contoh tadi ada pemilih usia dibawah 25 tahun butuh waktu sekitar 3 menit, lalu ada usia diatas 40 tahun itu sekitar 4 menit, 5 menit dan usia diatas 60 tahun sampai 7 menit, jadi variatif memang."

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait