Jangan Hanya Sekadar Wacana, Pastikan Resolusi Tahun Baru Tercapai dengan 7 Langkah Ini
SerbaSerbi

Membuat resolusi awal tahun tidak bisa dilakukan secara sembarangan, selain itu juga diperlukan perencanaan yang matang hingga teknik untuk bisa mencapainya.

WowKeren - Tahun baru semangat baru. Pergantian tahun adalah kesempatan yang sangat baik untuk melakukan perubahan pada diri sendiri agar menjadi lebih baik. Untuk alasan inilah tak sedikit orang yang memilih untuk membuat resolusi tahun baru.

Resolusi tahun baru diharapkan bisa memperjelas target apa yang ingin dicapai pada tahun yang akan berjalan. Namun demikian, tak sedikit pula orang yang gagal mencapai resolusi tahun baru yang mereka buat sendiri bahkan tak jarang resolusi hanya tinggal wacana.

Tentu saja, membuat resolusi juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Diperlukan perencanaan yang matang hingga teknik untuk meraihnya. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan hal berikut agar resolusi tahun baru bisa tercapai.

(wk/zodi)

1. Pasang Target yang Realistis


Pasang Target yang Realistis

Salah satu penyebab gagalnya seseorang dalam mencapai resolusi tahun baru mereka adalah target yang dibuat sendiri. Memasang target yang terlalu tinggi tak hanya akan membuatnya sulit dicapai, namun juga bisa membuatmu kehilangan motivasi untuk merealisasikannya.

Oleh sebab itu, buatlah target yang realistis. Realistis maksudnya di sini adalah sesuai dengan kemampuan. Ini jauh lebih baik dan memungkinkan untuk dicapai. Memasang target realistis yang bisa dicapai jauh lebih baik daripada memasang target besar namun hanya mandek sebatas wacana, bukan?

2. Tetap Fokus pada Satu Hal


Tetap Fokus pada Satu Hal

Ada banyak hal di luar sana yang siap mengalihkan perhatianmu dari track yang sudah kamu bangun untuk mencapai resolusi. Jangan biarkan itu semua mengganggu fokusmu. Sebab sekali saja kamu keluar dari jalur maka itu akan membuatmu susah untuk kembali.

Jika memang kamu memiliki sejumlah persoalan maka selesaikanlah satu-persatu. Jangan diselesaikan semuanya sekaligus karena justru akan mengurangi performamu. Lebih baik selesaikan secara fokus dan bertahap. Saat membuat resolusi, ada baiknya kamu membagi resolusi menjadi beberapa fokus agar lebih mudah dicapai.

3. Buat Teknik Perencanaan Sedetail Mungkin


Buat Teknik Perencanaan Sedetail Mungkin

Tak hanya memasang target yang realistis, kamu juga perlu menyiapkan teknik pelaksanaan. Semakin detail kamu membuatnya maka akan semakin baik. Teknik perencanaan yang detail akan memudahkanmu dalam melihat arah apa yang seharusnya dilakukan untuk mencapai resolusi tersebut.

Untuk tahap ini memang membutuhkan kesabaran yang tinggi. Selain itu, perencanaan yang detail akan membantumu tetap fokus dan keep on track. Ingat, sebatas target dan keinginan saja tak akan cukup untuk membuatmu mencapai impian. Kamu perlu langkah yang nyata.

4. Jangan Mudah Menyerah Saat Gagal


Jangan Mudah Menyerah Saat Gagal

Kegagalan adalah hal yang lumrah jadi jangan langsung putus asa saat kamu tidak berhasil mencapai tujuanmu. Ingat, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Anggap saja kegagalan adalah proses kamu menuju pencapaian resolusi tersebut.

Kegagalan demi kegagalan akan membuatmu belajar dari kesalahan dan pada akhirnya kamu akan menjadi lebih kuat. Memang tidak mudah menyikapi kegagalan, tetapi yakinlah jika hasil yang kamu dapatkan tidak akan menghianati usaha yang sudah kamu lakukan selama ini.

5. Siapkan Langkah Antisipasi


Siapkan Langkah Antisipasi

Meski kegagalan adalah hal yang lumrah, kamu tetap harus membuat langkah antisipasi. Sejak awal membuat daftar resolusi, kamu juga perlu mempertimbangkan potensi hambatan yang mungkin akan menghadang di kemudian hari.

Suatu contoh jika kamu ingin mengurangi kecanduan terhadap merokok. Kamu butuh perjuangan lebih untuk bisa bergulat dengan rasa candu tersebut. Kamu bisa mengantisipasinya dengan menyiapkan permen atau camilan jika mulai merasa ingin merokok. Memang akan sulit saat pertama mencoba namun seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa.

6. Ingat, Orang Terdekat Bisa Jadi Sumber Semangatmu


Ingat, Orang Terdekat Bisa Jadi Sumber Semangatmu

Tak ada salahnya kamu membagikan resolusimu dengan teman terdekat maupun sanak keluarga. Ini akan membantumu tetap berada di jalur yang tepat. Misalnya ketika kamu mulai lupa dengan resolusimu, maka orang-orang tercinta ini akan mengingatkanmu.

Kamu juga bisa melakukan sebaliknya, mendukung rekan kerja lainnya untuk mencapai resolusi mereka. Saling mendukung dan mengingatkan akan memberikan semangat dan motivasi baru.

7. Jangan Tunggu Hari Esok


Jangan Tunggu Hari Esok

Apa yang bisa kamu lalukan sekarang, lakukan saat itu juga. Jangan tunggu hingga hari berganti. Saat membuat resolusi akan lebih baik jika kamu membuat target secara bertahap.

Jika kamu sudah berhasil menyelesaikan satu target sebelum tenggat waktu yang ditentukan, maka kamu tak perlu menunggu hari esok untuk move on ke target berikutnya. Semakin cepat kamu menyelesaikan target maka akan semakin cepat kamu mencapai resolusimu, bukan?

Agar tidak stres saat berusaha memenuhi target resolusi tahunanmu, tak ada salahnya kamu mengapresiasi diri sendiri dengan memberikan reward tertentu. Selain berdampak pada psikologis, memanjakan diri sendiri akan membuatmu lebih semangat menyambut tantangan hari esok.

You can share this post!

Related Posts