Bisa Mengganggu Kesuburan Hingga Merusak Ginjal, Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Mengantongi Ponsel
Health

Apa kamu memiliki kebiasaan mengantongi ponsel di saku? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Sebab tujuh gangguan kesehatan ini akan mengintaimu.

WowKeren - Ponsel adalah salah satu benda yang hampir tak bisa lepas dari keseharian kita. Karena peran penting ponsel dalam aktivitas harian, kita juga akan membawanya kemana-mana. Bahkan saat sedang tidak digunakan, tidak sedikit orang yang menyimpan ponsel di kantong celana atau kantong baju.

Hal ini mereka lakukan agar lebih mudah saat ingin mengambilnya. Padahal, kebiasaan satu ini sangat tidak baik dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena efek radiasi yang dipancarkannya.

Karena itu, jika kamu terbiasa mengantongi ponsel sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang. Sebab jika tidak, tujuh bahaya berikut ini akan mengintai kesehatanmu.

(wk/eval)

1. Mengganggu Kesuburan Pria


Mengganggu Kesuburan Pria

Bagi kamu para pria yang memiliki kebiasaan mengantongi ponsel, sebaiknya mulai hentikan sekarang. Pasalnya meletakkan ponsel di kantong celana bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada lelaki. Hal ini bisa terjadi karena radiasi ponsel dapat mempengaruhi produksi sperma.

Meskipun sedang tidak digunakan, ponsel masih memunculkan risiko mandul pada pria sebesar 30 persen. Jika sudah demikian, para lelaki akan sulit dikaruniai keturunan. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa para lelaki yang kerap menyimpan ponsel di saku celana lebih berisiko mengalami disfungsi ereksi.

2. Meningkatkan Risiko Kanker Payudara


Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Dalam beberapa penelitian, wanita yang menyimpan smartphone di saku dekat bra juga berisiko terkena kanker payudara. Radiasi dari ponsel dapat masuk menembus kulit dan merusak kelenjar susu yang memicu pertumbuhan sel kanker di payudara.

Dr Devra Davis, seorang ilmuwan Amerika, mengungkapkan bahwa pernah ada kasus mengejutkan terkait hal ini. Ia pernah menemukan seorang wanita muda yang menderita tumor payudara dengan bentuk sama persis dengan ukuran ponsel yang biasa ia simpan di dalam branya. Ngeri banget kan? Karena itu, pastikan untuk tidak mengantongi ponsel lagi ya.

3. Merusak Ginjal


Merusak Ginjal

Kamu mungkin bertanya-tanya apa kaitan antara mengantongi ponsel dengan terganggunya fungsi ginjal. Perlu diketahui bahwa bahaya ini muncul bagi mereka yang sering menyimpan ponsel di dalam saku celana.

Jika kamu sering mengantongi ponsel, paparan radiasi smartphone dapat masuk ke pembuluh darah ginjal secara bertahap. Akibatnya, fungsi ginjal untuk menyaring cairan tubuh akan sangat terganggu. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, bukan tidak mungkin ginjal akan mengalami kerusakan.

4. Memicu Sakit Kepala


Memicu Sakit Kepala

Apa kamu pernah merasakan sakit kepala tanpa tahu sebabnya? Jika iya, kondisi ini bisa saja disebabkan oleh efek radiasi ponsel yang sering kamu gunakan. Hal ini dikarenakan energi negatif RF dari ponsel bisa memicu gangguan pada otak. Untuk meminimalisir risikonya, sebaiknya jangan mengantongi ponsel di saku lagi ya.

5. Nyeri di Sekitar Kantung Celana


Nyeri di Sekitar Kantung Celana

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa menyimpan ponsel di saku celana dapat melemahkan area panggul dan menurunkan kepadatan tulang. Hal ini disebabkan karena tekanan dari ponsel akan menimbulkan rasa sakit berkepanjangan di sekitar kantung celana dan bagian paha.

Kondisi tersebut akan semakin berbahaya jika ukuran ponselmu cukup besar yakni sekitar 5 inchi ke atas karena tekanannya akan semakin besar juga. Selain itu, terlalu sering mengantongi ponsel juga bisa membuatmu menderita luka bakar ringan hingga sedang. Hal ini disebabkan ponsel yang selalu menyala saat dikantongi akan menghasilkan panas yang berbahaya bagi kulit.

6. Mempengaruhi Kesehatan Otak dan Depresi


Mempengaruhi Kesehatan Otak dan Depresi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, radiasi smartphone juga dapat mempengaruhi kesehatan otak. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, besar kemungkinan bagi seseorang mengalami kerusakan otak. Bahkan dalam beberapa kasus, seseorang jadi linglung, sering lupa dan mengalami penurunan daya ingat.

Selain itu, seseorang juga rentan mengalami depresi jika terlalu sering mengantongi ponsel. Jika kamu selalu menyimpan ponsel di dekatmu, kamu mungkin saja akan kebingungan karena selalu menggunakannya. Kebiasaan ini bisa berujung pada depresi karena kecanduan pada ponsel yang bisa membuat seseorang stres dan selalu was-was.

7. Menyerap Energi Tubuh


Menyerap Energi Tubuh

Energi tubuh kamu juga bisa terkuras jika terlalu sering mengantongi ponsel. Hal ini disebabkan karena sinyal yang dipancarkan oleh gelombang radio melalui ponsel. Kondisi ini diperparah jika kamu tak bisa lepas dari ponsel dan terus menggunakannya. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas sepanjang hari.

Demikian tujuh bahaya mengantongi ponsel bagi kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips membersihkan ponsel dari virus dan bakteri. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips mengisi baterai ponsel dengan aman.

You can share this post!

Related Posts