Lagu 'Love Wins' IU yang Tampilkan V BTS Dikritik Kelompok LGBTQIA+
SeoBohyung
Musik

Karya terbaru IU, 'Love Wins' menuai kontroversi karena pemilihan judul lagunya yang dianggap tidak sesuai dengan gambar pada poster. Protes ini dilontarkan oleh kelompok LGBTQIA+.

WowKeren - Pada Senin (15/1), IU resmi merilis poster lagu terbarunya "Love Wins". Di tengah kegembiraan penggemar menyambut karya terbaru IU yang akan berkolaborasi dengan V BTS ini, sebagian masyarakat lain justru memberikan kritik. Mereka adalah kelompok LGBTQIA+.

Masalah utama yang dikeluhkan kelompok minoritas tersebut adalah soal pemilihan judul lagu "Love Wins". Kelompok LGBTQIA+ menjelaskan bahwa love wins adalah slogan yang penting bagi mereka. Slogan ini menjadi tanda awal setelah Mahkamah Agung Amerika Serikat melegalkan pernikahan sesama jenis pada tanggal 26 Juni 2015.

Ungkapan tersebut diketahui terus digunakan dalam parade queer multinasional sejak saat itu. Itu sebabnya ketika melihat poster lagu "Love Wins" yang menampilkan laki-laki dan perempuan, yakni IU sedang duduk berhadapan dengan V, kelompok LGBTQIA merasa resah. Mereka khawatir slogan kebanggaan mereka yang dijadikan untuk konten heteroseksual secara umum dapat melemahkan makna aslinya.

Lagu \'Love Wins\' Milik IU yang Tampilkan V BTS Dikritik Kelompok LGBTQIA+

Source: X/@_IUofficial


Kritikus menyuarakan keprihatinan mereka, mempertanyakan pilihan judul lagu tersebut. "Anda belum pernah mendengar tentang Lovewinds, itu adalah slogan mereka ketika pernikahan sesama jenis dilegalkan di 50 negara bagian di AS, dan hanya minoritas seksual Korea yang mengetahuinya karena mereka iri dan menggerogotinya," komentar salah seorang netter yang bernada mengkritik.

Menanggapi hal ini, para netizen khususnya penggemar IU ikut buka suara. Mereka beramai-ramai menyuarakan ketidaksetujuannya terhadap kritik tersebut. Bagi penggemar IU, judul lagu "Love Wins" bukan baru sekali dipakai oleh idola mereka, melainkan sudah banyak penyanyi di luar sana yang menggunakan kata tersebut.

"IU mengumumkan akan merilis single berjudul 'Love Wins', namun menjadi kontroversial karena slogannya yang aneh. Tentu saja menurutku itu adalah judul yang tidak ada hubungannya dengan LGBT," ujar warganet, "Lalu apa salahnya menggunakan kata Love Wins? Apakah ada yang LGBT di tengah masyarakat? Tidak ada. Yang ada hanya LGBT yang menangis karena slogan heteros itu dicabut," sambung yang lain. "Aku merasa kritik ini sangat tidak adil," lanjut lainnya.

Terlepas dari kontroversi ini, "Love Wins" IU akan segera rilis pada tanggal 24 Januari mendatang. Rilis ini menandai kembalinya IU ke dunia musik sekitar dua tahun satu bulan setelah album terakhirnya "Piece of Pieces" pada Desember 2021.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait