Baik Untuk Kesehatan Mental Hingga Gaya Hidup, Ini 7 Manfaat Memasak Yang Jarang Disadari!
Lifestyle

Banyak orang mungkin menganggap memasak sebagai kegiatan sederhana. Namun siapa sangka jika memasak memiliki beberapa manfaat yang tidak kalian sadari, baik untuk kesehatan mental gaya hidup.

WowKeren - Memasak memang menjadi kegiatan yang tak asing bagi banyak orang. Beberapa dari kalian menjadi memasak sebagai hobi dan tak sedikit juga yang profesinya berkaitan dengan memasak sepanjang hari. Kegiatan ini ternyata enggak boleh diremehkan begitu saja.

Banyak orang mungkin menganggap memasak sebagai kegiatan sederhana. Namun siapa sangka jika memasak memiliki beberapa manfaat yang tidak kalian sadari, baik untuk kesehatan mental maupun membangun gaya hidup yang lebih baik.

Memasak di rumah juga memiliki berbagai manfaat positif bagi kehidupan kalian. Penasaran apa saja itu? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat memasak yang jarang diketahui baik untuk kesehatan fisik maupun mental kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Menghilangkan Stres


Menghilangkan Stres

Dalam buku "Addicted to Stress", Debbie Mandel mengatakan, memasak adalah penghilang stres terbaik karena memasak menjadi jalan untuk mengekspresikan kreativitas. Jika stres bisa membuat panca indra Anda mati rasa, memasak bisa mengaktifkannya kembali.

Hal ini karena aroma masakan, rasa makanan, menyentuh, melihat penampilan masakan, dan bahkan suara mendesis masakan, merangsang seluruh indra tubuh. Karena aktivitas memasak bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal yang memusingkan dan menyalurkan perhatian kepada persiapan membuat hidangan.

2. Menghemat Pengeluaran


Menghemat Pengeluaran

Memasak tentunya jauh lebih murah daripada makan di restoran. Tujuan utama orang-orang memasak selain karena hobi, karena untuk menghemat pengeluaran. Hal ini karena bumbu masakan dan bahan baku yang ada di Indonesia, terbilang sangat murah.

Soal rasa, kita bisa mengelolanya dengan bumbu yang menjadi kesukaan. Terlebih lagi, kalian bisa menambahkan bahan kesukaan sebanyak mungkin sehingga kalian jadi makin lahap memakannya. Jadi, ada banyak penghematan yang bisa dilakukan saat memasak dan uang sisa yang ada pun bisa untuk ditabung.

3. Menjaga Kesehatan Otak


Menjaga Kesehatan Otak

Para pakar kesehatan mental menekankan bahwa nutrisi yang baik adalah sebuah aspek paling dasar untuk menjaga kesehatan otak. Memasak dan membuat kue mengajarkan seseorang untuk lebih peduli dengan apa yang mereka masukkan ke dalam tubuh. Sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan, dan buah diklaim sebagai nutrisi yang bagus bagi para penderita gangguan mood.

Namun tak semua orang memiliki reaksi yang sama terhadap suatu makanan. Itulah mengapa dengan memasak sendiri seseorang bisa memilih bahan makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan otak dan mentalnya.

4. Melatih Kesabaran


Melatih Kesabaran

Memasak juga bisa menjadi sebuah terapi untuk melatih kesabaran kalian. Ketika memasak, kalian akan menjumpai tidak semua masakan dapat diolah dengan api yang besar. Kadang kala kita perlu api yang kecil untuk menghasilkan masakan yang nikmat, yang artinya akan memerlukan banyak waktu pengerjaan dan kesabaran di dalamnya.

Tanpa kesabaran, kalian akan tergoda untuk membesarkan api kompor agar masakan cepat matang, namun hasilnya tentu saja akan berbeda. Mulailah mencoba memasak menu masakan yang memerlukan proses panjang dan lama, dan tetaplah setia pada prosesnya, jangan sekali-kali tergoda untuk mempercepatnya.

5. Mengasah Kreatifitas


Mengasah Kreatifitas

Memasak dan mencoba berbagai resep masakan memberikan ruang bagi kalian untuk mengasah kreativitas. Menghasilkan sebuah hidangan yang lezat membutuhkan kemampuan dalam mengolah bahan-bahan makanan menjadi sesuatu yang baru yang bisa disantap.

Dengan sering-sering memasak, berarti kalian juga mengasah kreativitas menjadi lebih baik lagi. Seringkali bahan yang diberikan adalah bahan-bahan yang sangat sederhana atau bahan-bahan yang tidak masuk akal. Dalam keterbatasan itulah, kreatifitas akan muncul. Otak yang tidak terbiasa memunculkan ide akan dipaksa untuk memunculkan ide-ide, memunculkan semua potensi kreatifitas yang ada di dalam diri.

6. Hidup Sehat


Hidup Sehat

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kalian tentu tidak akan mengetahui nilai gizi yang terkandung pada makanan yang kalian beli. Sebaliknya, ketika memasak di rumah, kalian bisa menentukan kuantitas dan kualitas bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hidangan sehat, lezat, dan menggugah selera.

Selain itu, kebersihan makanan juga akan lebih terjamin ketika kalian memasak sendiri. Kalian cenderung ingin memasak dengan bahan berkualitas dan kebersihan yang terjamin untuk makanan yang akan kalian santap. Karena itu, memasak secara tidak langsung membuat kalian hidup lebih sehat.

7. Melatih Manajemen Waktu


Melatih Manajemen Waktu

Menyiapkan masakan di pagi hari secara tidak langsung "memaksa" kalian untuk berdisiplin dengan waktu. Bangun pagi hari, menyiapakan bahan masakan sampai proses memasak harus diperhitungkan dengan tepat. Hal tersebut bertujuan agar makanan dapat disajikan tepat waktu.

Proses memasakpun harus diperhatikan dengan cermat agar ketika merebus atau menggoreng tidak gosong atau terlalu empuk. Memang walaupun menguras waktu dan tenaga, kegiatan menyiapkan makanan di pagi hari yang dilakukan secara rutin akan membentuk pola kecermatan waktu dan melatih kedisiplinan kalian.

Selain itu, intip juga yuk beberapa resep camilan lezat yang bisa kalian buat di rumah saat sedang karantina mandiri di artikel ini. Namun jika kalian punya banyak stok keju, kalian bisa melihat resep berbagai camilan olahan keju yang gampang dibuat di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait