Jangan Salah Persepsi, Ini 8 Standar Bare Minimum yang Harus Kamu Ketahui
Pexels/THIS IS ZUN
SerbaSerbi

Kali ini, tim redaksi WowKeren akan menghadirkan beberapa standar bare mininum atau hal-hal yang sudah seharusnya dilakukan dalam sebuah hubungan. Apa saja itu?

WowKeren - Dalam hubungan asmara, ada beberapa hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh pasangan. Hal ini biasanya disebut dengan bare minimum atau tindakan paling mendasar yang patut dilakukan saat menjalin sebuah hubungan.

Terkadang, apa yang kita terima dari pasangan kurang dari yang kita inginkan. Alih-alih mengeluhkan hal ini, banyak dari kita yang pasrah dan berkata, "Oh, orang ini tidak seburuk itu." Padahal, mereka juga tidak sebaik itu.


Beberapa orang bahkan merasa diperlakukan secara istimewa meski itu adalah sesuatu yang berhak dia dapatkan dari pasangannya. Jika situasi ini sering terjadi, Anda secara perlahan akan menurunkan standar terhadap pasangan.

Tidak hanya itu, sebab Anda juga berisiko akan diremehkan oleh pasangan dan merasa sakit hati di masa depan. Hubungan itu pun akan menjadi toxic dan bisa berakhir kapan saja.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa standar bare minimum dalam hubungan asmara yang harus Anda ketahui. Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Menjaga Komunikasi


Menjaga Komunikasi
Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Komunikasi adalah kunci penting dalam sebuah hubungan. Dalam standar bare minimum, komunikasi bukanlah hak, melainkan kewajiban yang harus selalu dilakukan oleh dua orang yang sedang menjalin hubungan asmara.

Anda dan pasangan harus selalu berkomunikasi serta bersikap terbuka pada satu sama lain, terutama jika kalian sedang menjalin hubungan jarak jauh. Komunikasi yang baik akan meminimalisir kesalahpahaman, sehingga hubungan yang kalian jalin akan berumur panjang.

2. Saling Mencintai dan Setia


Saling Mencintai dan Setia
Pexels/Shubham Rathod

Standar bare minimum berikutnya adalah saling mencintai dan setia. Cinta adalah sebuah fondasi dari hubungan romantis, sehingga mendapatkan cinta dari pasangan adalah standar paling minimal yang sudah seharusnya Anda dapatkan, bukan sesuatu yang muncul sesekali.

Selain cinta, hubungan asmara juga harus dilandasi dengan kesetiaan. Ini adalah hal wajib yang tidak boleh disertai dengan unsur keterpaksaan. Jadi, Anda harus berhati-hati jika pasangan tampak terpaksa bersikap setia.

3. Mengucapkan Terima Kasih, Maaf dan Tolong


Mengucapkan Terima Kasih, Maaf dan Tolong
Pexels/Rahul Pandit

Hampir setiap orang mendambakan pasangan yang sopan. Seperti berterima kasih saat mendapat bantuan, meminta maaf saat melakukan kesalahan dan meminta tolong ketika membutuhkan bantuan.

Namun, perlu diingat bahwa kata "terima kasih, maaf dan tolong" adalah hal yang memang harus diucapkan semua orang. Ini adalah sesuatu yang sangat biasa, jadi jangan merasa di atas angin saat pasangan mengucapkan kata-kata itu.

4. Saling Mendukung


Saling Mendukung
Pexels/Ketut Subiyanto

Dukungan adalah kebutuhan mendasar dalam sebuah hubungan. Itu bukan sesuatu yang perlu Anda minta karena dukungan adalah bentuk kepedulian dan cara mereka menghormati pasangannya.

Akan terasa menyedihkan jika pasangan Anda tidak menunjukkan dukungan atau minat terhadap kehidupan Anda. Jika terus memakluminya, Anda tidak akan memiliki ruang untuk mengungkapkan impian atau tujuan yang ingin Anda capai. Tentu saja, hal ini akan terasa mencekik.

5. Saling Menghormati


Saling Menghormati
Pexels/Thirdman

Cinta sejati tidak akan ada tanpa rasa saling menghormati. Jadi, ini adalah salah satu hal terpenting yang harus ada dalam sebuah hubungan. Anda telah hidup dengan baik sampai saat ini, jadi jangan membiarkan pasangan meremehkan atau menginjak-injak harga diri Anda sesukanya.

Pasangan tidak berkewajiban mencintai sahabat atau anggota keluarga Anda, tapi mereka juga harus menghormati orang-orang di sekitar Anda. Selain itu, mereka juga harus menghormati keinginan, karier, waktu pribadi, pencapaian, sikap, batasan hingga ruang pribadi Anda.

6. Mengendalikan Emosi


Mengendalikan Emosi
Pexels/cottonbro studio

Standar bare minimum berikutnya yang harus Anda miliki adalah kemampuan untuk mengendalikan emosi. Mengontrol amarah perlu dilakukan agar kita tidak sampai menyakiti fisik maupun hati pasangan.

Jika Anda memiliki kebiasaan tak bisa mengendalikan emosi, Anda saja sama "menyuruh" pasangan untuk selingkuh. Hal ini juga bisa membuat hubungan kalian menjadi toxic yang bisa berakhir dengan perpisahan. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu mengendalikan emosi dan bicara baik-baik pada pasangan jika ada masalah.

7. Mengapresiasi Pasangan


Mengapresiasi Pasangan
Pexels/Tran Long

Apresiasi bukanlah sesuatu yang perlu Anda minta atau harapkan dari pasangan sebab ini adalah hal yang seharusnya mereka tunjukkan. Sayangnya, masih ada banyak orang yang menganggap apresiasi pasangan sebagai sesuatu yang istimewa, terutama jika mereka jarang menerimanya.

Seseorang yang selalu diapresiasi pasangan akan merasa lebih puas dalam hubungannya daripada mereka yang selalu bersikap acuh tak acuh. Oleh sebab itu, usahakan untuk merayakan pencapaian pasangan, baik yang bersifat kecil maupun besar.

8. Ada dalam Suka dan Duka


Ada dalam Suka dan Duka
Pexels/RODNAE Productions

Selalu mendampingi pasangan dalam suka dan duka adalah standar bare minimum lainnya yang harus Anda ketahui. Menjalani suka dan duka bersama adalah sebuah keharusan yang tidak boleh diiringi dengan keterpaksaan.

Oleh sebab itu, pasangan tidak bisa disebut "luar biasa" karena bersedia mendampingi saat Anda berada di titik terendah. Itu karena kita harus siap menjalani suka duka bersama setelah membuat komitmen dengan seseorang.

Nah itu dia delapan standar bare minimum yang harus Anda ketahui. Poin-poin di atas adalah hal yang wajar dilakukan oleh pasangan, sehingga Anda tidak perlu menganggapnya istimewa. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait