Suka Lupa Jadwal Menstruasi? 8 Aplikasi Ini Bakal Memprediksi Siklus Haid Kalian Dengan Akurat
Tekno

Buat kalian yang kesulitan memantau siklus menstruasi, di era teknologi ini banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kalian. Penasaran? Yuk di simak 8 rekomendasi aplikasi siklus haid di bawah ini!

WowKeren - Menstruasi atau haid mungkin sudah menjadi pengalaman yang biasa bagi wanita dewasa. Sejatinya, para wanita yang sudah menginjak puber akan mengalami menstruasi selama sebulan sekali. Menstruasi ini terjadi ketika lapisan dinding rahim (endometrium) yang menebal luruh karena tidak adanya pembuahan sel telur.

Menstruasi ini kadang juga menimbulkan kekhawatiran bagi kaum hawa. Fenomena kesehatan itu sering kali membuat wanita berubah mood dan mendapatkan rasa sakit yang luar biasa di area perut. Karena itu, beberapa orang memilih untuk terus memperhatikan siklus menstruasi tersebut untuk mengetahui kapan akan terjadi lagi. Intip beberapa masalah yang dialami wanita saat menstruasi di sini.


Perlu diketahui bahwa siklus menstruasi pada tiap wanita berbeda-beda. Biasanya menstruasi ini bisa terjadi antara 23-35 hari, namun rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari. Namun nyatanya tidak mudah untuk melakukan pencatatan tersebut. Banyak wanita yang lupa kapan menstruasi mereka terakhir kali datang.

Buat kalian yang kesulitan memantau siklus menstruasi, di era teknologi ini banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kalian. Aplikasi ini bisa memprediksi kapan menstruasi kalian akan datang di bulan depan. Penasaran? Yuk di simak 8 rekomendasi aplikasi siklus haid di bawah ini!

(wk/putr)

1. Lacak Menstruasi Kalian Pakai Flo Period And Ovulation Checker


Lacak Menstruasi Kalian Pakai Flo Period And Ovulation Checker

Kalau kalian tanya pada teman soal rekomendasi aplikasi siklus haid, mungkin teman kalian ini akan merekomendasikan Flo Period And Ovulation Checker. Ya, Flo ini bisa dibilang salah satu aplikasi siklus haid yang paling populer di kalangan wanita.

Sistem utama aplikasi ini adalah kalender yang dapat mencatat perasaan, gejala-gejala mens, hingga kelancaran menstruasi kalian. Selain itu, keunggulan aplikasi ini adalah Flo memiliki pengaturan password sehingga data menstruasi kalian tetap aman dan dapat dikelola secara lebih personal. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan rencana kehamilan, mencatat basal temperature dan memperlihatkan masa subur kalian loh.

2. Pakai Clue Period Checker Yang Informasinya Lengkap Banget


Pakai Clue Period Checker Yang Informasinya Lengkap Banget

Clue ini juga merupakan salah satu aplikasi siklus haid yang populer banget loh. Aplikasi ini bahkan sempat menduduki posisi tinggi untuk aplikasi pencatat ovulasi oleh jurnal Obstetrics & Gynecology. Hal ini karena Clue diketahui menggunakan sistem ilmu pengetahuan untuk mengetahui pola dan siklus menstruasi kalian. Jadi bukan sembarang tebak ya.

Selain mencatat kapan haid kalian akan datang selanjutnya, aplikasi ini juga terus mencatat waktu menstruasi, mood, kesehatan hingga waktu latihan atau olahraga kalian. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan informasi terkait gejala PMS meliputi hormonal sex, beberapa jenis rasa sakit, kondisi psikologi dan mental, emosi, cervical fluid dan semacamnya. Simak juga makanan yang enggak boleh dikonsumsi saat menstruasi di sini.

3. Eve Period Tracker Yang Cocok Banget Untuk Ibu Muda


Eve Period Tracker Yang Cocok Banget Untuk Ibu Muda

Aplikasi yang satu ini cocok banget buat kalian yang baru saja menikah atau menjadi ibu muda. Selain berfungsi untuk mengetahui jadwal menstruasi, kalian bisa juga bergabung dengan komunitas yang terdapat di aplikasi ini. Dalam komunitas tersebut kalian bisa membicarakan banyak hal seputar kebutuhan wanita, seperti diskusi tentang seks, kehamilan, atau tips-tips lainnya.

Selain itu, kalian juga bakal menemui fitur unik bernama "Cyclescope". Fitur ini memberikan informasi terkait gejala PMS dan proses yang akan dilalui berdasarkan horoskop atau zodiak kalian masing-masing. Hal ini dimaksudkan untuk memberi pendekatan yang nyata secara personal bagi pengguna. Bagaimana tertarik?

4. Coba Cycles Period And PMS Tracker Yang Enggak Ribet Sama Sekali


Coba Cycles Period And PMS Tracker Yang Enggak Ribet Sama Sekali

Kalau kalian enggak mau ribet dan repot-repot dalam urusan menstruasi, mungkin aplikasi ini bakal membantu banget. Sistem aplikasi ini simple banget dan enggak memerlukan pertanyaan aneh-aneh. Cukup dengan mencatat kapan pertama kali kamu mendapatkan datang bulan tersebut, maka Cycles akan langsung mengatur tebakan siklus selanjutnya secara otomatis.

Selain itu, jika sebelumnya banyak aplikasi mengusung konsep yang sangat pribadi, Cycles justru memilih cara yang berbeda. Aplikasi ini didesain dengan dorongan agar kalian dapat membagikan setiap informasi terkait masa PMS dan kesuburan kepada pasangan. Hal ini ditujukan agar pasangan dapat mengetahui dan secara otomatis memberikan sikap yang dibutuhkan saat kalian mengalami berbagai perubahan fisik, hormon dan emosi. Intip gerakan yoga yang bisa mengurangi nyeri saat haid di sini.

5. Pastikan Data Siklus Menstruasi Kalian Aman Di Period Diary


Pastikan Data Siklus Menstruasi Kalian Aman Di Period Diary

Aplikasi ini bakal memberikan lebih dari 30 gejala PMS dan 20 mood yang bisa kalian catat. Enggak perlu ribet, semuanya data tentang tanggal menstruasi ini baka tersambung otomatis dengan aplikasi kalender yang ada di ponselmu. Selain itu, sama seperti dengan aplikasi sebelumnya, Period Diary ini juga dilengkapi oleh password agar tidak sembarang orang bisa mengakses dan mengetahui apa yang sedang kamu alami.

Namun yang berbeda adalah pada tampilan ikon aplikasi ini di ponselmu akan ditulis dengan inisial "P.D". Hal ini membuat siapapun tidak akan mengetahui kalau kalian sedang menggunakan aplikasi menstruasi. Hal ini tentu sangat efektif untuk membuat teman dan keluarga enggak terdorong dengan rasa ingin tahu kan?

6. Ovia Fertility Period Trackee Yang Cocok Banget Untuk Rencana Kehamilan


Ovia Fertility Period Trackee Yang Cocok Banget Untuk Rencana Kehamilan

Aplikasi ini sebenarnya sangat direkomendasikan untuk kalian yang sedang membangun rencana kehamilan. Pasalnya, aplikasi tidak hanya mencatat segala informasi terkait masa menstruasi saja tapi kalian juga bakal turut dibantu dengan adanya fitur "Fertility Score". Fitur ini bakal diberikan setiap hari guna membantu kalian mengetahui masa kesuburan yang paling berpotensi untuk kehamilan.

Kalian juga bakal diberikan informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan dalam mempersiapkan rencana kehamilan. Tak perlu khawatir jika kalian enggak berencana hamil dan hanya ingin mencari tahu siklus menstruasi saja. Aplikasi ini bakal memberikan data lengkap segala informasi terkait masa menstruasi yang kalian jalani secara personal dari berbagai rutinitas fisik yang dilakukan.

7. My Cycles Period Tracker Yang Bisa Prediksi Haid Sampai 12 Bulan Ke Depan


My Cycles Period Tracker Yang Bisa Prediksi Haid Sampai 12 Bulan Ke Depan

My Cycles merupakan aplikasi yang bisa mencatat dan memprediksi kapan waktu haid kalian datang dan memprediksi siklus berikutnya. Di mana pun kalian menggunakannya, aplikasi bisa memantau segala gejala dan mood secara instan. Enggak hanya itu, hanya dengan sekali merekam jadwal haid, maka aplikasi ini akan langsung mempelajari siklus kalian sampai 12 bulan ke depan.

Jika kalian sedang dalam masa rencana kehamilan, kalian juga bisa mencoba aplikasi ini. Aplikasi ini bakal memberikan kalian informasi kapan kesempatan tertinggi keberhasilan untuk bisa hamil. Selain itu aplikasi ini juga memberitahu untuk menggunakan perlindungan tambahan di tanggal tertentu jika kalian sedang enggak ingin hamil. Simak juga hal sepele yang bisa merusak siklus menstruasimu di sini.

8. DOT Fertility Tracker Bakal Memberikan Prediksi Mesntruasi Yang Akurat


DOT Fertility Tracker Bakal Memberikan Prediksi Mesntruasi Yang Akurat

DOT adalah singkatan dari Dynamic Optimal Timing. Aplikasi ini menggunakan data yang kamu berikan untuk memprediksi siklus menstruasimu bulan depan. Sesuai namanya, aplikasi ini menggunakan data skala besar yang diatur untuk mengakulasi setiap gejala, resiko dan hal-hal yang mungkin dialami lainnya saat kalian menjalani siklus haid.

Selain itu, yang membuat aplikasi ini menarik adalah semua data yang diberikan disajikan dalam bentuk perhari. Hal ini membuat kalian bisa mengetahui setiap progres yang berbeda dari bulan ke bulan. Intip juga fakta tentang darah menstruasi yang kalian alami di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait