2023 Segera Tiba, Intip 8 Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru Di Berbagai Negara
Maxpixel.net
SerbaSerbi

Tak melulu kembang api dan pesta berbeque, sejumlah negara di dunia ini punya tradisi unik di setiap perayaan malam tahun baru. Beberapa di antaranya bahkan di luar nalar manusia.

WowKeren - Penghujung tahun 2022 akan segera berakhir dan masyarakat dari berbagai penjuru dunia begitu antusias menyambut pergantian tahun 2023. Perayaan tahun baru juga identik dengan beragam budaya dan tradisi kuno.

Beberapa negara biasa melakukan aktivitas atau tradisi yang sama setiap pergantian tahun. Indonesia misalnya, yang selalu identik dengan pesta kembang api dan acara bakar-bakar di malam pergantian tahun.


Tak melulu pesta, beberapa negara di dunia juga memiliki kepercayaan unik yang tak boleh absen dilakukan setiap pergantian tahun. Beberapa tradisi ini diyakini dapat mengusir kesialan dan mendatangkan keberuntungan menjelang pergantian tahun.

Tak jarang, tradisi yang dilakukan berada di luar nalar manusia. Meski begitu, tradisi unik tersebut masih dipercayai sebagian masyarakat di era modern seperti saat ini, loh. Penasaran apa saja tradisi unik tahun baru dari berbagai negara tersebut? Yuk, cari tahu di artikel berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Pecahkan Piring, Denmark


Pecahkan Piring, Denmark
Pexels

Jika di Indonesia memecahkan piring adalah hal yang paling dihindari, lain halnya dengan Denmark. Di setiap penghujung tahun, masyarakat Denmark memiliki tradisi unik melempar piring ke tembok atau pintu.

Tradisi satu ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan hal baik di tahun baru. Orang Denmark percaya, peralatan dapur atau piring yang telah usang perlu disingkirkan untuk membuang kesialan di masa lalu dan menyambut harapan baru di pergantian tahun.

2. Bunyikan Lonceng 108 Kali, Jepang


Bunyikan Lonceng 108 Kali, Jepang
Pxhere

Jepang juga memiliki tradisi unik setiap malam pergantian tahun. Kuil Buddha di Jepang akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali. Lonceng akan dibunyikan sebanyak 107 kali sebelum jarum jam berada di angka 12 tengan malam. Sedang sisanya, lonceng akan dibunyikan sekali tepat pukul 00.00 sebagai tanda tahun baru telah dimulai.

Tradisi ini sudah ada sejak lama dan kerap disebut sebagai joyanokane. Tradisi unik satu ini dimaksudkan untuk menghilangkan 108 kesialan dan keinginan jahat dalam diri seseorang sekaligus bentuk pembersihan dosa yang dilakukan di masa lalu.

3. Makan 12 Anggur, Spanyol


Makan 12 Anggur, Spanyol
Pxhere

Orang Spanyol biasa memulai tahun baru dengan menyantap 12 anggur. Tradisi ini dikenal dengan julukan las doce uvas de la suerte. Tradisi yang kerap dilakukan di malam pergantian tahun ini diyakini dapat menangkal kejahatan sekaligus meningkatkan peluang keberuntungan di tahun baru.

Tak sekadar makan, 12 anggur tersebut harus disantap di 12 detik terakhir menjelang pukul 00.00 tengah malam. Semua anggur harus sudah habis ketika jam tepat menunjukkan pukul 12 malam. Tradisi kuno ini sudah dimulai sejak akhir abad ke-19 silam.

4. Menyelam Danau Beku, Siberia


Menyelam Danau Beku, Siberia
Rawpixel

Tradisi unik lain yang tak kalah membuat heran datang dari Siberia. Bagaimana tidak, beberapa orang di Siberia merayakan tahun baru dengan menyelam ke danau atau sungai beku. Tradisi ini biasa ditemui di Sungai Lena, lokasi yang kerap dikunjungi orang Siberia setiap pergantian tahun.

Selain menyelam, orang Siberia akan menanam pohon di danau atau sungai beku tersebut. Meski begitu, biasanya hanya beberapa orang saja yan diminta sebagai perwakilan untuk menyelam dan menanam pohon. Orang-orang khusus ini biasanya berasal dari kalangan penyelam profesional.

5. Bermalam Di Kuburan, Chili


Bermalam Di Kuburan, Chili
Pexels

Tradisi lain yang tak kalah bikin merinding terjadi di Chili. Masyarakat Chili memiliki kebiasaan bersantai dan bermalam di kuburan para leluhur atau mendiang keluarga mereka. Tradisi ini biasa dilakukan beramai-ramai atau seorang diri.

Tradisi ini rutin dilakukan setiap malam pergantian tahun dengan tujuan mengikutsertakan roh orang tercinta ke dalam perayaan malam tahun baru. Bagi orang Chili, tradisi tersebut bukanlah hal yang menakutkan lantaran di malam tahun baru beberapa kuburan akan dipenuhi pengunjung.

6. 7 Lompatan Pantai, Brasil


7 Lompatan Pantai, Brasil
Pexels

Di Brasil terdapat tradisi unik yang biasa dilakukan masyarakat sana setiap tahunnya. Di malam pergantian tahun, beberapa orang Brasil akan pergi ke pantai terdekat. Usai merayakan pesta kembang api, mereka akan melompat ke pantai sebanyak tujuh kali sembari membuat tujuh harapan. Mereka percaya, tradisi tersebut mempu mengabulkan tujuh permintaan yang mereka inginkan.

"Di Brazil, orang biasanya pergi ke pantai karena musim panas di sana. Segera setelah tengah malam, Anda harus melompat ke pantai tujuh kali sambil membuat tujuh permintaan," kata Hudson Bohr, seorang fotografer Brasil. "Sebelum Anda masuk ke dalam air, Anda harus mengenakan pakaian serba putih, karena itu melambangkan kesucian."

7. Makan 7 Kali Dalam Sehari, Estonia


Makan 7 Kali Dalam Sehari, Estonia
Pexels

Bagi Anda yang suka makan, Estonia mungkin bisa menjadi destinasi pilihan ketika tahun baru. Pasalnya, di Estonia beragam makanan akan disajikan setiap pergantian tahun. Di Estonia, masak dan makan besar menjadi tradisi yang tak pernah absen dilakukan setiap pergantian tahun.

Bila umumnya makan tiga kali dalam sehari, rakyat Estonia akan makan tujuh kali dalam sehari setiap pergantian tahun. Tradisi tersebut dipercaya akan mendatangkan keberuntungan dan kebaikan di tahun baru. Makan tujuh kali dalam sehari juga melambangkan keberlimpahan berkah selama tahun baru.

8. Bangun Patung Wujud Orangtua & Membakarnya, India


Bangun Patung Wujud Orangtua & Membakarnya, India
Pexels

Di India, warga lokal biasanya membangun patung perwujudan orangtua atau leluhur mereka yang telah tiada. Di tengah malam, orang India kemudian membakar patung tersebut. Tradisi ini dimaksudkan untuk membuang kesedihan dan emosi negatif di masa lalu dan menyambut pergantian tahun dengan harapan baru.

"Dulu di Mumbai kami membuat patung orang tua yang melambangkan tahun lalu dan membakarnya di tengah malam. Semua orang akan berkumpul sambil menyanyikan 'Auld Lang Syne' dan kemudian akan berubah menjadi pesta kecil," kata Stephanie Fernandes, associate creative director di BBDO San Francisco.

Nah, itu dia 8 tradisi unik rayakan tahun baru dari berbagai negara. Semoga artikel di atas menambah wawasan sobat WowKeren ya, atau kamu sudah merasakan salah satunya? Selamat tahun baru 2023, terus nantikan artikel menarik lainnya dari WowKeren ya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait