Kaya Antioksidan Hingga Bisa Cegah Kanker, Inilah 8 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan!
Health

Buah bit atau akar tanaman bit adalah sejenis umbi-umbian yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi ternyata, manfaat buah bit tak hanya berhenti sampai di situ saja loh.

WowKeren - Buah bit atau akar tanaman bit adalah sejenis umbi-umbian yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Warna bit yang merah keunguan juga sering digunakan sebagai pewarna makanan alami, kandungan sukrosanya juga kerap dimanfaatkan untuk membuat gula.

Tapi ternyata, manfaat buah bit tak hanya berhenti sampai di situ saja. Buah bit mengandung beragam vitamin, mineral, dan komponen organik seperti Asam folat, Karoten, Lutein, Zeaxanthin, Glisin, Betain, Serat, Vitamin C, Magnesium, Zat besi, Tembaga, Boron, Fosfor, dan Flavonoid (antosianin) yang berguna untuk kesehatan.


Tak hanya rendah kalori, akar bit juga bebas kolesterol. Akan tetapi, karena kandungan gulanya terhitung paling tinggi di antara semua jenis sayuran, maka konsumsinya jelas tak boleh berlebihan. Buah bit juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 manfaatnya untuk kesehatan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Turunkan Tekanan Darah Tinggi


Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Salah satu manfaat buah bit yang paling terkenal adalam menurunkan hipertensi. Meminum jus dari umbi bit ini menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayur berdaun hijau, menurunkan tekanan darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School menyarankan cara murah ini untuk menurunkan hipertensi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat akan memelihara kesehatan jantung.

2. Tingkatkan Stamina


Tingkatkan Stamina

Buah bit sendiri diketahui memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi, tetapi kandungan kalori yang ada pada buah bit ini cukup rendah loh. Alasan itulah yang menyebabkan buah bit ini bisa membantu kalian untuk meningkatkan energi dan juga menjaga stamina pada tubuh.

Bukan hanya karena rendah kalori yang menyebabkan buah bit ini baik untuk tubuh. Akan tetapi kandungan vitamin C pun mampu untuk menjaga kekebalan tubuh. Jika rutin mengkonsumsi buah bit, sistem kekebalan dan stamina tubuh pun akan meningkat dan juga stabil.

3. Jaga Kesehatan Hati Dan Ginjal


Jaga Kesehatan Hati Dan Ginjal

Buah bit dikenal mampu membantu beberapa organ terutama ginjal dan hati, untuk tetap bekerja secara maksimal mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal ini ditemukan dari penelitian di Polandia. Penelitian ini menguji seekor tikus yang diberi buah bit, tikus tersebut sebelumnya memang sudah mengalami kerusakan pada sel-sel di tubuhnya.

Setelah diberikan buah bit secara rutin, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research menemukan bahwa tikus tersebut menjadi lebih sehat. Hasil ini ditemukan pada tubuh tikus yang menunjukkan bahwa kadar enzimnya menjadi baik dan organ detoks di tubuhnya jadi maksimal bekerja membuang racun di tubuh karena konsumsi buah bit.

4. Cegah Resiko Kanker


Cegah Resiko Kanker

Kandungan buah bit yang memiliki fitonutrien mampu menghambat karsinogen pada tubuh. Selain itu mengonsumsi buah bit secara teratur bisa membantu kalian untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Bukan hanya itu saja, tapi kandungan betalains pun bermanfaat untuk meningkatkan produksi enzim tubuh guna menghentikan pembentukan sel kanker di tubuh.

Terdapat studi juga yang mengungkapkan manfaat buah bit dapat membantu mencegah risiko kanker payudara dan kanker prostat. Kandungan senyawa betasianin dalam buah bit mampu menghalangi kanker. Buah bit juga dapat digabungkan bersama wortel lalu dijus dan diminum setiap hari untuk membantu pengobatan leukimia.

5. Sehatkan Otak


Sehatkan Otak

Buah bit diketahui dapat menyehatkan fungsi otak. Buah bit dapat meningkatkan neuroplastisitas otak akibat adanya pengaruh tahap awal demensia atau pikun. Jus buah bit juga dipercaya dapat mencegah alzheimer. Manfaat buah bit ini karena adanya kandungan nitrit oksida yang meningkatkan aliran darah ke otak sehingga sel-sel otak menjadi sehat.

Tak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, buah bit yang mengandung folat didalamnya terbukti dapat mendukung perkembangan otak dan membuat bayi menjadi lebih pintar. Oleh karena itu, sangan disarankan mengonusmsi buah bit bagi ibu hamil agar janin dalam kandungan mendapat asupan folat yang cukup.

6. Turunkan Kolestrol


Turunkan Kolestrol

Serat yang terkandung dalam akar dan daun bit dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida (penyebab penyakit jantung). Buah bit juga bisa sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Selain itu, betainnya mampu menurunkan kadar homosistein yang berbahaya bagi pembuluh darah.

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, konsumsi ekstrak buat bit terbukti efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Para ahli berpendapat, manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan flavonoid yang ada di dalam buah bit.

7. Cocok Untuk Diet


Cocok Untuk Diet

Selain mengandung banyak gizi, bit mengandung banyak kandungan serat namun rendah kalorinya. Ini merupakan sumber makanan yang bagus, jika kalian sedang menjalani program diet atau ingin menurunkan berat badan. Bahkan, setiap cangkir bit mengandung sebanyak 59 kalori dan 3,8 gram serat, atau setara dengan 15 persen serat yang Anda butuhkan sepanjang hari.

Saat kalian mengonsumsi serat, serat akan bergerak lambat pada saluran pencernaan. Serat inilah yang membantu kalian untuk menahan rasa lapar dan bisa tetap kenyang. Menurut salah satu penelitian di Boston, asupan serat sebanyak 14 gram sehari dapat mengurangi asupan kaloiri harian sampai 10 persen, loh.

8. Cegah Anemia


Cegah Anemia

Buah bit yang identik berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga buah bit ini juga sering dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besi yang cukup tinggi yang terkandung dalam buat bit.

Zat tersebut yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah. Dengan kondisi tersebut, maka buah bit sangat baik dikonsumsi orang yang pengidap anemia.

You can share this post!

Related Posts