8 Bekas Galian Tambang Ini Jadi Destinasi Wisata, Cocok Buat Pemburu Spot Foto Instagramable
Twitter/dafideff
Travel

Beberapa lokasi bekas galian tambang di Indonesia telah menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi karena keindahannya. Nah, inilah 8 bekas galian tambang yang memiliki pemandangan indah, hingga cocok dijadikan spot foto yang instagramable.

WowKeren - Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang indah, baik yang alami maupun buatan. Namun, ada pula beberapa destinasi super indah yang berasal dari bekas penggalian.

Hal ini disebabkan karena pertambangan di Indonesia memang banyak sekali dijumpai. Mulai dari tambang batu padas, kapur, timah, pasir dan lain-lain. Dan setelah proses pertambangan berhenti, lokasinya kerap menjadi destinasi wisata baru yang ramai dikunjungi.


Pasalnya, lokasi bekas penggalian atau pertambangan biasanya memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Mulai dari bebatuan berwarna cokelat yang menjulang tinggi hingga terbentuknya danau secara alami.

Nah, mau tahu di mana saja lokasi bekas galian tambang yang memiliki pemandangan indah dan instagramable? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Danau Kaolin yang Sangat Mempesona, Saksi Kekayaan Tambang di Bangka Belitung


Danau Kaolin yang Sangat Mempesona, Saksi Kekayaan Tambang di Bangka Belitung

Jika mendengar tentang Belitung, kita mungkin teringat pada "Laskar Pelangi". Namun, sebelum populer seperti sekarang, Belitung dikenal sebagai pusat pertambangan timah, karena sebagian besar persediaan timah di Indonesia dipasok dari Belitung. Tidak hanya itu, sebab Belitung juga kaya dengan mineral kaolin.

Nah, salah satu saksi bisu pertambangan di Belitung adalah Danau Kaolin. Terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, danau ini terbentuk dari ceruk besar bekas penggalian kaolin yang dieksploitasi secara besar-besaran di kawasan tersebut.

Dampak positifnya, kubangan itu kini menjadi spot wisata yang sangat indah bernama Danau Kaolin. Pasalnya, danau ini memiliki air yang berwarna biru muda dan dikelilingi dengan daratan berwarna putih. Karena itulah, banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan keindahan alam yang menakjubkan di danau ini.

2. Bukit Jaddih, Bekas Galian Tambang Madura yang Mirip dengan Wisata di Turki


Bukit Jaddih, Bekas Galian Tambang Madura yang Mirip dengan Wisata di Turki

Bukit Jaddih dikenal sebagai salah satu wisata dengan pemandangan super indah yang terletak di Bangkalan Madura. Di balik keindahannya itu, Bukit Jaddih rupanya bekas lokasi pertambangan kapur yang telah dihentikan sejak beberapa tahun lalu.

Sisa-sisa bekas pertambangan di lokasi ini membentuk beberapa pemandangan yang indah. Mulai dari gua, pahatan atau ukiran yang unik. Bahkan kini ada kolam dengan air berwarna hijau yang semakin menambah pesona indahnya. Karena nuansa ini, Bukit Jaddih bahkan disebut-sebut mirip dengan Cappadocia yang ada di Turki.

Sayangnya, meski memiliki pesona yang cantik, belum banyak orang yang datang ke Bukit Jaddih. Pasalnya, untuk menempuh lokasi ini, orang-orang harus melalui medan yang sulit dengan jalanan yang rusak, terlebih ketika musim hujan tiba.

3. Tangerang Punya Wisata Bekas Galian Tambang Super Keren yang Bernama Kandang Godzilla


Tangerang Punya Wisata Bekas Galian Tambang Super Keren yang Bernama Kandang Godzilla

Wisata yang berasal dari bekas galian tambang selanjutnya ada di Tangerang yang bernama Kandang Godzilla. Meski namanya Kandang Godzilla, faktanya tidak ada satupun godzilla di lokasi ini. Dan dulunya, lokasi ini digunakan sebagai tempat pertambangan pasir.

Alih-alih seram karena namanya, lokasi ini justru menawarkan pemandangan yang luar biasa indah. Bahkan saat berada di sana, kamu akan merasakan asrinya alam pedesaan. Pasalnya, di lokasi ini terdapat tebing-tebing yang memukau berpadu dengan indahnya alam di bawahnya. Sehingga kamu seolah-olah sedang berada di tempat antah berantah.

Tidak hanya itu, suasana persawahan semakin menambah pesona tempat ini. Karena itulah, tempat ini sering dijadikan tujuan untuk berlibur, bahkan beberapa orang melakukan pemotretan pre-wedding di lokasi ini. Dan jika ingin berkunjung ke tempat ini, ada baiknya untuk datang di pagi hari, agar kamu bisa menyaksikan matahari terbit dan merasakan kabut-kabut tipis yang menyejukkan.

4. Istana Negeri Dongeng di Cilegon yang Berasal dari Pertambangan Pasir


Istana Negeri Dongeng di Cilegon yang Berasal dari Pertambangan Pasir

Di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon, ada fenomena yang tidak biasa dan menarik. Pasalnya, di lokasi tersebut terdapat sebuah istana indah seperti yang ada di kisah-kisah negeri dongeng. Usut punya usut, lokasi ini dulunya adalah tempat pertambangan pasir yang ada di Lebak Denok, Cilegon.

Pada awalnya, sang pemilik lahan tidak menyadari jika gumpalan tanah bekas galian itu berbentuk seperti istana. Lambat laun, ia mulai membangun sebuah istana di sana dengan menambah beberapa komponen.

Dan setelah mengalami beberapa proses pembangunan, tempat ini menjadi semakin mirip dengan istana. Karena pesonanya itulah, lokasi ini kemudian menjadi destinasi wisata baru bagi warga Cilegon dan sekitarnya. Banyak orang datang hanya untuk sekedar melihat-lihat dan berfoto.

5. Rasakan Sensasi Timur Tengah dengan Mendatangi Gurun Pasir Busung di Kepulauan Riau


Rasakan Sensasi Timur Tengah dengan Mendatangi Gurun Pasir Busung di Kepulauan Riau

Apa kamu ingin merasakan sensasi Timur Tengah di Indonesia? Jika iya, maka Gurun Pasir Busung adalah jawabannya. Awalnya, tempat ini digunakan sebagai lokasi berbagai aktivitas pertambangan. Karena itulah, kini lokasi tersebut menyisakan gurun pasir yang membentang luas dan mulai menjadi destinasi wisata yang hits.

Selain gurun pasir, keindahan tempat ini juga ditunjang dengan hijaunya pepohonan yang menyegarkan mata. Tidak hanya itu, sebab danau buatan berwarna biru muda yang terang juga semakin menambah daya tariknya.

Karena berbagai pesona inilah, Gurun Pasir Busung banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kebanyakan yang datang ke tempat ini tak lupa menyempatkan diri berfoto, selain menikmati berbagai pemandangan indah yang disuguhkan.

6. Tebing Breksi, Area Tambang di Sleman Yogyakarta yang Disulap Jadi tempat Wisata Hits


Tebing Breksi, Area Tambang di Sleman Yogyakarta yang Disulap Jadi tempat Wisata Hits

Yogyakarta juga memiliki destinasi wisata yang berasal dari area bekas pertambangan, yakni Tebing Breksi. Awalnya, lokasi ini digunakan sebagai tempat pertambangan batu alam untuk material bangunan. Namun sejak 2014, pemerintah setempat menutup kegiatan pertambangan demi kelestarian lingkungan.

Daripada disia-siakan, masyarakat setempat kemudian mengelola tempat ini sebagai destinasi wisata karena keindahan yang dimilikinya. Hingga kini, Tebing Breksi ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun asing.

Karena pemandangannya yang indah, beberapa pasangan bahkan menggunakan lokasi ini sebagai tempat foto pre-wedding. Selain itu, dari atas tebing wisatawan dapat menikmati pemandangan Candi Prambanan dan Candi Baron dengan background Gunung Merapi yang sangat mempesona.

7. Brown Canyon di Semarang Mirip Banget dengan Grand Canyon Amerika Serikat


Brown Canyon di Semarang Mirip Banget dengan Grand Canyon Amerika Serikat

Destinasi wisata berikutnya yang terbentuk dari bekas galian tambang adalah Brown Canyon. Spot yang berada di Desa Rowosari, Tembalang, Semarang ini awalnya merupakan tambang batuan padas yang memiliki pemandangan indah. Jadi cocok banget untuk kamu yang sering berburu spot foto instagramable.

Keindahan tempat ini didapat dari terbentuknya bukit dan palung dari penggalian dataran tinggi. Keindahan tempat ini juga dilengkapi dengan deretan pepohonan yang tumbuh di atas bukit-bukit yang menjulang tinggi tersebut. Karena itu, jika sedang berlibur ke kota Semarang, ada baiknya untuk mampir dan mengunjungi tempat ini.

8. Kunjungi Bukit Jamur di Gresik yang Tawarkan Pemandangan Super Unik


Kunjungi Bukit Jamur di Gresik yang Tawarkan Pemandangan Super Unik

Nah, destinasi wisata berikutnya yang terbentuk dari bekas galian tambang adalah Bukit Jamur di Gresik. Spot yang terletak di Dusun Dukun, Desa Bungah, Kecamatan Bungah Gresik ini dulunya merupakan tambang batu.

Dinamakan Bukit Jamur karena di lokasi ini terdapat bebatuan ukuran jumbo yang bentuknya menyerupai jamur. Bentuk ini sendiri merupakan hasil dari proses abrasi yang terjadi secara perlahan. Karena memiliki pemandangan yang cukup unik, lokasi ini sering ramai pengunjung, untuk sekedar menikmati pemandangan atau berfoto.

Demikian delapan destinasi wisata di Indonesia yang berasal dari bekas galian tambang. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa destinasi wisata yang dibangun dari sisa-sisa bencana alam. Dan jika kamu ingin merasakan sensasi wisata luar negeri di Indonesia, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa destinasi wisata berikut ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait