Sebelum 'Wayang Haram', Ustaz Khalid Basalamah Dulu Diisukan Larang Nyanyikan 'Indonesia Raya'
YouTube/khalidbasalamah
Selebriti

Tahun lalu, Ustaz Khalid Basamalah juga sempat jadi sorotan terkait potongan ceramahnya yang disalahartikan. Akibatnya, Ustaz Khalid malah dituding melarang semua masyarakat untuk menyanyikan lagu 'Indonesia Raya'.

WowKeren - Ustaz Khalid Basamalah mendadak jadi bahan perbincangan. Ia rupanya diterpa isu telah mengharamkan wayang.

Tak butuh waktu lama, Ustaz Khalid langsung mengklarifikasi dan meminta maaf atas potongan ceramahnya yang disalahartikan itu. Ustaz Khalid menjelaskan kalau ia tak pernah mengharamkan wayang atau menyuruh orang untuk memusnahkan.

"Saya pada saat ditanyakan masalah wayang saya mengatakan alangkah baiknya dan kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata saya di situ (yang) mengharamkan. Saya mengajak agar menjadi Islam sebagai tradisi," kata Ustaz Khalid.

Ia juga membeberkan soal nasihat memusnahkan itu ditujukan pada individu yang sudah bertobat dari profesi sebagai dalang. "Jadi kalau ada orang yang memang taubat, misalnya di sini ia seorang dalang. Kalau dia sudah tahu dan kemudian menjadi tidak mau lagi melakukan itu, maka mau diapakan wayang wayang ini? Maka saya katakan untuk dia secara individu, dimusnahkan. Sebatas itu," katanya.


Disisi lain, ini bukan kali pertama Ustaz Khalid tersandung rumor tak sedap. Tahun lalu, potongan ceramah Ustaz Khalid disalahartikan hingga ia dikira melarang masyarakat menyanyikan lagu "Indoesia Raya". Kala itu, Ustaz Khalid meluruskan kabar miring tersebut.

"Saya Khalid Basalamah ingin meluruskan ada cuplikan pada tahun 2017 dulu ada seseorang yang bertanya di salah satu masjid di Jatinegara. Tentang masalah di sekolah anak bapak penanya ini, itu ada perintah untuk menyanyi Indonesia Raya dan dia dari pernyataan yang saya tangkep tidak ingin ikut dan dia khawatir ditegur," seru Ustaz Khalid. "Sesuai dengan pertanyaan itu saya menjawab tidak usah Anda ikut, dalam arti kata dia sendiri memang merasa terbebani. Saya membahas tentang keluhan dia, jadi bukan sedang membahas tentang membahas syair dan lagu Indonesia Raya."

Ustaz Khalid menegaskan kalau lagu "Indonesia Raya" punya makna penting bagi bangsa Indonesia. Sebagai WNI, ia juga menghargai hal itu.

"Kita semua warga negara Indonesia pasti sangat faham bahwa syair-syair disusun oleh para pejuang kita justru menjadi motivasi agar masyarakat Indonesia siap berjuang," ujar Ustaz Khalid.

(wk/riaw)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait