Yuk Jadi Wanita Cerdas Secara Finansial dengan 8 Tips Ini!
Pexels/Mikhail Nilov
SerbaSerbi

Dalam artikel kali ini, tim redaksi WowKeren akan menghadirkan beberapa tips untuk menjadi wanita cerdas secara finansial. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Wanita memiliki peran yang cukup penting di sektor finansial karena mereka cenderung disiplin dalam mengelola keuangan. Menjadi cerdas secara finansial akan sangat memberdayakan karena dapat membantu Anda membuat keputusan penting yang berkaitan dengan masalah keuangan.

Hal ini menjadi semakin penting jika Anda terjebak dalam hubungan yang bersifat toxic. Pasalnya, Anda tak perlu mengkhawatirkan masalah keuangan jika ingin keluar dari situasi tersebut sewaktu-waktu.


Kendati demikian, masih banyak wanita yang tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik. Hal itu dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya ketika mereka gagal mengendalikan pengeluaran hingga tak bisa menyisihkan uang untuk keadaan darurat.

Jika sudah demikian, berbagai masalah keuangan mungkin akan menghampiri. Anda bisa saja terjebak utang, tidak mampu membayar tagihan kartu kredit hingga tidak memiliki dana darurat yang dibutuhkan di saat mendesak.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda harus bisa mengelola keuangan dengan cara yang bijak dan cerdas. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja yuk simak tips lengkapnya dalam artikel berikut ini:

(wk/eval)

1. Tetapkan Anggaran yang Realistis


Tetapkan Anggaran yang Realistis
Pexels/Karolina Grabowska

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menetapkan anggaran yang realistis. Perbarui anggaran Anda secara teratur dengan mencatat pemasukan dan melacak pengeluaran setiap bulannya. Setelah itu, patuhi anggaran tersebut agar Anda tidak menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak perlu.

Yang perlu diingat adalah wanita yang cerdas secara finansial akan tahu berapa banyak biaya yang diperlukan untuk menjalankan rumah tangga. Mereka juga tahu jumlah pemasukan, pengeluaran hingga anggaran untuk dana darurat maupun kebutuhan lainnya.

2. Kontrol Pengeluaran


Kontrol Pengeluaran
Pexels/Karolina Grabowska

Wanita yang cerdas secara finansial cenderung menghindari gaya hidup boros, sehingga mampu menetapkan prioritas dengan bijak. Mereka juga akan menghindari pengeluaran tidak perlu agar tak menyia-nyiakan uangnya untuk sesuatu yang tidak penting.

Selain melakukan kontrol, Anda juga harus melacak pengeluaran secara berkala. Hal ini penting dilakukan untuk memisahkan pengeluaran yang bersifat keinginan dan kebutuhan. Dengan begitu, Anda bisa membatasi keinginan dan memprioritaskan kebutuhan.

3. Hindari Atau Minimalisir Utang


Hindari Atau Minimalisir Utang
Pexels/Karolina Grabowska

Beberapa orang mungkin tak bisa menghindari utang karena kebutuhan yang mendesak. Bahkan tak sedikit yang menerapkan sistem "gali lubang tutup lubang" alias berutang untuk membayar utang.

Pola ini akan terus berulang jika kita tak kunjung menghentikannya. Memiliki utang tentu sangat menyiksa, oleh sebab itu usahakan untuk menghindari atau meminimalisirnya selagi bisa.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi utang. Di antaranya adalah dengan mencari penghasilan tambahan, menjual atau menyewakan barang-barang yang tak digunakan, menekan pengeluaran dan masih banyak lagi.

4. Manfaatkan Diskon dan Promo


Manfaatkan Diskon dan Promo
Pexels/Karolina Grabowska

Diskon adalah sarana bagus untuk membeli produk yang Anda inginkan dengan harga lebih murah. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan diskon dan promo jika Anda benar-benar membutuhkannya.

Namun ingat, Anda harus memanfaatkan diskon dengan bijak. Jangan sampai menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal tidak penting karena tergoda dengan harga yang jauh lebih murah.

5. Bijak dalam Penggunaan Kartu Kredit


Bijak dalam Penggunaan Kartu Kredit
Pexels/Polina Tankilevitch

Jika Anda ingin menjadi wanita cerdas secara finansial, Anda harus bijak dalam menggunakan kartu kredit. Kartu kredit mungkin bisa memberi kemudahan, tapi jangan sampai membuat Anda ketergantungan. Jangan hanya mengandalkan kartu kredit untuk mengurus kebutuhan dan tagihan, sebab itu hanya akan menambah utang Anda.

Wanita yang cerdas secara finansial tahu bagaimana hidup sesuai dengan kemampuan. Oleh karena itu, mereka tidak akan menggunakan kartu kredit dengan semborono demi menampilkan kesan mewah.

6. Cari Penghasilan Tambahan


Cari Penghasilan Tambahan
Pexels/Vlada Karpovich

Penghasilan bulanan terkadang tak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari atau sekadar memuaskan keinginan kita untuk hidup dengan nyaman. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan demi menambah pundi-pundi rupiah.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Seperti dengan menjadi freelancer, menulis di blog, menjadi reseller atau dropshipper, menyewakan barang atau rumah hingga memulai investasi.

7. Miliki Dana Darurat


Miliki Dana Darurat
Pexels/Karolina Grabowska

Kita tidak pernah benar-benar tahu kapan keadaan darurat akan datang. Oleh sebab itu, wanita yang pandai mengatur keuangan akan selalu menyisihkan uang untuk digunakan sebagai dana darurat.

Dana ini akan sangat dibutuhkan dalam kondisi tidak terduga seperti ketika kita kehilangan pekerjaan, untuk membayar biaya pengobatan anggota keluarga dan lain sebagainya. Pastikan untuk memisahkan dana darurat dengan tabungan biasa karena ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengamankan finansial Anda.

8. Buat Strategi Jangka Panjang


Buat Strategi Jangka Panjang
Pexels/Christina Morillo

Wanita yang cerdas secara finansial akan merencanakan dan mempertimbangkan keuangan mereka di masa depan. Karena itu, mereka biasanya akan membuat strategi keuangan untuk jangka panjang.

Mereka cenderung melakukan apapun yang diperlukan demi melindungi dirinya sendiri, keluarga dan juga aset mereka di masa depan. Misal dengan membuat surat wasiat, mendaftar asuransi jiwa, menabung untuk biaya pendidikan anak-anak hingga berinvestasi untuk masa pensiun.

Menjadi cerdas secara finansial memang membutuhkan banyak perencanaan dan keuletan. Oleh sebab itu, jangan pernah menyerah di tengah jalan jika ingin menjalani kehidupan yang lebih baik.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait