Bisa Jadi Penyelamat Saat Terjebak Toxic Relationship, Ini Alasan Mengapa Wanita Butuh Freedom Fund
Pexels/Mikhail Nilov
SerbaSerbi

Freedom fund atau dana kebebasan penting dimiliki setiap wanita karena bisa menjadi penyelamat saat terjebak dalam hubungan toxic. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Setiap orang membutuhkan dana darurat yang bisa digunakan dalam kondisi mendesak. Besarannya tergantung kebutuhan setiap individu, namun umumnya dana tersebut harus cukup untuk biaya hidup selama tiga hingga enam bulan.

Selain itu, penting untuk memiliki freedom fund atau dana kebebasan yang bisa digunakan untuk situasi non-darurat. Freedom fund dapat dianggap sebagai gabungan "dana darurat" dan "portofolio investasi". Artinya, dana tersebut dapat Anda gunakan kapanpun dan untuk keperluan apapun.


Misalnya ketika Anda membutuhkan liburan karena sudah terlalu penat dengan rutinitas sehari-hari. Jika memiliki freedom fund, Anda bisa pergi berlibur dan menjernihkan pikiran kapanpun Anda mau.

Seiring dengan berkembangnya waktu, freedom fund dianggap perlu dimiliki oleh setiap wanita. Pasalnya, dana ini bisa menjadi penyelamat saat mereka ingin keluar dari toxic relationship tanpa harus mengkhawatirkan masalah keuangan.

Untuk itu, dalam artikel kali ini tim redaksi WowKeren akan memberi penjelasan lebih detail mengapa freedom fund perlu dimiliki oleh setiap orang, khususnya para wanita. Langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini:

(wk/eval)

1. Mengapa Wanita Butuh Freedom Fund?


Mengapa Wanita Butuh Freedom Fund?
Pexels/Karolina Grabowska

Setiap orang pasti pernah berada dalam situasi tidak menguntungkan dalam hidupnya. Salah satunya adalah ketika mereka terjebak dalam toxic relationship atau hubungan beracun. Sayangnya, beberapa orang tak bisa lepas dari situasi tersebut karena mengkhawatirkan masalah keuangan.

Dewasa ini, ada banyak wanita yang terjebak dalam pernikahan toxic seperti menjadi korban KDRT atau diselingkuhi pasangan. Namun mereka kerap ragu mengakhiri hubungan karena tidak memiliki pekerjaan atau tabungan yang cukup untuk hidup mandiri.

Berbeda halnya jika Anda memiliki freedom fund. Sebab Anda bisa keluar dari hubungan beracun itu kapanpun Anda mau tanpa harus mengkhawatirkan masalah keuangan.

Agar bisa hidup dengan nyaman, kita perlu menjaga kesehatan mental dari waktu ke waktu. Ketika kita memegang kendali atas uang kita sendiri, bukankah kita memiliki kebebasan untuk menggunakannya dengan cara yang kita inginkan?

2. Bagaimana Cara Mengumpulkan Freedom Fund?


Bagaimana Cara Mengumpulkan Freedom Fund?
Pexels/Mikhail Nilov

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan dana kebebasan. Pertama-tama, Anda harus tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkannya. Jumlah dana kebebasan yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, tergantung pada bagaimana situasi mereka.

Jika Anda ingin terbebas dari pernikahan toxic, Anda harus mempertimbangkan biaya perceraian hingga kondisi finansial setelah berpisah dari pasangan. Ini termasuk biaya untuk tempat tinggal (jika masih menyewa), uang makan, kebutuhan anak hingga berbagai keperluan penting lainnya.

Jika Anda ingin mengundurkan diri dari pekerjaan saat ini, Anda harus melamar di tempat lain secara proaktif sebelum menyerahkan surat resign. Namun terkadang Anda tidak langsung mendapat gaji tinggi saat bekerja di perusahaan baru, bahkan dibutuhkan beberapa minggu sebelum Anda menerima bayaran pertama.

Oleh sebab itu, Anda harus memiliki perencanaan yang cermat saat mengumpulkan freedom fund. Tabung uang yang cukup banyak untuk menutupi kesenjangan biaya hidup yang muncul sebelum dan setelah Anda keluar dari situasi toxic.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah deposit, sewa bulan pertama hingga biaya pindahan. Selain itu, Anda mungkin perlu menetapkan anggaran untuk biaya furnitur maupun peralatan rumah tangga lainnya.

3. Di Mana Tempat Terbaik untuk Menyimpan Uang Anda?


Di Mana Tempat Terbaik untuk Menyimpan Uang Anda?
Pexels/Tima Miroshnichenko

Sebagian orang menganggap freedom fund sebagai dana jangka pendek yang bisa digunakan dalam waktu dekat. Oleh sebab itu, salah satu tempat terbaik untuk menyimpannya adalah di rekening likuid yang mudah diakses.

Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan deposito berjangka. Ini adalah salah satu produk deposito paling populer dan cocok untuk digunakan sebagai investasi. Pasalnya, suku bunga deposito berjangka umumnya lebih tinggi daripada tabungan konvensional. Hal ini sangat menguntungkan, karena keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar.

Di samping itu, tingkat kegagalan investasi dengan deposito berjangka juga lebih rendah daripada jenis investasi lainnya. Produk ini juga relatif lebih aman karena Anda tidak harus melihat harga pasar yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Nah itu dia penjelasan tentang freedom fund dan mengapa wanita harus memilikinya. Dalam artikel berikutnya, tim redaksi akan menyajikan berbagai tips menjadi wanita cerdas secara finansial. Stay tune ya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait