IMA Awards 2020: 10 Film Indonesia ini Masuk Nominasi Terfavorit, Wajib Ditonton!
Film
IMA Awards 2020

Indonesian Movie Actors Awards (IMAA) 2020 yang sempat tertunda kembali membuka kesempatan untuk penonton memilih film Indonesia favoritnya. Ada film apa saja?

WowKeren - Indonesian Movie Actors Awards (IMAA) 2020 seharusnya digelar pada 26 Maret lalu. Karena pandemi COVID-19, acara penghargaan bergengsi yang disiarkan di RCTI tersebut harus ditunda. Namun pada 1 Juli lalu, akun Instagram resmi @imaawards kembali membuka vote agar para penonton dapat mendukung film favoritnya.

Vote dapat dilakukan melalui Instagram @officialrcti, Facebook RCTI, dan Facebook dahSyat Musik. Periode vote akan ditutup pada 20 Juli mendatang. Itu artinya, IMA Awards 2020 bakal digelar sebentar lagi mengingat aktivitas masyarakat belakangan mulai normal kembali.


Sebelum memilih, ada baiknya kalian menonton film-film yang dinominasikan terlebih dahulu apabila belum sempat menyaksikannya di bioskop. Terdapat 15 kategori nominasi dalam IMA Awards 2020. Salah satunya Nominasi Film Terfavorit berikut ini.

(wk/nere)

1. 27 Steps of May


27 Steps of May

Film "27 Steps of May" menyajikan akting apik Raihaanun, Lukman Sardi, Ario Bayu, dan Verdi Solaiman. May, diperkosa saat usianya masih 14 tahun hingga menarik diri dari kehidupan karena merasa trauma. Seorang pesulap yang pindah di sebelah rumah membuat May mulai membuka diri.

"27 Steps of May" membawa Raihaanun meraih penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik Piala Citra dan Piala Maya. Sebelum dirilis pada 27 April 2019, "27 Steps of May" sudah tayang lebih dulu di Busan International Film Festival (BIFF) 2018.

2. Bebas


Bebas

Diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul "Sunny", "Bebas" mengisahkan persahabatan 5 perempuan dan 1 laki-laki saat SMA. Lama tak bertemu, mereka kembali berkumpul karena salah satu dari mereka sakit keras. Sehingga film "Bebas" menyajikan dua kejadian, yakni masa lalu dan masa kini.

Film yang rilis pada 3 Oktober 2019 tersebut dibintangi oleh aktor dan aktris ternama. Di antaranya Sheryl Sheinafia, Amanda Rawles, Syifa Hadju, Marsha Timothy, Indy Barends, Widi Be3, dan masih banyak lagi.

3. Bumi Manusia


Bumi Manusia

Iqbaal Ramadhan tampil beda sebagai tokoh Minke dalam film adaptasi novel Pramoedya Ananta Toer, "Bumi Manusia". Minke, pemuda pribumi, jatuh cinta pada gadis Indo Belanda, Annelies (Mawar Eva de Jongh). Namun cinta mereka tak disetujui bapak Minke yang seorang Bupati, karena Annelies adalah putri seorang Nyai yang dahulu dipandang amat rendah.

"Bumi Manusia" mendapat Piala Maya untuk kategori Penyuntingan Gambar dan Tata Kostum Terpilih. Film yang dirilis pada 15 Agustus 2019 tersebut kini sudah dapat disaksikan melalui Netflix.

4. Dilan 1991


Dilan 1991

Masih diperankan Iqbaal Ramadhan, "Dilan 1991" melanjutkan kisah asmara semasa SMA antara Dilan dan Milea (Vanesha Prescilla) di film "Dilan 1990". Milea mesti menghadapi Dilan yang tak mau lepas dari perkelahian geng motor. Di sisi lain, hadir seorang pria bernama Yugo yang merupakan sepupu jauh ayah Milea di antara hubungan mereka.

"Dilan 1991" merupakan film Indonesia terlaris tahun 2019 dengan perolehan 5,2 juta penonton. Sekuel "Dilan 1990" dan "Dilan 1991" diakhiri dengan "Milea: Suara Dari Dilan" yang baru rilis pada 13 Februari 2020 lalu.

5. Dua Garis Biru


Dua Garis Biru

"Dua Garis Biru" juga merupakan film Indonesia terlaris di tahun 2019, dengan perolehan 2,5 juta dan menempati posisi ke-3. Diceritakan Dara (Adhisty Zara) dan Bima (Angga Aldi Yunanda) yang duduk di bangku SMA tengah menjalin hubungan spesial. Namun karena kecerobohan mereka, Dara hamil.

Film yang rilis pada 11 Juli 2019 ini akan menggambarkan sepasang remaja yang harus menerima risiko atas perbuatan mereka. "Dua Garis Biru" sukses menerima banyak penghargaan, salah satunya Film Cerita Panjang/Film Bioskop Terpilih Piala Maya 2020.

6. Imperfect


Imperfect

Film dengan judul lengkap "Imperfect: Karir, Cinta & Timbangan" menghadirkan Jessica Mila dan Reza Rahadian sebagai bintang utama. Dalam film yang rilis pada 19 Desember 2019 ini, Jessica Mila sebagai Rara tampil beda dengan badan gemuk dan kulit hitam.

Penampilan tersebut membuat Rara merasa tidak percaya diri, apalagi jika dibandingkan dengan adik dan kakaknya. Namun, Dika yang merupakan kekasih Rara menerima kekurangan itu. Di sisi lain, Rara dijanjikan naik jabatan di kantornya jika mau mengubah total penampilannya.

7. Kucumbu Tubuh Indahku


Kucumbu Tubuh Indahku

"Kucumbu Tubuh Indahku" mewakili Indonesia di Academy Awards atau Piala Oscar untuk kategori Best International Feature Film. Padahal film yang dibintangi Randy Pangalila tersebut sempat menuai protes di berbagai kota di Indonesia karena dianggap bertema LGBT.

Film yang rilis pada 18 April 2019 ini menceritakan perjalanan hidup penari Lengger bernama Juno. Ia memiliki masa lalu yang suram sehingga hidup berpindah-pindah dari desa ke desa. Namun pengalaman Juno tersebut juga membawanya menemukan keindahan hidup.

8. Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini


Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini

"Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" atau "NKCTHI" menyajikan kisah keluarga Angkasa, Aurora, dan Awan. Meski tampak bahagia, keluarga rupanya juga memiliki rahasia masing-masing. Rahasia itu perlahan terungkap setelah kakak beradik ini berusaha memberontak pada sikap orangtua mereka.

Diperankan Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha, danRachel Amanda, "NKCTHI" ternyata disaksikan lebih dari 2,2 juta penonton. Perolehan tersebut membuat film produksi Visinema Pictures ini masih menempati posisi ke-2 di peringkat film Indonesia terlaris 2020.

9. Perempuan Tanah Jahanam


Perempuan Tanah Jahanam

Pasti kalian menunggu-nunggu film horor yang satu ini ya? Penonton Indonesia bisa dibilang memang cenderung menyukai genre tersebut. Joko Anwar kembali merilis film horor bertajuk "Perempuan Tanah Jahanam" pada 17 Oktober 2019 lalu.

Maya (Tara Basro) diceritakan pulang ke kampung halamannya bersama sang sahabat, Dini (Marissa Anita), untuk mencari harta peninggalan kedua orang tuanya. Namun bukan harta yang menanti mereka di sana, melainkan mara bahaya, bahkan kematian.

10. Susi Susanti - Love All


Susi Susanti - Love All

Siapa yang tak mengenal Susi Susanti? Kisah hidup pebulutangkis yang meraih medali emas pertama pada Olimpiade 1992 tersebut diceritakan lewat film "Susi Susanti - Love All". Laura Basuki dipercaya memerankan sosok Susi Susanti dalam film tersebut.

Susi Susanti mencintai bulutangkis sejak usia 14 tahun. Berkat bimbingan sang ayah, Susi Susanti berkembang menjadi atlet paling dicintai di Indonesia. Susi menggunakan kesempatan tersebut untuk menunjukkan bahwa kepahlawanan tidak hanya diukur dari tingginya kesuksesan seseorang, melainkan juga pengorbanan.

You can share this post!

Related Posts