Birthday Spotlight: Happy Mark Tuan Day
Selebriti

Birthday spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member GOT7, Mark, yang berulang tahun pada 4 September besok. Penyanyi tersebut berusia 29 tahun menurut perhitungan Internasional.

WowKeren - Seperti pekan-pekan sebelumnya, tim redaksi WowKeren kembali mengulas perjalanan karir bintang Korea Selatan melalui rubrik mingguan Birthday Spotlight. Kali ini, penyanyi populer yang menghiasi rubrik Birthday Spotlight adalah Mark GOT7.

Lahir sebagai Mark Yien Tuan di Los Angeles, California, Mark menghabiskan beberapa tahun di Paraguay dan Brasil sebelum akhirnya kembali ke California, tempat ia dibesarkan. Dia orang Taiwan, dan memiliki dua kakak perempuan dan satu adik laki-laki. Dia mengambil pelajaran biola dan piano di sekolah dasar, dan pindah ke gitar di sekolah menengah pertama.


Dia bersekolah di Arcadia High School di Arcadia, California. Pada tahun 2010, saat bersama teman-temannya di sekolah, ia menarik perhatian seorang pencari bakat JYP Entertainment, yang mengundangnya ke audisi. Mark tidak memiliki keinginan untuk mengejar karir musik tetapi didorong oleh teman-teman dan keluarganya yang mengatakan kepadanya bahwa itu adalah kesempatan yang baik dan dengan demikian, dia mencobanya. Dia kemudian lulus audisi dan putus sekolah, yang dia ikuti sampai kelas 10.

Mark pindah ke Korea Selatan pada Agustus 2010, di mana dia belajar akrobat selama satu tahun, dan seni bela diri selama dua tahun. Belajar menyanyi, rap dan menari, dan tampil di atas panggung sebagai trainee, menginspirasinya untuk mengejar kehidupan idol dan menjadi penyanyi.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Pada tahun 2012, Mark menjadi cameo di episode pertama "Dream High 2". Dia tampil sebagai penari cadangan bersama JayB (JB) dan Jinyoung GOT7, yang kemudian menjadi anggota Got7 bersamanya.

Mark tampil di episode keempat dari program reality-survival Mnet 2013 "WIN: Who is Next", yang menghadirkan member iKON dan WINNER (II), yang saat itu masih menjadi trainee di bawah YG Entertainment. Acara ini juga menampilkan Jackson, BamBam dan Yugyeom GOT7.

2. Debut


Debut
Twitter/jypnation

Mark berlatih di bawah JYP Entertainment selama sekitar tiga setengah tahun sebelum debutnya di GOT7. Penampilan pra-debut pertamanya adalah di sebuah episode program reality-survival Mnet "WIN: Who Is Next", yang ditayangkan pada 6 September 2013.

Selain bersama calon rekan-rekan di GOT7, Mark juga tampil bersama Young K, Jae, Wonpil, Sungjin, dan Junhyeok yang kemudian debut sebagai member DAY6. Mereka bersaing dengan trainee YG Entertainment, Tim A dan Tim B, yang kemudian memulai debutnya masing-masing sebagai WINNER dan iKON.

Lagu debut GOT7 "Girls Girls Girls" dan video musik untuk lagu tersebut dirilis pada 16 Januari 2014. GOT7 digambarkan sebagai grup hip-hop yang menggabungkan gaya seni bela diri dan b-boying dalam penampilan mereka.

Gaya ini dibandingkan dengan grup senior mereka, 2PM, yang terkenal dengan gaya tarian akrobatik. Dengan demikian, grup tersebut menarik perhatian bahkan sebelum debut resmi dan menerima julukan "pos 2PM".

3. Puncak Karier


Puncak Karier
Instagram/marktuan

Tahun 2015 bisa dibilang menjadi salah satu tahun keemasan bagi Mark bersama GOT7. Pada bulan Januari 2015, GOT7 dianugerahi "Penghargaan Artis Baru" di Penghargaan Golden Disc ke-29 dan Penghargaan Musik Seoul ke-24.

Grup ini merilis EP ketiga mereka, “Just Right”, pada 13 Juli 2015. Judul lagu, "Just Right", memuncak di No. 3 di chart Lagu Digital Dunia Billboard, tetap di tiga teratas selama dua minggu berturut-turut. Pada 8 Januari 2020, video musik "Just Right" di YouTube telah ditonton lebih dari 300 juta kali, menjadikannya video musik pertama grup yang mencapai pencapaian ini.

Grup ini kemudian merilis EP keempat mereka, “Mad”, dan video musik untuk judul lagu, "If You Do", pada 29 September. Mereka menindaklanjuti rilis ini dengan album repackaged pertama mereka, “Mad: Winter Edition”, pada tanggal 23 November, dengan tiga lagu tambahan, "Confession Song", "Everyday" dan "To. Star".

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
Naver

Mark telah menunjukkan minat yang besar dalam industri fashion dengan meluncurkan karirnya sebagai model di majalah-majalah di Korea Selatan, Tiongkok dan Thailand. Sejak awal 2017, ia telah muncul di Dazed Korea, Ceci Korea, Grazia, Oh! Boy, Arena Homme+, 1st Look, Chicteen, Sudsapda, Stream, Yoho, Firebible, Jstyle, Beijing Youth Weekly, Nylon, Ele, Allure, Cosmo, The Star, Shinyouth, K-Media, Vogue Korea, GQ Thailand, Sweetdonut, Ginger, Starbox Young, Size, Vogue Thailand, Unnamedideal, Juz! Entertainment, Madame Figaro Mode, dll.

Mark menjadi sampul edisi ke-200 majalah amal Korea The Big Issue, yang memberikan dukungan bagi para tunawisma, pada Maret 2019. Dia juga telah merilis dua koleksi pakaian edisi terbatas dengan Represent pada 2018 dan 2019 di bawah XCIII mengacu pada tahun kelahirannya, membantu dalam pembuatan dan perancangan setiap bagian. Koleksi kedua, XCIII Evolution, terjual 40.446 item, dan semua keuntungannya digunakan untuk amal.

Setelah menghadiri Milan Fashion Week 2019 untuk Ermenegildo Zegna dengan GQ Thailand dan kolaborasinya dengan Represent, Mark telah menyatakan keinginannya untuk membuat mereknya sendiri. Mark tampil di sampul majalah AS pertamanya pada November 2020 untuk edisi Lined's Changes.

Pada musim semi 2019, Mark bergabung dengan Jus2 di "Focus" Premiere Showcase mereka di Asia, bertindak sebagai MC untuk pemberhentian Makau (7 April), Taipei (14 April) dan Singapura (4 Mei).

5. Kontroversi


Kontroversi
Instagram/thelaterals

Sejak debutnya pada 2014, Mark pernah satu kali terseret kontroversi pada 2019 yang berawal dari perseteruan pembawa acara Yeolmae yang menuduh mantan pacarnya, Woo Changbum, menyebarkan video seks mereka di sebuah grup chat. Mark dan Lee Jong Hyun disebut masuk dalam grup chat tersebut.

Kurang dari seminggu setelahnya, Mark menulis permintaan maaf di fancafe GOT7. "Aku sangat tahu kalian kecewa dan aku akan berusaha sebaik-baiknya agar hal seperti itu tidak terulang lagi," tulisnya. Di sisi lain, JYP yang saat itu masih menaungi GOT7 berjanji mengambil langkah hukum atas rumor tentang Mark.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Dari 27 Mei hingga 29 Mei 2022, Mark mengadakan fan meeting solo yang terjual habis di Thailand berjudul "Pull-Up". Pada 1 Juli 2022, ia merilis singel digital "IMYSM". Lagu tersebut adalah singel kelima dan terakhir yang diambil dari album studio pertamanya The Other Side, yang diterbitkan pada 26 Agustus 2022 bersama dengan video musik dari judul lagu Far Away. Penyanyi ini dikreditkan baik untuk penulisan lagu dan komposisi di setiap lagu dari 20-track record, menunjukkan kemampuan menyanyi dan rapnya.

Selama sisa 2022, Mark akan disibukkan dengan tur "THE OTHER SIDE" yang akan singgah di 15 kota di Amerika Utara dan digelar mulai Oktober sampai November 2022. Kota-kota yang akan disinggahi Mark adalah San Antonio, Houston, Dallas, Atlanta, Philadelphia, New York, Washington, Boston, Toronto, Chicago, Minneapolis, Seattle, Vancouver, San Francisco, dan Los Angeles.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait