Lee Soo Man Disebut Jenius Usai Keterlibatannya di Lagu-Lagu Artis SM Ini Terungkap
Musik

Berbagai keterlibatan Lee Soo Man dalam karya artis-artis SM Entertainment ini pun menjadi perhatian para netizen di situs Pann. Mereka beramai-ramai memberikan pujian untuknya.

WowKeren - Beberapa title track dari penyanyi dan grup-grup yang bernaung di bawah SM Entertainment rupanya adalah hasil dari pengaruh Lee Soo Man, pendiri agensi tersebut. Ia membuktikan kalau dirinya punya visi tersendiri lewat keterlibatannya dalam karya artis-artisnya.

Lagu "Sherlock" milik SHINee adalah hasil dari Lee Soo Man yang menggabungkan "Clue" dan "Note" dan dua lagu tersebut juga masuk dalam album yang sama sebagai track b-side. Lee Soo Man juga banyak terlibat dalam proses pembuatan "Red Flavor" milik Red Velvet mulai dari aransemen melodi, lirik, koreografi sampai kostum.

Semula, "EXODUS" dipilih sebagai title track dari album kedua EXO yang berjudul sama, namun Lee Soo Man meminta agar title track diganti menjadi "Call Me Baby". "Growl" juga awalnya dimaksudkan menjadi title track album pertama "XOXO" dengan "Wolf" sebagai title track album repackage, namun Lee Soo Man meminta agar urutannya ditukar.

Keseluruhan lagu "Pinocchio" milik f(x) juga mengalami perubahan atas permintaan Lee Soo Man karena baginya, karya f(x) harus spesial. "Only One" dipilih sebagai title track album ketujuh BoA atas permintaan Lee Soo Man di mana lagu itu ditulis sendiri oleh BoA.

Berbeda dari lainnya, Lee Soo Man mengijinkan Taemin memilih "Move" sebagai title track meski ia menyarankan lagu lain yang berjudul "Love". Pria tersebut berkata bahwa Taemin seharusnya boleh melakukan apa pun yang dia inginkan.

Berbagai keterlibatan Lee Soo Man dalam karya artis-artis SM Entertainment ini pun menjadi perhatian para netizen di situs komunitas online Pann. Mereka beramai-ramai memberikan pujian untuknya.


"Aku bukan SM stan, tapi aku ingat Lee Soo Man mengatakan, 'Mari kita awasi NCT dalam 4 tahun'. Dan NCT benar-benar mulai mendapatkan pengakuan pada tahun ke-4 setelah debut mereka. Ini sangat menarik, mereka telah mendapatkan banyak perhatian belakangan ini, bukankah begitu?"

"Aku pikir dia sang jenius dalam industri ini, dia memiliki sepasang mata yang bagus. Fakta bahwa dia mengubah seluruh konsep dan lagu 'Pinocchio' membuatku merinding. Aku yakin itu bukan keputusan yang mudah baginya. Dia menambahkan sedikit keberanian dalam lagu itu dan meramalkan reaksi yang akan didapatnya. Dia luar biasa."

"SM Ent. adalah agensi yang memulai setiap generasi di industri ini. Mereka punya H.O.T di generasi pertama, TXVQ di generasi kedua, dan EXO di generasi ketiga."

"Dia masih punya sepasang mata yang bagus pada usia itu, dia juga masih menghasilkan musik yang hebat. Ini membuatku sadar betapa menakjubkannya Lee Soo Man. Terutama 'EXODUS', aku masih merinding setiap kali aku memikirkan hal itu."

"Itu adalah keputusan besar yang dibuatnya untuk mengubah urutan rilis 'Wolf' and 'Growl'."

"Ya, Lee Soo Man tidak seburuk yang kalian kira... Dia yang memulai industri idol, dia masih memimpinnya bahkan sampai detik ini. SM Ent. selalu menghasilkan lagu-lagu unik, seolah-olah mereka dapat melihat tren di masa depan. Banyak orang tidak mengerti sistem NCT pada awalnya, tapi sekarang NCT telah menjadi salah satu boy grup paling populer."

"Aku sudah merinding sejak paragraf pertama... Bagaimana dia bisa memikirkan menggabungkan 'Clue' dan 'Note' bersama-sama... Aku harus mengakui bahwa dia memang luar biasa."

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait