Mudahkan Belajar di Rumah Saat Pandemi, 7 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Pecahkan Soal Matematika
Rawpixel
Tekno

Matematika menjadi salah satu pelajaran yang paling sulit untuk dipecahkan, terlebih ketika harus belajar di rumah tanpa bantuan guru. Tapi tenang, karena beberapa aplikasi berikut ini bisa membantumu mempelajari Matematika dengan mudah.

WowKeren - Matematika menjadi salah satu pelajaran yang paling sulit untuk dipecahkan karena memerlukan pemikiran yang logis dan sistematis. Karena itulah pelajaran yang berkaitan dengan angka ini kerap menjadi momok menakutkan untuk sebagian siswa. Apa kamu juga menganggap sulit pelajaran satu ini?

Jika iya, sebaiknya tak perlu khawatir berlebihan karena ada banyak cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari Matematika. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi belajar Matematika yang bisa kamu akses dengan mudah di smartphone.

Berbagai aplikasi tersebut dirancang khusus untuk untuk berbagai kalangan, mulai dari siswa SD, SMP, SMA hingga masyarakat umum. Terlebih di tengah pandemi Corona seperti saat ini di mana kita tak bisa bertemu dengan guru secara langsung, sehingga berbagai aplikasi tersebut akan sangat membantu kita dalam belajar. Penasaran aplikasi apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel WowKeren berikut ini.

(wk/eval)

1. Photomath


Photomath

Aplikasi pertama yang bisa memudahkanmu belajar Matematika adalah Photomath. Aplikasi ini terbukti sangat populer karena telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna Android. Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan memindai teks cetak dan soal Matematika tulisan tangan dengan kamera ponsel. Setelah itu Photomath akan merinci setiap soal ke dalam beberapa langkah yang mudah dipahami.

Fitur utama dari aplikasi ini adalah adanya berbagai metode penyelesaian. Aplikasi yang didukung oleh lebih dari 30 bahasa ini juga menyediakan kalkulator ilmiah serta berbagai topik Matematika dasar seperti aritmatika, kuadrat, bilangan bulat dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu akan lebih paham saat belajar Matematika.

2. Qanda: Pecahkan Soal Matematika dalam 5 Detik


Qanda: Pecahkan Soal Matematika dalam 5 Detik

Bagi kamu yang ingin memecahkan soal Matematika dengan mudah dan cepat, sebaiknya download aplikasi satu ini. Sesuai dengan namanya, kamu bisa mendapatkan jawaban hanya dalam waktu 5 detik hanya dengan mengambil foto soal. Selain itu kamu juga bisa mempelajari rumus Matematika dengan mudah langkah demi langkah hanya dengan memindai foto.

Bila memerlukan pembahasan lengkap, kamu bisa bertanya langsung pada guru yang terhubung dengan aplikasi ini dan menunggu selama beberapa menit untuk mendapatkan jawabannya. Karena itulah tak heran jika aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android.

3. Math Expert


Math Expert

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk belajar Matematika adalah Math Expert. Aplikasi ini berfokus pada pemecahan soal perhitungan, baik Matematika maupun Fisika. Karena sudah dilengkapi dengan database, aplikasi ini dapat menyelesaikan berbagai macam soal rumit dengan cara yang sangat mudah.

Yang perlu kamu lakukan hanya memasukkan angka-angka ke dalam kolom yang telah disediakan lalu klik tombol calculate, maka jawabanmu akan muncul secara otomatis. Meski dapat membantumu belajar menghitung, sayangnya masalah penjabaran yang diberikan oleh aplikasi ini kurang lengkap.

4. yHomework – Math Solver


yHomework – Math Solver

Belajar Matematika juga akan menjadi lebih mudah dengan aplikasi yang bernama yHomework – Math Solver. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna Android ini menyediakan berbagai macam pemecahan masalah dan dapat digunakan untuk berlatih soal Matematika yang rumit.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Misalnya jika kamu kesulitan untuk menjawab pertanyaan 3x + 5 = 8, kamu cukup mengetikkan soalnya saja lalu aplikasi ini akan langsung memberikan pemecahan masalahnya. Solutif banget nih!

5. Mathematics


Mathematics

Aplikasi yang telah diunduh oleh 5 juta pengguna Android ini sangat cocok untuk kamu yang kesulitan belajar Matematika. Melalui aplikasi ini kamu akan diajari oleh para tutor berpengalaman yang bisa sangat membantu selama belajar di rumah. Dengan aplikasi ini juga, kamu akan mampu menyelesaikan soal perhitungan secara cepat dengan rumus yang mudah dipahami.

Dengan desain layaknya kalkulator, kamu cukup memasukkan soal Matematika dan aplikasi ini akan menampilkan jawaban secara otomatis. Meskipun tidak menyediakan Bahasa Indonesia, aplikasi ini menyediakan berbagai bahasa lain seperti bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Italia, dan juga Portugis. Dengan begitu, kamu sekaligus dapat mengasah kemampunmu dalam berbahasa asing.

6. MalMath: Step by Step Solver


MalMath: Step by Step Solver

Jika kamu adalah seorang pelajar SMA yang sedang kesulitan mengerjakan soal Matematika, sebaiknya gunakan aplikasi satu ini. Aplikasi ini akan menjelaskan berbagai materi yang berkaitan dengan Matematika seperti Integral, Logaritma, Trigonometri hingga Algebra.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, sebab kamu hanya perlu mengetik soal lalu menyelesaikannya langkah demi langkah dan jawaban akan muncul secara otomatis. Dengan begitu, kamu bisa belajar Matematika dengan lebih mudah dan praktis. Kegiatan belajar di rumah selama pandemi juga akan lebih menyenangkan!

7. Mathway


Mathway

Aplikasi Mathway yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android ini juga cukup menarik. Aplikasi ini tidak hanya sekedar memberi jawaban, namun juga memberikan langkah-langkah yang lengkap dan jelas agar kamu bisa memahaminya dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan metode belajar yang menarik untuk materi seperti aljabar, kalkulus dan masih banyak lagi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis, sebab kamu hanya perlu mengimpor foto soal dari galeri lalu aplikasi ini akan memberi jawaban lengkap beserta dengan cara penyelesaiannya. Dengan berbagai kemudahan tersebut, belajar Matematika pastinya akan lebih mudah!

Demikian tujuh aplikasi yang bisa membantumu belajar Matematika saat sekolah di rumah selama pandemi Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi yang cocok buat kamu yang hobi menulis. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui rekomendasi situs belajar bahasa Inggris yang bisa kamu manfaatkan secara gratis.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait