PSBB Transisi Jakarta Berakhir Hari Ini, Begini Saran Epidemiolog
Instagram/dishubdkijakarta
Nasional

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan terlebih dahulu mengevaluasi apakah akan memperpanjang PSBB transisi atau justru kembali ke PSBB

WowKeren - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi DKI Jakarta sedianya akan berakhir pada hari ini, Kamis (30/7). Kendati demikian, belum ada keputusan apakah PSBB akan diperpanjang atau berlanjut ke fase II.

Pakar epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan menyarankan agar PSBB transisi di ibu kota diperpanjang. Bukan tanpa alasan, kondisi penyebaran virus corona di Jakarta saat ini masih tinggi bahkan cenderung memburuk.

"Tim kami memberikan masukan ke Pemda DKI Jakarta setiap hari Senin. Pada analisis Senin lalu, kondisi epidemi COVID-19 di Jakarta belum membaik bahkan cenderung memburuk," kata Iwan, Rabu (29/7). "Jadi, kami menyarankan PSBB transisi diperpanjang, tidak ada tambahan pelonggaran kegiatan."

Iwan pun memberikan catatan khusus jika PSBB transisi fase I memang diperpanjang nantinya. Ia meminta agar pemerintah lebih sistematis dalam memantau penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat. Misalnya dengan melibatkan Ketua RT/RW.


"Protokol kesehatan harus lebih dipantau dengan sistematis, seperti menggunakan indikator yang jelas dengan pemantau yang jelas juga (relawan, RT/RW)," ujarnya melanjutkan. "Tes lacak, isolasi harus diperbanyak."

Sebab, tempat-tempat maupun fasilitas umum sangat rawan menjadi lokasi penularan virus corona. Sehingga jika penerapan protokol kesehatan tidak dilakukan secara ketat maka sudah barang tentu penularan akan terus terjadi.

"Di mana ada orang berkumpul, risiko penularan masih tinggi," tegasnya. "Jadi, kalau protokol kesehatan tidak dipatuhi, penularan akan terjadi."

Oleh sebab itu, perlu dilakukan pemantauan untuk memastikan agar masyarakat benar-benar menerapkan protokol pencegahan COVID-19. "Iya dan perlu ada pemantauan di kantor-kantor dan tempat-tempat umum, termasuk tempat ibadah," sambungnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan akan terlebih dahulu mengevaluasi apakah akan memperpanjang PSBB transisi atau justru kembali ke PSBB. "Kalau masih seperti ini, kemungkinan kita akan memperpanjang masa transisi. Tapi, kalau semakin buruk, tidak mustahil kembali ke PSBB," ucapnya, Selasa (28/7).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait