Ada Campur Tangan Lee Soo Man di Empat Lagu Legendaris dari Grup-Grup SM Ini, Apa Saja?
Musik

Empat lagu yang sedikit banyak merupakan hasil campur tangan Lee Soo Man antara lain 'Danger' milik f(x), 'Sherlock' milik SHINee, 'Call Me Baby' milik EXO, serta 'Red Flavor' milik Red Velvet.

WowKeren - Pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man, boleh jadi memang jarang ikut campur terkait rilisan musik para penyanyi yang bernaung di bawah agensi yang didirikannya. Namun untuk empat lagu dari empat grup idol SM ini, ada campur tangan dari pria tersebut.

Sekali Lee Soo Man ikut campur dalam proses produksi sebuah lagu, lagu tersebut menjadi hits saat dirilis. Empat lagu yang sedikit banyak merupakan hasil campur tangannya antara lain "Danger" milik f(x), "Sherlock" milik SHINee, "Call Me Baby" milik EXO, serta "Red Flavor" milik Red Velvet.


"Danger" mulanya berjudul "Laser", dan merupakan lagu dance dengan beberapa hook di dalamnya. Saat Lee Soo Man mendengarkan versi demonya, ia berkata, "f(x) bukan sekedar girl grup jadi aku rasa harus ada sesuatu yang spesial dari lagu itu." Setelah itu, kabarnya lirik dan vibe lagu tersebut telah dimodifikasi.

Ada 100 lagu yang menjadi kandidat title track comeback SHINee pada 2012, yang merupakan comeback pertama mereka setelah lebih dari setahun hiatus di Korea. "Sherlock" dipilih sebagai title track atas campur tangan Lee Soo Man.

Pada awalnya, "Call Me Baby" bukanlah title track pilihan tim AR untuk album kedua EXO yang berjudul "EXODUS" yang dirilis pada 2015. Namun, Lee Soo Man kemudian menyuruh tim agar menjadikan lagu bernuansa pop R&B era 90-an tersebut sebagai title track.

Terkait lagu "Red Flavor", Joy pernah mengatakan, "Kami datang ke acara makan malam agensi dan bertemu Lee Soo Man dan dia bilang pada kami, 'Kalian tidak tahu berapa banyak aku ikut campur dalam lagu ini, kan?' Aku tidak tahu tapi tiba-tiba merasa bersalah saat itu. Setelah itu, aku bertanya pada manajerku dan dia bilang bahwa Lee Soo Man memberikan pendapat terkait lirik, melodi, ritme, dan koreografi."

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts