Simak 8 Tips Ini Untuk Memotong Rambut Sendiri, Tetap Tampil Modis Meski di Rumah Aja Karena Corona
Lifestyle
#dirumahsaja

Di tengah wabah Corona, tidak ada salahnya untuk memotong rambut sendiri di rumah. Ingin melakukannya namun tidak berpengalaman? Tenang, kamu bisa kok memotong rambut sendiri di rumah dengan beberapa cara mudah ini.

WowKeren - Demi mencegah penyebarluasan Corona, masyarakat diimbau untuk menjaga jarak dengan orang lain dan tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Selain itu, wabah Corona juga membuat sejumlah gerai atau perusahaan menutup bisnisnya hingga waktu yang belum ditentukan. Salah satunya adalah salon kecantikan.

Di Indonesia, beberapa salon memutuskan untuk menutup bisnisnya karena jumlah pengunjung yang terus berkurang dan demi menjaga kesehatan bersama. Lantas, apa salon kecantikan di sekitar tempat tinggalmu juga mulai menghentikan operasinya?


Jika iya, kamu mungkin akan kebingungan jika ingin memotong rambut dan menatanya agar terlihat indah. Tapi sebaiknya tetap tenang dan tak perlu khawatir. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips memotong rambut sendiri, sehingga membuatmu tetap tampil modis meski di rumah aja karena wabah Corona. Mau tahu apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pelajari Teknik Pemotongan Rambut


Pelajari Teknik Pemotongan Rambut

Sebelum memutuskan untuk memotong rambut, pastikan kamu telah mengetahui cara memotong rambut dengan baik dan benar. Tapi bagi kamu yang baru pertama kali memotong rambut sendiri, sebaiknya pelajari cara memotong rambut yang tepat agar hasilnya tidak mengecewakan.

Kamu bisa mempelajarinya secara otodidak dengan menyaksikan berbagai video di YouTube, sebab kamu akan lebih mudah belajar jika melihatnya secara langsung. Pilih video yang sesuai dengan model rambut yang kamu inginkan, pelajari bagaimana teknik-tekniknya baru kamu bisa melangkah ke cara berikutnya.

2. Pilih Model Rambut yang Diinginkan


Pilih Model Rambut yang Diinginkan

Setelah memahami teknik pemotongan rambut, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan model yang diinginkan. Sebaiknya jangan sembarangan memilih model rambut jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Sesuaikan gaya rambut dengan jenis rambut serta bentuk wajahmu.

Jika kamu memiliki wajah bulat, sebaiknya hindari gaya rambut belah tengah karena bisa membuat wajahmu terlihat semakin lebar. Jika kamu memiliki rambut lurus, akan lebih baik memilih model layer agar bisa memunculkan kesan lebih bervolume. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan hasil akhir yang memuaskan dan tidak akan kecewa di belakang.

3. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan


Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Setelah mempelajari teknik sederhana pemotongan rambut dan memilih model yang diinginkan, sebaiknya siapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Mulai dari gunting, ikat atau penjepit rambut, sisir serta kain untuk menutupi bagian leher dan pakaian. Tapi ingat, pastikan untuk menggunakan gunting yang benar-benar tajam dan bersih.

Gunting yang tajam akan membuat potongan rambut kamu jauh lebih rapi dan ujungnya terpangkas dengan sempurna sehingga tidak menimbulkan kerusakan. Selain itu, pastikan juga gunting yang kamu gunakan benar-benar bersih agar tidak ada kotoran maupun debu dan virus yang menempel pada rambut.

4. Bersihkan Rambutmu Sebelum Dipotong


Bersihkan Rambutmu Sebelum Dipotong

Sebelum memotong rambut, pastikan rambutmu sudah bersih. Sebab rambut yang berminyak dan kotor akan membuat hasil potongan rambut menjadi tidak rata. Kamu pasti tak mau hal itu terjadi kan?

Selain itu, akan lebih baik jika kamu keramas atau membasahi rambut terlebih dahulu sebelum dipotong. Hal ini disebabkan karena rambut akan lebih mudah diatur dalam keadaan basah. Karena itulah jika kita memotong rambut di salon, hair stylist akan membasahi rambut kita agar lebih mudah membuat potongan yang presisi.

5. Mulai dari Bagian Depan dan Potong Sedikit Demi Sedikit


Mulai dari Bagian Depan dan Potong Sedikit Demi Sedikit

Mulailah dengan memotong rambut bagian depan. Setelah itu teruskan ke bagian lainnya dengan panjang yang sama. Potong rambutmu secara perlahan, sedikit demi sedikit agar hasilnya bisa lebih rapi. Mulai dari bagian yang kecil dan lakukan secara bertahap.

Sebelum memotong, rapikan juga rambutmu menggunakan sisir dan perkirakan seberapa panjang bagian yang ingin kamu hilangkan. Jangan memotong rambut dalam jumlah banyak sekaligus. Hal ini diperlukan untuk menghindari berbagai kesalahan, termasuk hasil potongan yang terlalu pendek.

6. Gunakan Teknik Ponytail Untuk Memotong Bagian Belakang Rambut


Gunakan Teknik Ponytail Untuk Memotong Bagian Belakang Rambut

Salah satu tantangan berbesar saat memotong rambut sendiri adalah saat memangkas rambut bagian belakang karena kita tidak bisa melihatnya secara langsung. Tapi tenang, ada cara untuk mengakalinya yakni menggunakan teknik ponytail dan mengarahkan seluruh rambut ke depan.

Caranya cukup mudah. Pertama sisir rambut hingga rapi lalu ikat hingga menyerupai ekor kuda. Selanjutnya arahkan rambut yang sudah diikat itu ke depan. Setelah itu potong rambut dengan sejajar dan lakukan secara perlahan. Ingat, untuk menggunakan teknik ini sebaiknya lakukan di depan cermin agar kamu bisa memperkirakan seberapa panjang rambut yang akan dipangkas.

7. Cara Memotong Poni Rambut


Cara Memotong Poni Rambut

Di situasi seperti ini, sebaiknya jangan coba-coba untuk berkreasi saat memotong poni. Karena jika kamu tak berpengalaman dalam memotong rambut dan ingin menciptakan gaya baru, bisa-bisa penyesalan yang akan datang karena kegagalan yang kamu lakukan.

Oleh karena itu, usahakan untuk memangkas poni mengikuti model sebelumnya. Kamu hanya perlu merapikan poni yang menutup mata dan mengganggu pandangan. Saat memotong poni, lakukan dengan santai dan tidak tegang. Dengan begitu kamu bisa menghindari kesalahan dan potongan rambut akan jadi lebih tertata.

8. Minta Bantuan Orang Terdekat Untuk Memeriksa Hasilnya


Minta Bantuan Orang Terdekat Untuk Memeriksa Hasilnya

Setelah memotong semua bagian rambut yang perlu dirapikan, bukalah ikatan rambut atau penjepit yang kamu gunakan. Rapikan rambutmu dengan sisir dan perhatikan hasilnya dengan seksama. Untuk memastikan hasil potongannya sudah rapi dan sesuai dengan keinginan, sebaiknya minta bantuan orang terdekat untuk memeriksa hasilnya.

Tanyakan pada mereka apakah ada bagian yang kurang rapi. Misal panjang potongan yang kurang rata, belum terpotong sempurna atau malah ada bagian yang dipotong terlalu pendek. Dengan begitu, kamu bisa merapikan dan memotongnya lagi agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Demikian delapan tips memotong rambut yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah selama wabah Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips pesan makanan via online saat di rumah aja. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips saat belanja di pasar dan setelah kembali ke rumah di tengah wabah Corona.

You can share this post!

Related Posts