Mampir Yuk Ke 7 Toko Roti Legendaris Indonesia Ini, Bisa Jadi Oleh-oleh Buat Keluarga!
Kuliner

Meskipun sudah terlihat tua, namun kualitas roti dan rasanya masih mampu bersaing dengan banyak toko roti baru loh. Toko-toko ini bahkan masih eksis dan ramai pengunjung hingga kini.

WowKeren - Roti merupakan salah satu hidangan yang digemari banyak orang. Teksturnya yang lembut dan empuk tentu saja membuat siapapun menyukainya dari tua hingga yang muda. Tak hanya itu, roti sekarang memiliki banyak macam dan jenis.

Saat ini sudah banyak jenis roti dan kue kekinian yang memiliki bentuk lucu dan rasa yang beragam. Namun hal ini tentunya tak membuat roti-roti jadul menjadi kalah populer. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali toko roti legendaris yang berdiri sudah sangat lama.


Meskipun sudah terlihat tua, namun kualitas roti dan rasanya masih mampu bersaing dengan banyak toko roti baru loh. Toko-toko ini bahkan masih eksis dan ramai pengunjung hingga kini. Kebanyakan pengunjung yang datang mengantre untuk membeli roti dan dijadikan sebagai oleh-oleh.

Penasaran mana saja toko roti legendaris Indonesia? Yuk simak, berikut tim WowKeren rangkum 7 toko roti legendaris di Indonesia!

1. Toko Roti Tan Ek Tjoan Yang Sudah Melegenda Banget


Toko Roti Tan Ek Tjoan Yang Sudah Melegenda Banget

Toko roti yang satu ini sudah terkenal banget dikalangan orang tua di Bogor dan Jakarta. Toko ini sudah ada sejak Indonesia belum merdeka atau tepatnya pada tahun 1920. Tan Ek Tjoan sebelumnya terkenal di Bogor dan kemudian ramai di pasar Jakarta sekitar tahun 1953.

Untuk rasa rotinya, enggak perlu dipertanyakan lagi. Banyak orang yang bilang jika tekstur rotinya jauh dari lembut. Roti buatan toko roti ini juga memiliki serat kasar dan berat dengan warna kekuningan. Tak hanya dijual di tokonya, roti-roti Tan Ek Tjoan juga dijual menggunakan gerobak di perkampungan warga loh.

2. Toko Roti Go Yang Merupakan Toko Roti Tertua Di Indonesia


Toko Roti Go Yang Merupakan Toko Roti Tertua Di Indonesia

Toko roti Go ini merupakan toko roti tertua di Indonesia karena sudah berdiri sejak tahun 1898 loh. Roti Go yang beralamat di Jalan Jenderal Soedirman Nomor 724 Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah hingga kini masih sukses dan ramai pengunjung.

Hingga saat ini, penerus toko tersebut masih menggunakan resep turun temurun meskipun ada beberapa varian baru agar terlihat lebih kekinian. Soal rasa, toko ini menyediakan banyak macamnya mulai dari cokelat, keju, cokelat keju, dan banyak lagi. Jenis yang paling populer di sini adalah roti sobek yang coco ditemani secangkir teh atau kopi hangat.

3. Sanitas Bakery Yang Jadi Favorit Banyak Orang


Sanitas Bakery Yang Jadi Favorit Banyak Orang

Toko roti dan kue Sanitas berdiri ini terletak di Semarang dan sudah berdiri dari tahun 1920. Di toko ini kalian bisa menemukan puluhan jenis roti, kue kering, jajan pasar, puding, pastry, dan cake jadul yang memiliki rasa khas.

Favorit pelanggan adalah jajan pasar, roti sobek, dan roti krenten alias roti kismis yang tersedia dalam bentuk setengah lingkaran (krenten ball) dan irisan roti tawar (krenten brood). Jangan heran jika kalian mengunjungi toko roti yang terletak di Jl. MT. Haryono No. 543- 545, Karangkidul, Semarang Tengah ini bakal ramai pengunjung ya.

4. Toko Roti Sidodadi Yang Jual Berbagai Jajan Pasar Nikmat


Toko Roti Sidodadi Yang Jual Berbagai Jajan Pasar Nikmat

Bandung memiliki banyak toko roti legendaris yang hingga saat ini masih bertahan. Salah satunya Toko Roti Sidodadi yang berlokasi di Jalan Otoiskandardinata No. 255. Meski menempati sebuah bangunan yang terbilang kecil, bisa dibilang bahwa toko Sidodadi merupakan salah satu toko roti legendaris yang masih diminati hingga sekarang.

Berdiri sejak 1954, toko ini menyediakan aneka roti klasik seperti roti kismis, roti gambang, dan roti tawar yang selalu disajikan segar setiap harinya. Selain itu, salah satu yang bisa kamu coba di sini adalah roti bangket yang sudah jarang banget ditemui saat ini. Selain aneka roti jadul, jangan lupa untuk mencicipi aneka kue tradisional yang tak kalah lezatnya.

5. Roti Orion Disebut Sebagai Toko Roti Terlaris Di Solo Loh


Roti Orion Disebut Sebagai Toko Roti Terlaris Di Solo Loh

Kalau kalian sedang jalan-jalan ke Solo, enggak ada salahnya untuk mampir ke toko roti Orion. Toko roti yang berlokasi di dekat Pasar Gede ini telah berdiri sejak tahun 1932 lalu dan disebut-sebut sebagai salah satu toko roti terlaris di Solo loh.

Selain aneka roti dan kue klasik dan jadul, kalian juga wajib banget untuk mencicipi roti Mandarijn yang menjadi jenis roti paling favorit di toko roti Orion. Roti ini terdiri dari dua buah roti yang ditumpuk seperti kue lapis. Roti ini juga memiliki tiga jenis roti yaitu original berbalut selai nanas, kismis, dan mandarijn spesial yang berisi rum butter.

6. Toko Roti Tegal Yang Terkenal Dengan Roti Ollie Bollen-nya


Toko Roti Tegal Yang Terkenal Dengan Roti Ollie Bollen-nya

Toko legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1950-an di pusat kota Salatiga atau tepatnya Jl. Jendral Sudirman No. 166, Kalicacing, Sidomukti. Selain terkenal dengan ollie bollen, yaitu pastry khas Belanda yang berisi kismis dan ditaburi gula putih, pelanggan juga menggemari roti sobek dan roti tawar yang memiliki tekstur khas.

Kalau ke sini, jangan lupa cicipi pula roti istimewa mereka bernama saucijzenbroodje,. Ini merupakan roti klasik yang bagian luarnya terbuat dari puff pastry dengan isian daging giling berbumbu. Rasa daging yang gurih dan pastry yang renyah cocok banget dimakan bareng teh atau kopi hangat. Intip juga kuliner legendaris di Bandung di sini.

7. Roti Lauw Yang Terkenal Banget Dengan Roti Padatnya


Roti Lauw Yang Terkenal Banget Dengan Roti Padatnya

Toko roti yang berada di Jl. RS Fatmawati No.42, Jakarta Selatan ini telah berdiri sejak tahun 1940. Namun meski begitu, Roti Lauw tetap mempertahankan cita rasanya agar mendapat tempat di hati pelanggan. Jangan harapkan roti lembut yang kempes jika digigit, karena roti Lauw tetap setia memproduksi roti bertekstur padat.

Selain di tokonya, hingga kini roti Lauw bisa dibeli lewat penjaja roti keliling yang menggunakan gerobak khas berwarna dominan biru dan putih. Kalau zaman sekarang roti Lauw mulai punya tampilan modern, pada jaman dulu roti Lauw dibungkus dengan kertas roti dan bukannya plastik seperti sekarang. Mampir juga yuk di tempat makan es krim legendari di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...