Dispatch Bantah Tuduhan 'Seven' Jungkook BTS Plagiat, Jelaskan Dari Sisi Pakar
Facebook/bangtan.official
Musik

Dispatch memberikan laporan eksklusif mengenai tuduhan Jungkook BTS melakukan plagiat dalam lagu 'Seven'. Mereka juga menyertakan penjelasan dari sisi pakar dari dalam dan luar negeri.

WowKeren - Jungkook BTS baru-baru ini menghadapi isu plagiat atas lagunya yang berjudul "Seven". Dispatch pun ikut mendalami dugaan plagiat Jungkook terhadap lagu Fin.K.L.

Pada Kamis (24/8), Dispatch memberikan laporan eksklusif untuk membantah tuduhan plagiarisme komposer "Time of Mask" Yang Joon Young terhadap "Seven". Bahkan Dispatch menggandeng pakar luar negeri.

Pada 22 Agustus, komposer Yang melalui panggilan telepon dengan Dispatch mengatakan, "Kunci lagunya mungkin berbeda, tetapi sistem skala empat bar antara kedua lagu tersebut sama."

Kemudian komposer Yang menjelaskan adanya kesamaan chorus "Time of Mask" (0:52-1:10 lagu) dan bridge "Seven" (0:55-1:03 lagu). Namun jika dilihat dari kunci asli setiap lagu, “Time of Mask” adalah E mayor, tetapi “Seven” adalah B minor.

Dispatch Bantah Tuduhan \'Seven\' Jungkook BTS Plagiat, Jelaskan Dari Sisi Pakar

Source: Dispatch

Kedua lagu dinyanyikan dengan kunci yang berbeda. Untuk membuat perbandingan yang lebih baik, mereka mengubah kunci kedua lagu — "Time of Mask" menjadi A minor dan "Seven" menjadi C mayor — agar lebih mirip.

Setelah ada perubahan, nada setiap suku kata pun dibandingkan. Ditemukan tidak ada kesamaan antara kedua lagu tersebut.

Nada "Time of Mask" berbunyi: Ra Do Re Mi Re Do Do Ra / Do Re Mi Re Do Do / Ra Do Re Mi Re Do Do Sol / Sol Fa Fa Mi Re Do …

Sedangkan nada "Seven" berbunyi: Mi Sol Ra Si Ra Sol Mi Mi / Mi Sol Ra Si Ra Sol Mi Mi / Mi Sol Ra Si Ra Sol Mi Mi / Re Re Do Si Ra Ra …


Dispatch Bantah Tuduhan \'Seven\' Jungkook BTS Plagiat, Jelaskan Dari Sisi Pakar

Source: Dispatch

Kemudian Dispatch juga mengubah kuncinya agar melodi kedua lagunya serasi, sehingga "Time of Mask" di A minor dan mengubah "Seven" menjadi F mayor. Mereka kemudian sekali lagi membandingkan catatannya.

Dalam kunci ini, "Time of Mask" berbunyi: Ra Do Re Mi Re Do Do Ra / Do Re Mi Re Do Do / Ra Do Re Mi Re Do Do Sol / Sol Fa Fa Mi Re Do ….

Sementara "Seven": Ra Do Re Mi Re Do Ra Ra / Ra Do Re Mi Re Do Ra Ra / Ra Do Re Mi Re Do Ra Ra / Sol Sol Fa Fa Mi Re …

Dispatch Bantah Tuduhan \'Seven\' Jungkook BTS Plagiat, Jelaskan Dari Sisi Pakar

Source: Dispatch

Meski nada-nada awal melodi terlihat sama, masih ada perbedaan antara keseluruhan nada yang dinyanyikan. Klaim komposer Yang tentang not yang sama belum terbukti benar.

Selain itu, Dispatch menyediakan not-not untuk lagu aslinya. Kemudian ditunjukkan bahwa not-not tersebut mempunyai penekanan tajam atau datar pada titik tertentu. Sebagai kesimpulan, kunci lagunya berbeda.

Lebih lanjut dari sisi pendapat komposer luar negeri yang digandeng Dispatch, yang bersangkutan mengatakan, "Totalnya hanya ada 12 nada (termasuk nada kress). Oleh karena itu, tak terhitung banyaknya lagu yang memuat nada serupa."

Pakar tersebut mengungkapkan kedua lagu sangat berbeda. Jika terbukti plagiat, maka melodi atau akord harus cocok satu sama lain.

"Setidaknya ada dua faktor, seperti melodi atau akord, yang harus cocok untuk memunculkan pembahasan plagiarisme. Namun, kedua lagu di sini sangat berbeda. Perselisihan plagiarisme adalah omong kosong," ungkap pakar tersebut.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait