Waspada Hingga Cari Rute Ramai, 7 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Hindari Kejahatan di Jalan
pxhere.com
SerbaSerbi

Kejahatan terkadang bukan muncul murni dari niat pelakunya, tapi bisa timbul dari adanya kesempatan di depan mata. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk tetap waspada.

WowKeren - Aksi kejahatan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Terutama akhir-akhir ini, banyak sekali aksi kejahatan di jalanan atau begal.

Jika peristiwa ini terjadi di jalan yang banyak pengendara tentu akan mudah untuk berteriak minta tolong. Namun sayangnya, para pelaku aksi kejahatan akan lebih memilih tempat yang sepi untuk melancarkan aksinya.

Oleh sebab itu kamu perlu waspada karena jika kejahatan sudah terjadi dan tidak ada orang yang bisa dimintai pertolongan tentu akan sangat menyusahkan, bukan? Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari aksi kejahatan di jalan.

(wk/zodi)

1. Hindari Jalanan Sepi


Hindari Jalanan Sepi
pxhere.com

Sebisa mungkin kamu harus menghindari jalan yang sepi. Meskipun jalanan sepi adalah satu-satunya jalan agar kamu bisa sampai dengan cepat, ingatlah jika keselamatan nyawa jauh lebih penting. Akan jauh lebih baik jika kamu mengambil rute memutar atau lebih jauh demi keselamatan diri sendiri.

Sebab jika kondisi jalanan sepi maka akan mendukung pelaku aksi kejahatan untuk melancarkan aksi mereka secara lebih leluasa. Kamu juga tidak akan mudah untuk minta tolong saat membutuhkan pertolongan.

2. Sebisa Mungkin Tak Pergi Sendirian


Sebisa Mungkin Tak Pergi Sendirian
pxhere.com

Ada baiknya kamu mengajak teman atau saudara untuk menemani perjalananmu, terutama jika kamu pergi ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Sebab pada dasarnya, orang yang sendirian berisiko lebih besar menjadi korban aksi kejahatan.

Apalagi jika kamu seorang wanita maka akan sangat berisiko untuk pergi ke tempat baru seorang diri. Selain itu dengan mengajak seorang teman akan menjadikan perjalananmu akan membosankan, bukan?

3. Ingat, Barang Berharga Bisa Memancing Niat Jahat Seseorang


Ingat, Barang Berharga Bisa Memancing Niat Jahat Seseorang
pxhere.com

Kejahatan terkadang bukan muncul murni dari niat pelakunya, tapi bisa timbul dari adanya kesempatan di depan mata. Sebaiknya berhati-hatilah ketika menggunakan barang berharga kamu saat berada di jalan maupun angkutan umum, seperti ponsel ataupun dompet.

Begitu juga dengan perhiasan. Sebisa mungkin tidak memakai perhiasan saat pergi keluar rumah. Hal ini selain untuk melindungi harta berhargamu juga demi keselamatan nyawa. Terlebih lagi saat ini kondisi ekonomi sedang sulit sehingga bukan tidak mungkin hal ini akan memicu tindak kejahatan seseorang begitu ada kesempatan.

4. Waspada Jika Ada Orang Asing Mendekat


Waspada Jika Ada Orang Asing Mendekat
pxhere.com

Memang tidak semua orang asing adalah pelaku kejahatan namun kamu harus tetap waspada. Di mana pun kamu berada, sebaiknya berhati-hati jika ada orang asing yang mendekati. Sebab, bisa jadi pelaku aksi kejahatan akan berusaha mengalihkan perhatian calon korbannya dengan mengajaknya berbicara secara terus-menerus.

Seperti aksi gendam yang akan menyerang alam bawah sadar korbannya sebelum akhirnya menguras harta benda mereka. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu membatasi diri dalam berinteraksi dengan orang asing saat berada di jalan demi keselamatan.

5. Pakai Tasmu dengan Cara yang Benar


Pakai Tasmu dengan Cara yang Benar
pxhere.com

Saat akan bepergian, ada baiknya kamu memperhatikan tas seperti apa yang akan kamu bawa. Hindari memakai tas transparan karena ini sama saja dengan memancing niat jahat seseorang.

Lebih baik gunakan tas yang berbahan tebal. Selain itu, jika yang kamu gunakan adalah tas ransel, ada baiknya kamu membawanya di bagian depan tubuhmu. Ini akan membuatmu lebih mudah mengawasi kondisi tasmu. Sebisa mungkin hindari tas selempang atau tas jinjing karena akan memudahkan penjambret melancarkan aksinya.

6. Kalau Perlu Bawa Semprotan Merica


Kalau Perlu Bawa Semprotan Merica
pxhere.com

Sedia payung sebelum hujan, kamu mungkin perlu membawa alat pelindung diri untuk keselamatan. Tak perlu senjata tajam, kamu bisa mengambil dari dapur alat semprotan merica.

Meski terlihat remeh, tapi benda yang satu ini setidaknya bisa memberimu sejenak waktu untuk melarikan diri saat sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu, kamu juga bisa membawa stun gun atau payung.

7. Tak Ada Salahnya Ikut Latihan Bela Diri


Tak Ada Salahnya Ikut Latihan Bela Diri
pixabay.com

Cara berikutnya yang tak kalah ampuh adalah dengan mempelajari teknik bela diri. Tidak ada salahnya kamu mengikuti kursus ini jika ada kesempatan. Sebab, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya sehingga bagaimanapun juga langkah antisipasi jauh lebih baik daripada tanpa persiapan sama sekali.

Namun, perlu dicatat jika meskipun kamu memiliki ilmu bela diri, jangan sesumbar dan terlalu percaya diri. Kamu harus tetap meningkatkan kewaspadaan saat bepergian dan membawa alat pelindung untuk berjaga-jaga.

Tidak ada orang yang ingin menjadi korban kejahatan namun kejahatan dapat menimpa siapa saja. Dalam beberapa kasus tertentu, aksi kejahatan di jalan tak hanya menyesar benda berharga yang dibawa oleh korban.

Dalam keadaan terpaksa, bukan tidak mungkin pelaku aksi kejahatan juga akan menghabisi nyawa korban. Oleh sebab itu, melakukan antisipasi semaksimal mungkin adalah cara yang terbaik untuk menghindarkan diri dari kejahatan.

You can share this post!

Related Posts