Terapkan Sekarang, Ini 8 Tips Agar Liburanmu Berlangsung Aman dan Menyenangkan di Era New Normal
Pxhere
Travel

Di samping menerapkan protokol kesehatan COVID-19, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu terapkan saat berlibur di era new normal. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

WowKeren - Sejumlah daerah di Indonesia secara perlahan mulai menerapkan tatanan kenormalan baru atau yang dikenal dengan new normal. Oleh karena itulah sejumlah ruang publik mulai dibuka dan berbagai sektor kembali diizinkan beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Salah satu sektor yang kembali dibuka adalah sejumlah destinasi wisata. Dibukanya kembali berbagai tempat wisata tentu membuat sebagian masyarakat bersuka cita. Karena setelah menghabiskan banyak waktunya di rumah selama beberapa bulan terakhir, kini mereka bisa kembali jalan-jalan atau sekedar refreshing.

Di samping menerapkan protokol kesehatan COVID-19, ada beberapa tips liburan aman yang sebaiknya kamu terapkan juga. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari penularan virus Corona saat sedang traveling. Penasaran sapa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat


Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat

Sebelum memutuskan untuk pergi berlibur, sebaiknya pastikan dulu tubuhmu dalam kondisi fit. Pastikan kamu sedang bugar dan tidak memiliki beberapa gejala flu seperti batuk, pilek maupun demam tinggi. Karena jika sedang sakit, daya tahan tubuh akan melemah sehingga risiko untuk tertular virus akan jauh lebih besar. Situasinya akan lebih buruk jika kamu sedang batuk, karena berisiko menyebarkan virus penyakit pada orang lain.

Bila perlu, usahakan untuk mengikuti rapid test atau swab test secara mandiri. Hasil tes tersebut bisa kamu bawa saat liburan untuk berjaga-jaga bila ada pemeriksaan di sana. Apalagi saat ini ada beberapa destinasi wisata yang mengharuskan pengunjung untuk membawa surat bebas COVID-19.

2. Pilih Destinasi Secara Bijak


Pilih Destinasi Secara Bijak

Selama kasus positif COVID-19 belum menunjukkan penurunan yang berarti, sebaiknya pilih destinasi wisata yang tidak begitu terdampak atau zona hijau. Bila perlu, sebaiknya pilih destinasi wisata yang masih cukup sepi dan jarang dikunjungi turis. Dengan begitu, kamu bisa menghindari kerumunan dan meminimalisir penularan virus asal Wuhan tersebut.

Selain itu, pastikan untuk memahami peraturan new normal di daerah tujuan. Pasalnya peraturan new normal tidak diberlakukan secara serentak untuk seluruh daerah di Indonesia. Jadi sebelum berangkat, kamu harus mengetahui bagaimana aturan serta protokol dalam berwisata di lokasi tujuan.

3. Pilih Staycation atau Solo Traveling


Pilih Staycation atau Solo Traveling

Saat pandemi Corona, staycation bisa menjadi alternatif liburan yang menarik untuk menghindari kerumunan. Staycation bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi mereka yang ingin melepas penat dengan budget nipis. Jika kamu berniat untuk melakukan staycation, sebaiknya terapkan tujuh tips ini agar liburanmu berlangsung dengan menyenangkan.

Selain staycation, kamu juga bisa memilih model liburan solo traveling. Karena selain dapat mengurangi kontak fisik dengan orang lain, jenis liburan ini bisa memberikan pengalaman mengasyikkan untukmu loh. Terutama jika kamu masih muda dan belum menikah, tak ada salahnya untuk mencoba!

4. Beli Tiket Secara Online


Beli Tiket Secara Online

Untuk meminimalisir interaksi dengan banyak orang saat berlibur, usahakan untuk membeli tiket transportasi umum atau booking hotel secara online. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak perlu mengantre saat akan melakukan pemesanan maupun check in.

Saat melakukan pemesanan secara daring, usahakan untuk bertanya pada pihak hotel atau penyedia transportasi umum tentang protokol kesehatan COVID-19 seperti apa yang mereka terapkan. Misalnya apakah mereka melakukan pengecekan suhu badan di pintu masuk, apakah karyawannya telah dibekali dengan masker dan hand sanitizer hingga apakah mereka selalu menyemprotkan cairan disinfektan secara rutin.

5. Selalu Gunakan Masker


Selalu Gunakan Masker

Menggunakan masker adalah hal yang wajib dilakukan saat beraktivitas di luar rumah selama Pandemi Corona, terutama saat kamu mengunjungi berbagai ruang publik ketika berlibur. Cara ini tak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular.

Jika menginginkan perlindungan ekstra, gunakan juga face shield, topi hingga kacamata. Selain itu, usahakan untuk menggunakan pakaian lengan panjang guna menghindari kontak kulit dengan orang lain saat sedang berlibur. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir penyebaran virus Corona dengan lebih baik.

6. Selalu Bawa Hand Sanitizer, Tisu Basah dan Cairan Disinfektan


Selalu Bawa Hand Sanitizer, Tisu Basah dan Cairan Disinfektan
dishub.surabaya.go.id

Selain menggunakan masker, ada beberapa barang yang harus selalu kamu bawa saat beraktivitas di luar rumah. Pertama adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda. Hand sanitizer bahkan diklaim dapat membunuh kuman hingga 99,9 persen.

Selain itu, usahakan untuk selalu membawa tisu basah, tisu kering, sabun cair dan cairan disinfektan. Jika kamu menemukan sumber air di tempat umum, kamu bisa langsung mencuci tanganmu selama 20 detik dengan air dan sabun yang kamu bawa. Selain itu, cairan disinfektan yang kamu bawa juga dapat digunakan untuk membersihkan barang yang sering kamu sentuh saat berlibur.

7. Disiplin Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan


Disiplin Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan

Physical distancing merupakan salah satu cara penting yang harus dilakukan masyarakat untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Oleh sebab itu tips berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter saat berlibur.

Usahakan untuk memilih jalur yang sepi saat sedang jalan-jalan di destinasi wisata. Hindari restoran atau toko yang sedang dipenuhi oleh banyak pengunjung untuk meminimalisir interaksi dengan orang lain. Selain itu, pastikan untuk selalu mengantre dengan disiplin dan jangan menyentuh sembarang benda saat berada tempat di umum.

8. Gunakan Transaksi Non Tunai


Gunakan Transaksi Non Tunai

Badan Kesehatan Dunia atau WHO sempat mengungkapkan bahwa uang kertas bisa menjadi perantara virus Corona. Sebab kita tidak tahu siapa saja yang telah menyentuhnya dan partikel apa saja yang telah menempel di permukaannya.

Oleh karena itu sebaiknya kurangi penggunaan uang tunai dan ganti dengan uang digital. Bawa selalu kartu ATM, kartu kredit maupun dompet online untuk melakukan transaksi non-tunai selama berlibur. Namun jika kamu terpaksa menggunakan uang tunai, jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan dengan sebaik mungkin ya.

Demikian delapan tips aman berlibur di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menginap di hotel saat new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menggunakan transportasi umum agar terhindar dari penularan virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait