Separuh Nyawa Nia Zulkarnaen Hilang Dampingi Lebaran Terakhir Mieke Wijaya, Begini Pesannya
Instagram/alenia259
Selebriti

Mieke Wijaya telah berpulang di usia 82 tahun setelah sebulan lebih dirawat di RS. Mendampingi saat-saat terakhir sebelum meninggal dunia, begini perasaan Nia Zulkarnaen.

WowKeren - Aktris senior Mieke Wijaya telah tutup usia bertepatan dengan Hari Raya Lebaran kedua pada Selasa (2/5) di usia 82 tahun. Salah satu putrinya yang juga seorang artis, Nia Zulkarnaen mengungkapkan bagaimana sang ibunda menghabiskan hari-hari terakhir almarhumah.

Setelah dirawat hampir 45 hari di rumah sakit, akhirnya Mieke Wijaya dibawa pulang oleh keluarga. Kala itu almarhumah ingin menghabiskan momen lebaran bersama keluarga di rumah.

"Jadi Mama itu hari Rabu kemarin sudah pulang ke rumah. Memang pengin Lebaran di rumah katanya. Dia bilang, 'Kita Lebaran di rumah ya?' 'Iya,' pulang hari Rabu lalu ya hari ini Rabu juga pas satu minggu," kata Nia Zulkarnaen dikutip dari video kanal YouTube Intens Investigasi yang tayang pada Rabu (4/5).

Di saat-saat terakhir Mieke Wijaya, Nia bersama dengan sang suami Ari Sihasale dan kakak-kakaknya menemani di rumah. Berdasarkan penuturan keluarga, momen terakhir Mieke berlangsung tenang.

"Alhamdulillah tapi didampingi, ada saya, ada Mas Ale, ada kakak saya juga. Lepasnya alhamdulillah tenang sekali, dengan senyum. Alhamdulillah tidak sakit lagi ya. Alhamdulillah, mudah-mudahan mama tidak merasa sakit lagi. Terima kasih doanya, semua," lanjutnya.

"Namanya anak-anak pasti pengin Lebaran sama orangtua ya. Kebetulan juga sudah 45 hari di rumah sakit. Saya selalu kasih semangat Mama, 'Mama semangat, mama sehat, mama sembuh. Kita Lebaran di rumah sama-sama. Mama kan hobinya makan ketupat,'"t tambah Nia Zulkarnaen.

Setelah dibawa pulang, Mieke Wijaya sempat stabil. Namun sehari sebelum Idul Fitri, kondisi kesehatan Mieke drop. Jatuh tertidur di saat-saat terakhirnya, tidak ada komunikasi sebelum akhirnya Mieke Wijaya meninggal dunia.


"Pulangnya pertama nggak apa-apa. Tapi terus satu hari sebelum Lebaran mulai drop. Yang mulai drop banget malam takbiran," papar Nia. "Nggak ada pesan, karena udah tertidur aja. Sudah tertidur, terus nggak bisa komunikasi. Tapi kami bersyukur dalam tidurnya mama tidak kesakitan."

Mengenai firasat, keluarga sudah berusaha siap dengan apapun yang terjadi. Namun yang dihadapi oleh mereka rupanya tetaplah berat setelah Mieke Wijaya benar-benar pergi.

"Memang ditinggal nggak pernah siap ya, apalagi orang tua... ibu lagi. Jadi kayak separuh nyawanya kita kayak hilang gitu,"

Meski begitu, Nia Zulkarnaen lega bahwa keluarga mengikuti pesan Mieke Wijaya semasa hidup. Dulu, almarhumah sempat berpesan tidak ingin dibawa ke ICU kalau sedang sakit sebagaimana saat mendiang suami Dicky Zulkarnaen dulu kesehatannya menurun.

Menurut Nia Zulkarnaen, Mieke Wijaya adalah ibu yang luar biasa untuk anak-anaknya. Selain berterima kasih, ia juga merasa bangga bisa dibesarkan oleh mendiang. Nia berharap agar ibunda dapat beristirahat dengan tenang.

Terkait jasa ibunda terhadap kariernya, Nia Zulkarnaen menyebutkan pesan mendiang. Nia juga merasa kagum dengan semangat Mieke Wijaya yang masih semangat akting di usia senja. Adapun pesan dan teladan dari sang ibunda, Nia menyampaikan pada media.

"Banyak memberi contoh buat saya, kalau jadi artis itu harus disiplin, harus jaga nama baik, tidak boleh mengecewakan orang. Itulah pesan-pesan Mama yang luar biasa, jangan karena orangtuanya artis senior, terus kemudian anaknya tidak baik. Itu nggak boleh," ujarnya.

"Berkarier itu harus yang baik. Jaga nama baik diri sendiri, jaga nama baik keluarga. Terus kemudian harus disiplin belajar menghargai artis-artis yang senior. Mama selalu bilang, film dan seni itu kita kerja sama dengan banyak orang. Jadi kita harus memberikan yang terbaik, tidak boleh mengecewakan orang, harus jaga nama baik. Sama ibadahnya pasti sih," pungkas Nia Zulkarnaen.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait