Gaon Chart Music Awards 2021 Diumumkan Bakal Digelar Tanpa Performance Apapun Karena COVID-19
Musik
Dampak Virus Corona di K-Pop

Gaon Chart Music Awards menjadi salah satu ajang pengghargaan yang terdampak. Baru-baru ini diumumkan bahwa Gaon Chart Music Awards 2021 tidak akan mengadakan aksi panggung apa pun guna mencegah penyebaran virus Corona.

WowKeren - Pandemi COVID-19 masih melanda beberapa negara di dunia salah satunya Korea Selatan. Hal ini tentu mempengaruhi banyak kegiatan musik di Korea. Apalagi, akhir dan awal tahun dikenal sebagai salah satu momen sibuk karena terdapat banyak ajang penghargaan dan festival musik tahunan.

Gaon Chart Music Awards menjadi salah satu ajang pengghargaan yang terdampak. Baru-baru ini diumumkan bahwa Gaon Chart Music Awards 2021 tidak akan mengadakan aksi panggung apa pun guna mencegah penyebaran virus Corona meluas lebih jauh.

Selain itu, karena meningkatnya kekhawatiran dan kritik COVID-19 bahwa penghargaan acara musik tidak mengikuti aturan jarak sosial, acara penghargaan memutuskan bahwa mereka tidak akan memiliki panggung apa pun. Sebagai gantinya, MC Leeteuk Super Junior dan Lia ITZY akan mengumumkan pemenang dari studio.

Penggemar harus menonton pertunjukan untuk melihat siapa yang memenangkan setiap penghargaan. Ajang penghargaan ini sendiri akan digelar pada 13 Januari mendatang pada 7 PM KST. Ini adalah pertama kalinya, Gaon menggelar ajang penghargaan tanpa adanya performance.


Tahun lalu, Gaon Chart Music Awards digelar pada 8 Januari lalu di Jamsil Indoor Stadium. Asosiasi Konten Musik Korea mengumumkan lineup Gaon Music Awards ke-9 yang diisi oleh sejumlah penyanyi papan atas. Tae Yeon Girls' Generation, Kim Chung Ha serta Hwasa Mamamoo telah dikonfirmasi akan hadir dalam ajang penghargaan ini.

Selain tiga solois tersebut, beberapa grup yang juga akan hadir adalah (G)I-DLE, ITZY, NCT Dream, Monsta X, N.Flying dan Stray Kids. Selain mereka, akan hadir pula Ben, Bolbbalgan4, Kassy, Jang Hye Jin dan Yoon Min Soo (Vibe).

Gaon Chart Music Awards juga dikenal sebagai Gaon Chart K-Pop Awards, adalah acara penghargaan musik utama yang diadakan setiap tahun di Korea Selatan oleh chart rekaman musik nasional Gaon Music Chart. Sejak 2017, upacara tersebut telah disiarkan langsung ke seluruh dunia melalui Mnet dan V Live.

Penghargaan ini lebih fokus pada lagu dan album daripada musisi. Para finalis yang akan mendapatkan penghargaan ini didasarkan pada tangga lagu Gaon pada tahun sebelumnya, berdasarkan data penjualan lagu dan album. Berbeda dari banyak penghargaan lainnya di korea, GCMA tidak memberikan penghargaan tertinggi (Daesang) dan sistem penghargaan berdasarkan bulan rilis yang tidak dimiliki oleh penghargaan lain.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts