Ada BTS, SHINee Hingga IU, Deretan Musisi K-Pop Ini Dapatkan Sertifikasi Platinum Dari Gaon
Musik

Gaon Chart Sekarang Mengesahkan Album Platinum Setelah Mencapai 250.000 Penjualan. Sementara Album Yang Telah Terjual Satu Juta Unit Atau Lebih Menerima Sertifikasi 'Million'.

WowKeren - Gaon Chart telah mengumumkan kumpulan sertifikasi resminya yang terbaru. Pada tahun 2018, Asosiasi Industri Konten Musik Korea menerapkan sistem sertifikasi baru untuk penjualan album, unduhan lagu, dan streaming online.

Dimulai dengan musik yang dirilis pada atau setelah 1 Januari 2018, Gaon Chart sekarang mengesahkan album platinum setelah mencapai 250.000 penjualan. Sementara album yang telah terjual satu juta unit atau lebih menerima sertifikasi “million”.

Pada kemarin, Kamis (8/4), diumumkan bahwa TWICE "Eyes wide open" dan "minisode1: Blue Hour" milik TXT telah disertifikasi double platinum. Hal ini karena album mereka telah melebihi 500.000 penjualan. Sementara itu, album "Don Don't Call Me" dari SHINee telah disertifikasi platinum karena melampaui 250.000.

Sebuah lagu juga menerima sertifikasi platinum untuk unduhan saat mencapai 2,5 juta unduhan. "Gotta Go" dari Kim Chung Ha, "Four Seasons" Tae Yeon, dan "Boy With Luv" dari BTS (Bangtan Boys) kini telah disertifikasi platinum.


Sertifikasi platinum untuk streaming dicapai ketika sebuah lagu melampaui 100 juta streaming. Lagu "To You My Light" dari Maktub dan AKMU (Akdong Musician) "How can I love the heartbreak, you're the one I love" telah menerima sertifikasi double platinum untuk masing-masing lebih dari 200 juta streaming.

BLACKPINK (Black Pink) “How You Like That”, Sandeul “Slightly Tipy”, Oh My Girl “Dolphin”, IU “Give You My Heart” dan “Memories” Maroon 5 telah juga disertifikasi platinum. Diketahui ada dua tangga lagu utama dalan Gaon yakni chart Album Gaon dan chart Digital Gaon. Grafik tersebut mencantumkan penjualan artis domestik, penjualan artis internasional (non-Korea), dan penjualan keseluruhan gabungan dalam format mingguan, bulanan, dan akhir tahun.

Gaon Album Chart memeringkat pengiriman album fisik, termasuk album mini dan single. Ini dikumpulkan dari data offline yang disediakan oleh label rekaman dan distributor seperti Kakao M, CJ E&M Music, Genie Music, Sony Music Korea, Pony Canyon Korea, Universal Music Korea, dan Warner Music Korea.

The Gaon Digital Chart memberi peringkat penjualan musik digital non-fisik terlaris, dan merupakan agregat unduhan, streaming, dan musik latar. Ini tidak termasuk pemutaran radio, dan versi lagu yang berbeda terdaftar sebagai entri terpisah. Ini dikumpulkan dari data online yang disediakan oleh penyedia musik berbasis web seperti Genie, Melon, Mnet, Soribada, Naver Music, KakaoMusic, dan Bugs.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts