Sri Mulyani Akui Internet Masih Jadi Hal Mewah Bagi Sebagian Penduduk
Instagram/smindrawati
Nasional

Selain terbatasnya infrastruktur, rupanya tidak semua penduduk memiliki ponsel pintar atau smartphone untuk mengakses internet. Bahkan, banyak masyarakat yang belum melek digital

WowKeren - Akses internet rupanya masih belum bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini berkaitan dengan masih kurangnya infrastruktur di pelosok negeri.

Menteri Keuangan Sri Mulyani bahkan menyebut jika internet bagi sebagian penduduk masih menjadi hal yang mewah. Padahal di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, akses internet menjadi kebutuhan penting yang harus dipenuhi.

Hal ini mengingat banyaknya kegiatan atau aktivitas yang harus dilakukan dari jarak jauh. "Akses internet masih menjadi kemewahan bagi sebagian orang atau beberapa wilayah," ungkap Sri Mulyani saat menjadi pembicara di Simposium Pembangunan Asia Tenggara (SEADS) 2020, Rabu (21/10).

Selain terbatasnya infrastruktur ini, rupanya tidak semua penduduk memiliki ponsel pintar atau smartphone untuk mengakses internet. Bahkan, menurutnya, banyak masyarakat yang belum melek digital sehingga rentan mengalami kerugian dalam pendidikan selama pandemi COVID-19.


Pemerintah pun telah melakukan upaya untuk mengatasi kesenjangan akses internet ini. salah satunya dengan membangun jaringan Palapa Ring hingga Satelit Satria. Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan dukungan bagi UMKM dalam transformasi digital.

"Kami juga menyediakan internet gratis untuk para siswa, guru, dan pendidikan tinggi, kami menjadi tulang punggung selama pandemi COVID-19," ujar menteri yang akrab disapa Ani tersebut. "Kami juga memberi dukungan bagi UMKM dalam transisi dan transformasi digital untuk beradaptasi dengan bisnis model baru."

Dalam rangka pengembangan akses internet dan struktur jaringan ini sendiri, pemerintah memiliki keterbatasan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika juga sudah meluncurkan program T-Corn untuk menjaring 1.000 perusahaan rintisan. Sehingga dengan ini diharapkan start up bisa membantu mengembangkan ekosistem jaringan dan internet di dalam negeri, khususnya ke wilayah yang belum terjangkau.

"Sebagai menteri keuangan, saya juga memastikan belanja pemerintah daerah dialokasikan untuk internet," lanjut Sri Mulyani. "Ini semua untuk memastikan bahwa masyarakat mendapat akses dan infrastruktur tersedia."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts