Stafsus Erick Thohir Ajukan Diri Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Corona, Ini Alasannya
Nasional
Vaksin COVID-19

Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga, akan segera mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin corona produksi Sinovac dalam waktu dekat.

WowKeren - Uji klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi perusahaan farmasi Tiongkok, Sinovac, akan dilakukan oleh PT Bio Farma. Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga akan menggandeng Universitas Padjajaran (Unpad) dalam uji klinis tahap III ini.

Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, lantas mengajukan diri untuk menjadi relawan uji klinis tahap III vaksin corona ini. Menurut Arya, dirinya akan segera mendaftarkan diri dalam waktu dekat.


"Berdasarkan hal ini, saya Arya Sinulingga sudah akan mendaftar sebagai relawan ke Bio Farma," terang juru bicara Kementerian yang dipimpin Erick Thohir ini pada Selasa (28/7). "Saya kemarin sudah kirimkan KTP saya dan dalam waktu dekat saya melakukan pendaftaran."

Lebih lanjut, Arya memastikan bahwa dirinya telah memenuhi kriteria yang ditentukan untuk dapat menjadi relawan uji klinis. Beberapa syarat di antaranya adalah tidak memiliki riwayat penyakit dan terinfeksi virus corona, serta tidak sedang mengikuti uji klinis lain.

Arya mendaftarkan diri sebagai relawan dengan harapan dapat membantu mempercepat penemuan vaksin corona. Selain itu, ia juga turut mengajak masyarakat untuk menjadi relawan dalam uji klinis vaksin corona ini.

"Ini dilakukan supaya apa yang menjadi sebuah tantangan kita, bagaimana vaksin ini bisa dijadikan vaksin untuk menghadapi corona," kata Arya. "Saya juga mengajak masyarakat lainnya untuk bersama- sama menjadi relawan."

Jika resmi terdaftar sebagai relawan, Arya nantinya akan menerima dua dosis vaksin usai menjalani tes kesehatan dan diambil sampel darahnya. Adapun penelitian ini akan berjalan dalam rentang waktu empat kali kunjungan. Setiap kunjungan akan dilakukan setelah 14 hari.

Sebagai informasi, uji klinis tahap III vaksin COVID-19 di Indonesia akan membutuhkan setidaknya 1.652 relawan. Adapun uji klinis sedianya akan mulai digelar mulai Agustus 2002 mendatang.

Untuk menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19 ini, ada 12 syarat yang harus dipenuhi. Persyaratan itu telah dibagikan lewat selebaran yang ditujukan bagi siapapun yang berkenan menjadi relawan uji klinis.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts