Ahok Janji Bakal Lebih 'Tutup Mulut' Usai Jadi Komut Pertamina, Kenapa?
Nasional

Ahok sebelumnya dikenal cukup temperamental, namun belakangan ia justru lebih kalem dalam menghadapi situasi. Kekinian terungkap 'janji' Ahok di balik perubahan sikapnya tersebut.

WowKeren - Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok telah resmi mengemban jabatan sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Perusahaan minyak dan gas pelat merah itu mulai kemarin (25/11) resmi berada di bawah pengawasan Ahok.

Pro dan kontra pun tak berhenti mengiringi realisasi wacana yang telah digaungkan sejak pertengahan November itu. Apalagi karena status Ahok sebagai mantan narapidana kasus penodaan agama pada 2017 silam yang membuat publik menyangsikan kapabilitas Ahok.

Tak hanya itu, perangai Ahok yang dikenal temperamental semasa menjabat sebagai DKI 1 dulu rupanya membuat publik "trauma". Hal itu pula yang membuat Serikat Pekerja Pertamina menolak masuknya Ahok di perusahaan mereka.

Menanggapi penolakan dan banjir kritikan tersebut, Ahok rupanya enggan ambil pusing. Ia menilai pihak-pihak yang mengkritiknya itu belum mengenal dirinya dengan baik.

Apalagi, lanjut Ahok, ia memastikan dua tahun yang dihabiskannya di balik jeruji besi telah memberinya banyak pelajaran. Termasuk untuk lebih menjaga lisan dan bersikap lebih kalem.


Mantan Bupati Belitung Timur itu bahkan dengan tegas menyebut tak akan lagi asal berbicara usai dilantik menjadi Komut Pertamina. Alasannya, jabatan Komut Pertamina yang akan diembannya berbeda dengan "beban" yang disandangnya kala menjadi gubernur.

"Jadi ini beda dengan Gubernur (DKI Jakarta)," kata Ahok ketika ditemui awak media di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/11). "Dulu apa aja saya jawab. Ini kan ada hak dan wewenangnya."

Sikap "tutup mulutnya" ini rupanya benar-benar ia praktikkan. Terbukti dari jawaban singkatnya ketika ditanya perihal mafia migas yang disebut-sebut masih bercokol di Pertamina.

"Saya nggak tahu maksud mafia migas tuh apa ya," jawabnya, dilansir dari laman Kompas, Selasa (26/11). "Saya kan bukan godfather."

Di sisi lain, gaya komunikasi Ahok memang menjadi salah satu hal yang paling diantisipasi masyarakat. Terbukti dari anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang langsung memberikan sindiran pedas sekaligus saran untuk Ahok.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru