RM BTS Dikritik Usai Posting Lagu dengan Lirik Diduga Bermakna Islamophobia
Facebook/bangtan.official
Musik

Pada Rabu (16/8), RM membagikan lagu 'Bad Religion' dari album studio debut Frank Ocean, 'Channel Orange' di Instagram Story. Unggahan ini membuat leader BTS itu jadi sorotan.

WowKeren - RM BTS saat ini mendapat kecaman karena membagikan apa yang diyakini beberapa orang sebagai lagu Islamofobia. Namun, makna lagu yang dibagikan musisi kelahiran 1994 tersebut di media sosial sebenarnya telah berulang kali diperdebatkan.

Pada Rabu (16/8), RM membagikan lagu ke story Instagram-nya, hal yang tidak biasa bagi sang idol. Lagu yang dibagikan adalah lagu dari album studio debut Frank Ocean, "Channel Orange", yang berjudul "Bad Religion".

Frank Ocean adalah penyanyi, penulis lagu, dan rapper Amerika yang musiknya disukai secara universal dan diterima dengan baik oleh pendengar dan kritikus. Bahkan mereka yang tidak mendengarkan musiknya mungkin akrab dengan meme dan konten lain tentang penampilannya dan jadwal perilisannya.

Seperti banyak lagunya yang lain, "Bad Religion" adalah tentang cinta, dengan lagu ini menggambarkan Frank berbagi pengalamannya dengan cinta tak berbalas dengan seorang sopir taksi. Saat lagu dirilis, beberapa baris dari bagian refrein menarik perhatian, menginspirasi perdebatan tentang maknanya.

"Dan kau mengatakan 'Allahu Akbar' / Aku mengatakan kepadanya, 'Jangan mengutukku' / 'Bo Bo, kau butuh doa' / Aku rasa itu tidak bisa menyakitiku / Jika itu membuatku bertekuk lutut, itu adalah agama yang buruk," demikian bunyi penggalan lirik "Bad Religion".


RM BTS Dikritik Usai Posting Lagu dengan Lirik Diduga Bermakna Islamophobia

Instagram, Spotify

Allahu Akbar adalah frase bahasa Arab yang sering digunakan dalam Islam, yang berarti "Tuhan Maha Besar". Tanggapan Frank Ocean tentang "Jangan mengutukku" telah ditafsirkan dalam berbagai cara. Yang umum adalah bahwa Frank sudah menderita karena "agama" cinta dan tidak ingin memiliki yang lain.

Penjelasan lain yang memungkinkan adalah bahwa ketertarikan Frank kepada laki-laki juga dianggap salah oleh banyak orang yang mengikuti agama yang berbeda, yang berarti dia mungkin melihat doa secara negatif.

Kalimat "jika itu membuat saya bertekuk lutut, itu adalah agama yang buruk" juga menimbulkan perasaan campur aduk, karena banyak agama seperti Islam yang ibadahnya melibatkan gerakan berlutut. Ini juga dimaksudkan untuk memiliki makna ganda, karena "agama yang buruk" diklarifikasi dalam outro lagu tersebut.

"Itu adalah, itu adalah agama yang buruk / Untuk jatuh cinta dengan seseorang / Yang tidak pernah bisa mencintaimu / Oh, oh, oh, hanya agama yang buruk / Bisa membuatku merasakan seperti yang kurasakan."

Beberapa Muslim merasa lirik lagu tersebut bermasalah meskipun memiliki makna ganda, yang menyebabkan reaksi campuran saat ini yang dihadapi RM karena membagikan lagu tersebut. Beberapa orang pun berusaha untuk mengklarifikasi maknanya yang lebih dalam.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait