Kenali 10 Gejala Meningitis, Penyakit yang Diderita Glenn Fredly Sebelum Tutup Usia
Health

Sebelum berpulang pada Rabu (8/4), musisi ternama Glenn Fredly diketahui menderita penyakit meningitis. Lantas, apa itu meningitis dan apa saja gejalanya? Berikut informasi lengkapnya.

WowKeren - Dunia musik Tanah Air saat ini sedang berduka. Pasalnya salah satu musisi kebanggaan Indonesia, Glenn Fredly, telah meninggal dunia pada Rabu (8/4) di RS Setia Mitra. Menurut penuturan pihak keluarga, Mozes Latuihamalo, Glenn Fredly sempat menderita penyakit meningitis sebelum meninggal.

Akibat penyakitnya itu, Glenn bahkan sempat menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. Meski demikian, Glenn masih bisa beraktivitas seperti biasa. Tiga hari sebelum meninggal, Glenn bahkan masih bisa berkomunikasi.


Meningitis sendiri merupakan peradangan selaput yang mengelilingi dan melindungi otak serta sumsum tulang belakang. Penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, parasit dan jamur. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja di segala usia. Dalam beberapa kasus, meningitis dapat membaik tanpa pengobatan. Namun tidak sedikit kasus meningitis yang membutuhkan perawatan serius dan dapat mengancam jiwa.

Oleh sebab itu, penting untuk mengenali gejala meningitis sejak awal agar bisa mendapatkan perawatan sedini mungkin. Pasalnya gejala meningitis dapat berkembang cepat dalam beberapa jam atau hari. Apa sajakah gejalanya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Demam


Demam

Salah satu gejala meningitis yang membuat pengidapnya jarang terdeteksi sejak dini adalah demam. Karena sangat mirip dengan flu, pengidapnya akan menganggap gejala tersebut biasa saja.

Kondisi ini biasanya muncul dikarenakan bakteri dan virus yang tengah menyerang cairan yang menyelubungi otak, sehingga menyebabkan demam pada penderitanya. Bahkan demam tinggi juga bisa muncul pada bayi berusia 3 bulan ke atas yang mengidap penyakit ini.

2. Sakit Kepala Berkepanjangan


Sakit Kepala Berkepanjangan

Gejala meningitis berikutnya yang wajib diwaspadai adalah sakit kepala berkepanjangan. Sakitnya tidak seperti pusing biasa, melainkan terasa benar-benar menyiksa seperti ketika seseorang sedang terkena migrain.

Sakit kepala ini datang tiba-tiba, terkadang cepat, terkadang dirasakan seminggu setelah terinfeksi. Dan di saat yang sama, demam juga akan muncul. Dalam kebanyakan kasus, penderita meningitis biasanya baru memeriksakan diri setelah mengalami sakit kepala tak tertahankan yang tak kunjung berhenti.

3. Leher Terasa Kaku


Leher Terasa Kaku

Terkadang kita mengabaikan sakit di bagian leher karena menganggapnya disebabkan oleh posisi tidur yang salah. Padahal kondisi ini ternyata juga bisa menjadi salah satu pertanda seseorang sedang mengidap meningitis.

Beberapa pihak berpendapat bahwa leher kaku yang disebabkan oleh meningitis terasa sangat menyakitkan, sehingga bisa menyiksa penderitanya bahkan ketika dia sedang duduk atau berbaring. Kondisi ini tentu berbeda dengan leher kaku karena salah tidur yang biasanya hanya membuat kita merasa tidak nyaman di bagian kepala dan leher saja.

4. Mudah Bingung dan Sulit Berkonsentrasi


Mudah Bingung dan Sulit Berkonsentrasi

Ada gejala yang kerap muncul bersamaan dengan tiga gejala di atas, yakni mudah bingung atau kesulitan berkonsentrasi. Pengidap meningitis biasanya susah fokus dan sering galau ketika mengambil keputusan dalam hidup.

Jika yang mengidap penyakit ini adalah lansia, gejalanya bisa lebih parah. Sebab otak mengalami pembengkakan yang membuat mereka tidak bisa membedakan antara realita dan mimpi. Dalam kasus terburuk, mereka bahkan bisa lupa dengan hal-hal penting dalam hidupnya, seperti status pernikahan atau identitas anak-anaknya. Meski demikian, gejala ini dapat hilang jika pasien mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Mual dan Muntah


Mual dan Muntah

Ada gejala lain dari meningitis yang perlu diwaspadai yakni mual serta muntah yang diikuti dengan sakit kepala ekstrim. Jika gejalanya terlalu menyakitkan, penderitanya biasanya terlalu malas untuk makan sehingga berat badannya akan merosot tajam. Kondisi ini tentu tak boleh dibiarkan, karena mereka yang muntah-muntah sebaiknya tetap menghidrasi tubuh dengan banyak minum air putih dan makan makanan bernutrisi.

6. Sensitif Terhadap Cahaya


Sensitif Terhadap Cahaya

Penyakit meningitis juga bisa membuat penderitanya menjadi sensitif terhadap cahaya. Hal ini membuat mereka mengalami migrain dan merasa tidak nyaman saat memandang sesuatu. Kondisi ini sendiri disebabkan oleh adanya peradangan dalam otak yang menekan saraf penglihatan.

Selain itu, seseorang yang mengidap meningitis juga akan mengalami berbagai masalah lain seperti pandangan double atau kabur. Cedera pada mata yang lebih parah juga mungkin terjadi bila saraf penglihatan sampai mengalami kerusakan.

7. Sering Pegal


Sering Pegal

Setelah mengalami berbagai gejala awal seperti mual, muntah hingga insomnia, penderita meningitis juga akan merasakan encok dan pegal-pegal. Dalam beberapa kasus, penderita meningitis bahkan dapat mengalami kesulitan saat berjalan atau beraktivitas.

8. Muncul Ruam Pada Kulit


Muncul Ruam Pada Kulit

Meningitis juga dapat menimbulkan ruam pada beberapa bagian atau bahkan di seluruh kulit. Kondisi ini dipicu oleh pesatnya pertumbuhan bakteri yang merusak pembuluh darah. Meski peluang munculnya ruam ini lebih besar pada pasien meningitis anak-anak, orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Dalam kebanyakan kasus, kulit penderita meningitis akan tampak pucat sebelum muncul ruam. Tangan dan kakinya juga akan terasa dingin saat dipegang. Dan warna ruam yang semula hanya bercak merah atau cokelat akan semakin membesar seiring berjalannya waktu.

9. Sering Mengantuk dan Sulit Bangun Tidur


Sering Mengantuk dan Sulit Bangun Tidur

Rasa lelah yang dirasakan pasien meningitis biasanya akan menyebabkan mereka sering mengantuk dan susah bangun tidur. Tak hanya itu, sebab mereka juga akan mengalami penurunan kemampuan mengingat, berbicara, mendengar hingga melihat.

10. Gejala Pada Anak


Gejala Pada Anak

Anak-anak yang mengalami meningitis bisa menunjukkan gejala yang berbeda. Mereka akan merasa tidak nyaman saat bersentuhan atau dipegang oleh orang lain. Mereka juga akan susah makan dan lebih sering menangis daripada biasanya. Sedangkan pada bayi, mereka akan sering muntah, gerak-geriknya tidak seaktif biasanya, pola makan yang buruk hingga terdapat benjolan di ubun-ubun yang letaknya di atas kepala.

Demikian delapan gejala meningitis, penyakit yang diderita penyanyi Glenn Fredly sebelum meninggal dunia. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat VCO (Virgin Coconut Oil) yang disebut Tung Desem bermanfaat bagi pasien Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tipes.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait